Skip to main content

Menghilangkan Gap Dari Element Dengan Display: Inline-block

Ketika kita sedang merapihkan layout blog, kadang kita mendapati sebuah element yang susah diatur. Meski semua jurus CSS yang kita kuasai telah dikeluarkan, namun element tersebuh masih bandel dan susah diatur.

Salah satu element yang susah diatur ini adalah adanya gap atau ruang kosong di antara element yang menggunakan display: inline-block; seperti pada list menu horizontal ataupun lainnya.

Tentu saja hal ini kadang membuat frustasi jika kita tidak bisa menemukan solusinya. Gap dari display: inline-block; yang saya maksud ini seperti pada Fiddle di bawah ini, silahkan lihat kode HTML dan CSS nya.


Nah sebenarnya ada beberapa solusi untuk mengatasi hal ini seperti berikut ini.

Solusi 1

Coba menambahkan float: left;


Namun kadang style CSS blog sering mempengaruhi element lainnya. Kadang setelah menambahkan float: left; pun ruang kosong di antara element dengan display: inline-block; masih tetap ada. Jika hal tersebut terjadi silahkan coba solusi berikutnya.

Solusi 2

Coba tambahkan font-size: 0; pada induk element. Misalkan dengan ul dan li, maka tambahkan font-size: 0; pada ul dan font-size: 16px; pada li (hanya contoh, font-size pada li bisa berapa saja).


Semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB