Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Mau memiliki tema blog seperti tema blog Kompi Ajaib ini? Silahkan baca postingan ini Template Kompi Ajaib AMP V3.

×

Kesalahan Saya Ketika Awal-awal Ngeblog

Kesalahan Saya Ketika Awal-awal Ngeblog - Semua blogger pasti pernah mengalami menjadi newbie atau pemula, awal mula saya mengenal dunia blogging saya dikenalkan oleh seorang teman bahwa ngeblog itu seperti ini, bla.. bla.. bla.. waktu itu saya sama sekali tidak tertarik dengan dunia blogging karena saya ketika itu blas sama sekali ngak ngerti apa-apa (gak mudeng) walaupun sudah dijelaskan, ya maklumlah waktu saya itu masih sangat gaptek, sekarang masih sih.

Pada pertengahan tahun 2016 saya membaca sebuah artikel di google bahwasanya dengan blog kita bisa menghasilkan uang. Nah dari situlah saya mulai tertarik dan mencari tahu blog itu seperti apa, kemudian mulailah saya belajar ngeblog secara otodidak mulai mencari berbagai tutorial tentang blogging di google.

Sebagai pemula yang benar-benar blas tidak tahu tentang blog dan benar-benar memulai dari nol tentu saja saya mengalami banyak sekali kendala seperti ketika mau cari tutorial di google pun tidak mudah karena waktu masih banyak yang tidak tahu tentang istilah-istilah di dalam dunia blogging.

Kemudian ketika saya sudah sedikit paham tentang cara ngeblog seperti cara posting, upload gambar dan mengganti template, di situlah saya mulai melakukan kesalahan dan terlalu fokus pada sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting, kesalahan yang saya lakukan ini mungkin 90% blogger pemula pasti pernah melakukan ini.

1. Terlalu Kreatif

Kesalahan yang pertama adalah terlalu kreatif, kenapa saya katakan terlalu kreatif adalah sebuah kesalahan, karena waktu itu saya terlalu fokus dengan tampilan blog dan sangat sering menggonta-ganti template yang pada akhirnya hanya berlama-lama mengedit template bukan membuat konten/artikel yang bagus dan bermanfaat bahkan tidak jarang saya mengedit template berjam-jam dan pada akhir yang dipakai adalah tampilan awal sebelum diedit.

2. Copas Artikel Orang Lain

Yang nomer 2 ini mungkin yang paling fatal menurut saya, dengan alasan ingin blog cepat terisi dan banyak konten akhirnya saya hanya mengcopas artikel dari blog orang lain, karena waktu itu saya bingung blog saya ini mau diisi apa dan saya mau nulis tentang apa. Hingga akhirnya saya sadar kalau copas itu tidak diperbolehkan maka saya pun berhenti mencopas konten orang dan konten copas yang ada di blog saya yang sudah terpublish saya hapus, kemudian mulai belajar menulis sendiri.

Benar kata para blogger senior lebih baik hasil tulisan sendiri walaupun masih blepotan tata bahasanya dari pada artikel bagus hasil copy paste. kalau saya umpamakan antara blog copas dengan blog tulisan original sendiri kira-kira seperti ini. Blog original masih blepotan seperti motor supra dengan surat-surat yang lengkap plus pajak masih hidup, sedangkan blog konten bagus hasil copas seperti motor Ninja RR yang mulus mesin bagus tapi surat-surat tidak ada alias bodong.

3. Bingung Dalam Pemilihan Niche

Waktu awal-awal ngeblog saya bingung mau buat blog bertemakan apa, sebenarnya bukan tentang nichenya tapi lebih ke kurang pede dengan topik mau saya bahas, takut kurang baguslah, takut gak ada peminatnya lah, akhirnya saya memutuskan untuk memilih niche yang saya suka yaitu bahas tentang tekno walaupun ini bukan keahlian saya tapi saya atas dasar saya suka mempelajarinya.

Sebenarnya yang paling enak itu buat blog gado-gado karena kita bisa mengisi blog dengan konten apa saja dan tidak harus fokus pada satu topik pembahasan, maka dari itu saya akhirnya sekarang membuat blog ruburug.com karena membuat blog micro niche itu berat, biar mereka yang aja yang melakukannya.

Di blog itu saya mengulas beberapa topik mulai dari tempat wisata, tips android seperti cara setting apn untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih stabil, game android bahkan mungkin ke depannya saya juga akan membahas tentang primbon jawa.

4. Ngeblog Untuk Mendapat Uang

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya tertarik dengan dunia blogging karena saya mengetahui ngeblog itu bisa menghasilkan uang, dangkal sekali ya pemikiran saya waktu itu, buat teman-teman yang ingin memulai ngeblog sebaiknya jangan diniatkan untuk mendapatkan uang secara instan karena kalau yang kalian harapkan itu tidak kunjung kalian dapatkan akan membuat kalian stres dan frustasi.

Maka sebaiknya perbaiki dulu niatnya, karena ngeblog bukan cara instan untuk mendapatkan uang bagi seorang pemula, lain halnya kalau kamu sudah jago untuk bisa mendatangkan banyak trafik.

5. Terlalu Banyak Blog

Sebenarnya memiliki banyak blog itu bagus juga sih kalau bisa mengelolanya dengan baik tapi sangat tidak direkomendasikan bagi seorang blogger pemula karena akan lebih baik kalau fokus pada satu blog saja curahkan tenaga dan pikiran pada satu blog.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bisa memberi manfaat terutama bagi sesama blogger pemula dan juga yang terpenting jangan pernah merasa puas, teruslah belajar.

Postingan ini dikirim oleh:
Cak Iyan

Hanya blogger pemula yang selalu suka mempelajari hal (ilmu) baru.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar