Skip to main content

Cara Membuat Preview Office File Google Drive

Jika Anda memiliki file-file office seperti word, excel, atau powerpoint sebagai bagian dari artikel blog Anda, maka Anda dapat dengan mudah untuk menampilkannya untuk pengunjung blog dengan bantuan Google Drive.

Sebenarnya Google Drive sendiri memiliki fasilitas office seperti Google Doc, Google Sheet, atau Google Slide namun tentunya sebagian dari kita sudah sangat familiar dengan Microsoft Office maka tentunya akan sangat mudah bekerja dengan Microsoft Office.

Nah untuk menampilkan office file di internet untuk pengunjung blog Anda, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah Pertama
Silahkan masuk ke akun Google Drive Anda. Kemudian klik tombol NEW lalu pilih option File Upload. Silahkan upload file Office Anda.

2. Langkah Kedua
Setelah file Office berhasil diupload, silahkan klik kanan pada file tersebut dan pilih option Share. Klik Advanced di pojok kanan bawah kotak popup lalu klik Change pada Private - Only you can access kemudian pilih On - Public on the web dan klik tombol Save di bawah kotak. Pada kotak yang muncul silahkan copy URL folder tersebut, biasanya mirip seperti di bawah ini.


https://drive.google.com/file/d/0Bz4YdwRI3rnCNEp2UTlQWXY0ekU/view?usp=sharing

Kode yang saya tandai di atas adalah ID UNIK dari URL google drive yang akan dibutuhkan pada langkah selanjutnya.

3. Langkah Ketiga
Silahkan gunakan URL di bawah ini untuk PREVIEW file Office yang tadi kita upload di Google Drive.


https://drive.google.com/file/d/ID UNIK GOOGLE DRIVE/preview

Silahkan ganti ID UNIK GOOGLE DRIVE dengan ID UNIK yang didapat dari langkah kedua di atas.


Dengan URL preview tersebut, kita juga bisa menyimpan embed file di blog seperti di bawah ini.


<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
document.write('<div style="text-align:center;margin:0 auto;width:100%;"><div style="position:relative;padding-bottom:56.25%;height:0;overflow:hidden;margin:0;"><iframe src="https://drive.google.com/file/d/ID UNIK GOOGLE DRIVE/preview" style="border:0;position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;" allowfullscreen></iframe></div></div>');
//]]>
</script>

Yang saya tandai adalah URL Google Drive yang didapat dari langkah ketiga di atas.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB