Skip to main content

LD-JSON Script Schema.org BlogPosting Untuk Blogger

LD-JSON Script Schema.org BlogPosting Untuk Blogger - Schema.org untuk data terstruktur sebuah halaman web salah satunya bisa ditulis dengan script ld-json yang lebih sederhana dan lebih mudah ditulis dan dimengerti.

Data terstruktur yang valid dan sesuai ini penting untuk SEO. Karena jenis data terstruktur ini ada banyak, membuat blogger seperti saya menjadi bingung untuk menentukan data terstruktur yang tepat untuk jenis blog.

Padahal ini cukup mudah untuk menentukan schema.org yang tepat untuk blog yaitu BlogPosting. Namun karena tidak banyak yang menuliskan cara menerapkannya pada blogspot, maka ini menjadi susah.

Jika Anda menggunakan tema default blogger, Anda tidak perlu pusing memikirkan cara menerapkan schema.org BlogPosting karena sudah ditulis secara otomatis melalui server blogger. Anda bisa menemukannya dengan kode <b:include data='post' name='postMetadataJSON'/> namun Anda tidak akan menemukan detail kode ld-json tersebut.

Jika Anda menggunakan tema custom blogger dan sudah menggunakan data terstruktur schema.org, coba cek schema.org apa yang digunakan.

Jika ternyata schema.org yang digunakan bukan jenis BlogPosting, Anda bisa mencoba merubahnya dan menggunakan schema.org BlogPosting yang ditulis dengan script ld-json berikut ini.

Untuk memulainya, silahkan hapus semua kode yang berhubungan dengan schema.org sebelumnya kecuali untuk Breadcrumb.

Kode-kode tersebut biasanya seperti itemprop, itemscope, atau itemtype. Kemudian hapus kode hentry pada kode ini atau kode yang seperti ini <article class='post hentry'>

Dan silahkan simpan kode berikut di bawah kode <article class='post'> (kode hentry sudah dihapus).


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot; or data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<script type='application/ld+json'>{
  "@context": "http://schema.org",
  "@type": "BlogPosting",
  "mainEntityOfPage": {
    "@type": "WebPage",
    "@id": "<data:post.canonicalUrl/>"
    },
  "headline": "<data:view.title.escaped/>",
  <b:if cond='data:blog.metaDescription'>"description": "<data:blog.metaDescription.escaped/>",<b:else/>"description": "Silahkan kunjungi postingan <data:view.title.escaped/> untuk membaca artikel selengkapnya dengan klik link di atas.",</b:if>
  "datePublished": "<data:post.timestampISO8601/>",
  "dateModified": "<data:post.lastUpdatedISO8601/>",
  "image": {
    "@type": "ImageObject",<b:if cond='data:post.firstImageUrl'>"url": "<b:eval expr='resizeImage(data:post.firstImageUrl,1280,&quot;1280:720&quot;)'/>",<b:else/>"url": "https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh13EkxPYtpct81aNRE6v9teN7cxQWZCENc2EhJWryWrEjN-_wht7TYG2Vq3WJDFmO91MbMRzw3O1Ww0spBR4xAccfjz21NpOnCfcSaPjKwzEnJ5wn4xdasrzTOLqJ8Ps7R_i1j2MxZrlA/s1280/no-thumbnail.jpg",</b:if>
    "height": 720,
    "width": 1280
},
  "publisher": {
    "@type": "Organization",
    "name": "<data:blog.title/>",
    "logo": {
      "@type": "ImageObject",
      "url": "https://2.bp.blogspot.com/-hnYX9pmKEyM/WvI_f6OwMDI/AAAAAAAAxgI/HXiAtblHykMHBLvOEK1BWCGDMGVR6GG4cBGAs/s600/logoka.png",
      "width": 600,
      "height": 60
      }
    },
  "author": {
    "@type": "Person",
    "name": "<data:post.author/>"
  }
}</script>
</b:if>

URL image yang ditandai adalah logo blog dengan ukuran 600x60, ganti dengan logo Anda sendiri, lebih jelasnya tentang logo silahkan simak di sini.

Postingan ini adalah bagian dari cara untuk mengatasi warning di search console untuk masalah Indexed, though blocked by robots.txt yang saya bagi menjadi 3 postingan. Jadi simak juga post-post selanjutnya setelah ini.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB