Skip to main content

Mengatasi Error Pada Template Blogspot Ketika Diakses HTTPS

Di awal bulan Oktober 2015 ini, Google memberikan hadiah kepada para pengguna blogspot berupa saluran aman SSL. Ya... kini blogspot bisa diakses dengan https sehingga menjadikannya lebih aman dari tangan-tangan jahil.

Untuk mendapatkannya, silahkan masuk ke akun blogspot > Dashboard > Setting > pilih Yes pada HTTPS Setting. Setelah itu silahkan coba akses blog Anda dengan https://namablog.blogspot.com. Namun hal ini tidak berlaku bagi blogspot yang sudah menggunakan custom domain.

Namun setelah saya coba, khususnya pada blog yang menggunakan custom template, ternyata ada beberapa bagian yang error. Hal itu disebabkan dari kode dalam source code template yang diblok oleh HTTPS yang berupa url yang menggunakan HTTP.

Untuk mengatasinya tentunya kita harus merubah semua url dengan HTTP agar bisa diakses oleh kedua jalur yaitu HTTP dan HTTPS.

Jika ternyata blog ada yang error ketika diakses menggunakan HTTPS baik itu font, komentar blogger, dan lainnya, silahkan ikuti langkah untuk memperbaikinya seperti di bawah ini.
  1. Silahkan masuk ke Edit HTML blog Anda.
  2. Klik di bagian dalam kotak Edit HTML.
  3. Kemudian lakukan atau tekan pada keyboard SHIFT + CTRL + R
  4. Masukan http:// pada kotak yang muncul di pojok kanan atas kotak edit HTML, lalu tekan enter.
  5. Kemudian masukan kode // pada kotak yang muncul selanjutnya.
  6. Selesai, silahkan save edit HTML
Hal di atas adalah untuk merubah sekaligus semua URL dengan awalah http:// menjadi hanya // agar bisa diakses dengan HTTP atau HTTPS seperti contoh di bawah ini

URL awal

http://fonts.googleapis.com/css?family=Roboto:400

Font di atas akan error ketika blog diakses HTTPS, untuk memperbaikinya maka harus dirubah menjadi seperti di bawah ini.


//fonts.googleapis.com/css?family=Roboto:400

Begitu pun jika ada widget yang error seperti Facebook Like Box atau lainnya. Coba periksa di Tata Letak barangkali ada URL yang menggunakan http:// maka silahkan rubah menjadi hanya // seperti contoh di atas.

Semoga bermanfaat....

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB