Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Ngeblog itu Menyenangkan

Ngeblog itu Menyenangkan - Saya mulai belajar ngeblog sekitar tahun 2010, waktu itu masih bingung harus menulis apa, sehingga blognya yang hanya judul saja tanpa isi artikel.

Setelah sekian lama vakum, pada tahun 2017 kembali mulai ngeblog lagi. Awalnya tidak sengaja, cerita awalnya saya diamanahi untuk berbagi sedikit ilmu yang dipunyai melalui grup whatsapp. Adapun materi yang saya sampaikan di grup WA itu adalah pelajaran Ilmu Tajwid Al Quran per kata. Sistemnya saya ketik materinya melalui chat di grup tersebut. Tetapi dengan cara itu materi tajwidnya bisa hilang karena terhapus. Nah dari situlah Allah memberikan ide untuk membuat blog seputar ilmu tajwid.

Dengan modal ilmu yang dipelajari dari google, saya mulai menulis di blog baru saya ini. Oh iya nama blognya adalah TAHSIN ONLINE. Karena blognya berisi teks Arab, awal mulanya agak kesulitan juga dalam mengaturnya agar terlihat rapi dan enak dibaca. Setelah browsing sana-sini, alhamdulillah dapat juga ilmu tentang menulis teks Arab di blog agar terlihat rapi.

Bila sudah selesai membuat artikel, maka saya share link nya ke grup WA. Jadi sekarang lebih simpel dan tidak menghabiskan ruang chat untuk memberikan materi tajwid.

Pada awal ngeblog saya tidak mengerti tentang Adsense. Hanya fokus menulis materi tentang ilmu tajwid untuk di share di grup WA, baru beberapa bulan setelah memposting artikel menemukan artikel kalau dari blog bisa mendapatkan penghasilan salah satunya google adsense.

Nah mulai saat itu saya semakin semangat menulis artikel, sambil baca-baca di blog punya orang tentang Google Adsense salah satunya adalah di blog Kompi Ajaib punya Mas Adhy Suryadi.

Setelah membaca beberapa artikel tentang syarat-syarat untuk mendaftarkan sebuah blog ke Google AdSense maka saya mencoba untuk mendaftarkan blog Tahsin Online ke Google AdSense. Pada saat mendaftarkan blog saya ke Google Adsense usia blog ini kurang lebih berumur 6 bulan sedangkan artikelnya ada sekitar 10 artikel yang semuanya tentang ilmu tajwid. Setelah dianggap cukup memenuhi syarat maka saya coba mendaftarkan blog ke Google Adsense melalui dasbor blogger.

Nah di situ karena saya baru yang mengenal Google AdSense maka saya tidak begitu serius memperhatikan apa saja yang nanti akan di berikan jawaban oleh Google Adsense.

Tidak Berapa lama, mungkin sekitar 1 bulan dapat balasan melalui Gmail bahwa blog saya belum memenuhi syarat untuk dipasang iklan. Nah dari situ mulai belajar lagi membaca tentang permasalahan apa yang membuat blog saya di tolak. Sambil menulis artikel saya juga terus membaca baca blog yang berisi tentang Google AdSense, kemudian Setelah beberapa lama saya daftarkan lagi blog saya ini ke Google Adsense saya tunggu sampai 1 bulan dan jawabannya sama seperti yang pertama yaitu penolakan yang saya terima, dan hal itu berulang sampai 15 kali.

Sempat dibuat putus asa dengan penolakan dari Google Adsense itu, kemudian saya coba lagi mendaftarkan dan ini mungkin yang paling lama dalam menunggu balasan dari Google Adsense, ada sekitar 3 bulan pemberitahuan apakah diterima atau ditolak belum saya terima, dan akhirnya pada bulan Oktober tahun 2017 kalau tidak salah dapat balasan dari Google Adsense bahwa blog saya sudah diterima dan siap menayangkan iklan, dan saya sangat bersyukur Alhamdulillah akhirnya blog saya bisa diterima juga untuk menayangkan iklan Google AdSense.

Ada lagi pengalaman unik yang saya alami ketika ngeblog ini yaitu dengan tidak merasa puasnya dengan tampilan blog.

Waktu diterima Google Adsense template blog saya masih memakai template bawaan blog yang sangat sederhana. Dari situ saya baca-baca lagi mengenai cara untuk mempercantik tampilan blog. Nah dari situ maka saya mulai mencoba mengganti template blog dengan berbagai macam template gratis yang didapat dari Google Seperti contohnya dari Mas Sugeng ada Evomagz kemudian dari Arlina ada Simplify dan lain-lain yang masih banyak lagi tetapi yang belum saya coba itu adalah template dari Kompi ajaib Mas Adhy Suryadi.

Saya sangat suka dengan tampilannya yang sederhana tetapi terlihat mewah dan mempunyai ciri khas tersendiri, selain itu saya bangga dengan Mas Adhy yang satu kabupaten dengan tempat kelahiran saya (dulu Pangandaran masih masuk wilayah Kabupaten Ciamis) yang eksis di dunia blogger sehingga dikenal luas oleh para blogger.

Setelah sering berkunjung ke blog Kompi ajaib dan melihat beberapa template buatan Mas Adhy ini, Akhirnya saya putuskan untuk membeli salah satu template yaitu template Kompiflexible versi non-amp setelah saya pasang sambil dipandu dengan mas Adhy dan alhamdulillah berhasil dan kecepatan blognya baik di versi seluler maupun versi desktop dua-duanya super ngacir.

Untuk seluler saya cek 99% kalau desktop 100%, dan bukan itu saja mas Adhy sangat cepat dalam merespon apa-apa yang saya tanyakan, sempat saya tanya waktu itu kalau tidak salah tengah malam, ya karena saking penasaran mau mengedit template blog, saya mencoba bertanya melalui email kepada Mas Adhy dan tidak berapa lama dapat balasan tentang panduan yang diberikan untuk mempermudah kita dalam menerapkan setingan pada Kompiflexible, dan sekarang mungkin sampai seterusnya saya akan terus menggunakan template Kompiflexible ini.


Semoga dengan template Kompiflexible ini blog saya semakin banyak pengunjungnya, semakin berguna bagi semua kalangan, dan kepada Mas Adhy sebagai pembuat template blog ini semoga semakin berkah, semakin sukses dan semakin banyak pengunjungnya Amin ya robbal alamin.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang blogger Muslim yang jarang nulis.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar