Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Tips dan Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Blog


Tips dan Cara Memilih Template Yang Baik Untuk Blog - Template pada sebuah blog merupakan satu hal yang sangat penting untuk menampilkan isi dari semua blog itu sendiri. Selain itu template blog juga mempengaruhi terhadap kecepatan loading blog pada saat kita mengakses dan membaca artikel di dalam sebuah blog.

Template yang bagus dan mempunyai kecepatan loading sangat disukai oleh para pengunjung dan bisa membuat para pembaca betah berlama-lama. Sehingga pada saat mereka membutuhkan suatu informasi mereka akan kembali berkunjung ke blog kita.

Di samping itu, template juga sangat berpengaruh terhadap SEO sebuah blog. Maka tidak heran kalau para mastah blogger menyarankan kepada para blogger pemula untuk menggunakan template premium atau berbayar.

Karena dengan memakai template premium blog kita sudah mempunyai template yang SEO, dan sangat membantu dalam perkembangan blog.

Oleh karena itu, dalam memilih template kita tidak boleh sembarang memilih. Kita harus mencari template yang benar-benar membuat nyaman para pembacanya.

Dan juga harus SEO friendly terhadap Search Engine artinya juga harus cocok dengan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

Agar pada saat kita menggunakan template tersebut bisa membantu perkembangan blog kita, khususnya dalam mendatangkan visitor atau pengunjung.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika kita ingin menggunakan sebuah template pada blog kita.

Langsung saja, berikut ini merupakan tips dan cara memilih template yang bagus untuk sebuh blog:

Responsive

Ketika kita memilih sebuah template kita harus memperhatikan tersebut apakah sudah responsive. Responsive artinya template tersebut harus bisa menyesuikan tampilannya dengab berbagai ukuran perangkat yang kita gunakan pada saat mengakses sebuah blog.

Jadi pada saat kita mengakses situs atau blog kita menggunakan perangkat komputer atau smartphone maka tampilannya akan otomatis menyesuikan.

Seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Untuk mengetahui apakah template tersebut sudah responsive atau tidak, Anda bisa mengeceknya pada situs Am I Responsive atau Troy Labs Daum.

Tampilan Simple dan User friendly

Hal yang tidak kalah penting dalam pemilihan template adalah tampilannya yang simple dan harus User Friendly.

Atau bisa juga dibilang template yang bisa membuat para pengunjung merasa nyaman.

Template ini biasanya mempunyai tampilan sederhana dan enak di pandang mata dan juga harus mempunyai navigasi yang jelas sehingga pengunjung merasa mudah memahami dan betah berlama-lama di blog kita.

Selain tampilan dan simple dan juga navigasi yang jelas, template yang bagus juga harus mempunyai sturktur data yang bagus dan lengkap dan tidak ada kesalahan. Silahkan uji truktur data blog Anda di Uji Data Struktur Tool.

Fast loading

Satu hal yang tidak kalah penting dalam memilih template adalah mengenai speed dan kecepatan loading template tersebut.

Karena kecepatan loading sangat mempengaruhi pengunjung blog kita, oleh sebab itu carilah template yang mempunyai kecepatan loading yang mempunyai 90-100.

Walaupun sebenarnya sangat banyak yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog, akan tetapi pemilihan template yang tepat adalah salah satunya.

Karena Google juga menyebutkan kalau hamper separuh pengunjung akan meninggalkan situs atau blog Anda apabila lamannya tidak dimuat dalam waktu 3 detik.

Karena sebagian besar orang-orang tidak mau menunggu lama pada salah satu situs yang lambat dalam memuat lamannya dan kemudian mereka memilih mengunjungi situs lain.

Template blog yang mempunyai kecepatan loading juga sangat berpengaruh terhadap peringkat di search engine.

Oleh sebab beberapa hal tersebut maka kita harus benar-benar memperhatikan kecepatan loading sebuah template agar template yang kita pakai bisa berdampak positif untuk blog kita.

Kalau Anda ingin mengetahui kecepatan loading template blog Anda silahkan test di Pagespeed Insights.

Skor SEO Template

Dalam memilih template, Anda juga harus memperhatikan yang namanya skor SEO. Meskipun saat ini, banyak orang mengatakan bahwa skor SEO tidak lagi terlalu penting.

Namun menurut saya pribadi hal tersebut masih sangat penting karena pengoptimal SEO template bisa juga mendukung perkembangan blog.

Setidaknya template yang dianggap bagus harus mempunyai hasil skor SEO 80 - 100%.

Penutup

Kalau menurut saya ketika mencari sebuah template, maka carilah sebuah template yang mempunyai berbagai kriteria di atas dan untuk lebih lengkapnya silahkan coba di cari Google karena masih banyak tips dan cara memilih template lainnya yang belum disebutkan.

Intinya carilah template yang benar-benar bisa membuat para pengunjung blog Anda merasa nyaman dan bisa merasa betah berlama-lama pada saat membaca artikel di blog Anda.

Dan satu hal lagi, template tersebut juga harus SEO friendly atau cocok untuk mesin pencari.

Demikianlah artikel mengenai tips dan cara memilih template ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu buat Anda yang masih bingung dalam menentukan templat yang ingin Anda gunakan.

Dapatkan berbagai informasi menarik dan juga tips-tips blogger lainnya di blog Onmaibana.com.

Kalau menurut Anda artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memilih template, silahkan dishare ke teman-teman lainnya, dan kalau ada pertanyaan seputar artikel ini silahkan tinggal di kolom komentar.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang Blogger Pemula Yang Merupakan Pemilik Blog www.onmaibana.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar