Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan. Saya, Adhy Suryadi admin blog Kompi Ajaib MEMOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum. Selamat hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H.

×

Penyebab Iklan Adsense Tidak Muncul Di Postingan Yang Baru Dipublikasi

Baca juga:

Akhir-akhir ini para publisher Adsense banyak mengeluhkan bahwa iklan Adsense sering tidak muncul atau iklan Adsense blank, terutama untuk postingan yang baru dipublikasikan. Tentu saja hal ini membuat galau para publisher Adsense, pasalnya pendapatan menjadi menurun karena iklan sering tidak tampil atau blank.

Banyak spekulasi yang bermunculan, di antaranya kemungkinan Google sedang melakukan update pada semua produknya, salah satunya Adsense.

Dan kenyataannya demikian, Google terus melakukan update untuk produk-produknya. Contohnya Page Speed Insight yang kini sudah berubah untuk hasil ukurnya, dan kabarnya layout atau design Google Search Console juga akan segera diupdate dan kini sudah masuk dalam versi Beta.

Begitu pula dengan Adsense, Google telah merubah cara penayangan iklan di website. Kini Adsense tidak akan otomatis memonitize web atau blog jika web atau blog atau suatu halaman dari web atau blog tersebut belum atau tidak dapat diakses bot Adsense. Dengan begitu memungkinkan Adsense untuk lebih mudah memantau semua postingan yang dibuat agar sesuai dengan policy adsense.

Perubahan ini jelas terlihat ketika kita mempublikasikan postingan baru. Semua iklan Adsense tidak muncul atau blank di postingan yang baru saja diterbitkan.

Hal ini tentu saja masuk akal, karena postingan baru kemungkinan belum diakses bot Google. Iklan Adsense akan muncul setelah halaman tersebut diakses Google bot.

Untuk itu, pastikan Google bot dapat merayapi blog kita, begitu juga dengan Adsense bot. Pastikan kita mengaktifkan robots.txt dan memberikan akses pada robot perayap.

Oh iya, kini muncul juga peringatan di Google Search Console jika kita tidak mengaktifkan robots.txt di blog. Di situ tertulis bahwa robot Google tidak bisa merayapi blog karena tidak menemukan file robots.txt untuk hak akses bot.

Jadi untuk masalah-masalah ini, silahkan lakukan hal-hal berikut ini:
  • Pastikan Anda sudah membuat properti di Google Search Console, kemudian verifikasi kepemilikan situs atau blog dengan kode meta atau dengan metode lainnya, dan jangan lupa submit sitemap blog Anda dengan sitemap.xml.
  • Aktifkan robots.txt di blog, jika Anda masih menggunakan robots.txt seperti berikut ini:
    
    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow: /

    User-agent: *
    Disallow: /search
    Allow: /

    Sitemap: http://namablog/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
    Silahkan ganti dengan robots.txt di bawah ini, robots.txt di atas justru akan mem-block bot Adsense untuk merayapi blog, penjelasannya ada di sini. Hati-hati dengan tutorial setting robots.txt seo friendly yang justru malah akan mem-block Adsense bot. Silahkan gunakan robots.txt di bawah ini.
    
    User-agent: *
    Disallow: /search
    Allow: /

    Sitemap: http://namablog/sitemap.xml
    Silahkan sesuaikan URL sitemap dengan URL Canonical blog Anda. Jika menggunakan SSL, maka pakai HTTPS, dan perlu diingat untuk domain Blogger selalu menggunakan awalam www kecuali yang menggunakan sub domain.
  • Setelah mempublikasi sebuah postingan, silahkan submit post baru tersebut di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url untuk mempercepat proses crawl Google bot pada postingan tersebut.

Kini yang saya rasakan iklan Adsense sudah mulai normal meski kadang masih ada slot yang blank.

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar