Skip to main content

Cara Mengatasi Browser Errors Were Logged To The Console Pada Lighthouse



Cara Mengatasi Browser Errors Were Logged To The Console Pada Lighthouse - Browser Errors Were Logged To The Console pada Lighthouse ini juga muncul pada developer tool console Google Chrome dengan pesan yang sama yaitu Unchecked runtime.lastError: The message port closed before a response was received.

Setiap browser biasanya dilengkapi dengan alat pengembang atau developer tool atau yang lebih kita kenal dengan konsol atau console dalam bahasa Inggris. Konsol memberi kita informasi tentang halaman yang sedang berjalan.

Konsol biasanya akan memberikan pesan yang berasal dari halaman atau dari browser itu sendiri seperti pesan error dan warning. Pesan "error" adalah pesan yang menunjukkan bahwa terdapat kegagalan yang belum terselesaikan di halaman sehingga halaman tidak berjalan sebagaimana diinginkan.

Salah satu pesan error pada konsol ini adalah "Unchecked runtime.lastError: The message port closed before a response was received."

Pesan ini juga muncul di tool Lighthouse dan dapat mengurangi nilai "Best Practices" dengan pesan "Browser Errors Were Logged To The Console."

Namun sayangnya, baik di konsol maupun lighthouse tidak memberikan keterangan yang menyebabkan error tersebut sehingga membuat kita bingung untuk memperbaikinya.

Setelah googling sana sini, sebagian besar menyebutkan bahwa error tersebut disebabkan oleh ekstension Google Chrome.

Untuk memeriksa apakah benar penyebabnya adalah ekstensi Chrome, kita bisa menonaktifkan dahulu semua ekstensi yang terinstall lalu cek apakah masih ada error atau tidak.

Jika sudah tidak ada error, selanjutnya kita dapat memeriksa ekstensi mana yang menyebabkan error tersebut dengan cara mengaktifkan kembali ekstensinya satu per satu sampai didapat ekstensi yang menyebabkan error.

Kemudian tinggal kita pertimbangkan, apakah ekstensi tersebut akan tetap dipakai atau dihapus. Jika ekstensi tersebut jarang digunakan sebaiknya dinonaktifkan saja. Aktifkan ekstensi jika diperlukan saja.

Atau jika memang kita sangat perlu dengan ekstensi tersebut, kita tetap bisa mengaktifkan ekstensi dan tetap berada pada bilah browser dengan pilihan "Aktifkan ketika ekstensi diklik."

Pada kasus yang saya alami, ekstensi Google Publisher Toolbar lah yang menyebabkan error "Unchecked runtime.lastError: The message port closed before a response was received."

Silahkan klik kanan pada ikon ekstensi lalu pilih seperti gambar di atas untuk diaktifkan ketika dibutuhkan.

Semoga bermanfaat.


You Might Also Like:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Buka Komentar
PrivacySitemap
©2019 KOMPI AJAIB