Skip to main content

Cara Setting RSS To Email Di MailChimp Alternatif Pengganti FeedBurner

Selain FeedBurner yang bisa digunakan untuk mengatur feed blog seperti pengiriman update postingan terbaru kepada subscriber, ada layanan lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti FeedBurner. Apalagi sekarang feed blog di FeedBurner diblok oleh internet positif.

Ada layanan lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti FeedBurner untuk mengkonversi RSS to Email yaitu MailChimp.

Namun jika tidak disetting dengan benar, maka kita malah mengirimkan email yang tidak jelas ke pelanggan kita, setidaknya itu yang saya alamai hehehehe.... Soalnya saya cari-cari cara setting-nya di Google tidak menemukan.

Untuk itu kini saya memberikan cara setting RSS To Email di MailChimp bagi Anda yang belum mengetahuinya.

1. Silahkan Sign up / buat akun MailChimp di sini http://mailchimp.com/

2. Setelah akun sukses di buat, Anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini (pertama kali login)


3. Silahkan klik menu Lists > Create Lists > isi kolom yang disediakan sampai selesai, lalu klik Add Subscribers > Add a subscriber > masukan email dan nama Anda sendiri, cukup 1 subscriber dulu di dalam list > selesai


4. Setelah list berhasil dibuat, silahkan klik menu Campaigns > Create Campaign > pilih RSS-Driver Campaign


5. Masukan feed blog > atur pengiriman dan lainnya > klik tombol next di pojok kanan bawah.


Untuk Wordpress masukan feed: http://domainAnda.com/feed/
Untuk Blogspot masukan feed: http://www.domainAnda.com/feeds/posts/default

6. Lalu pilih list yang tadi dibuat > kemudian klik next di pojok kanan bawah


7. Masukan nama untuk campaign yang sedang kita buat kemudian sesuaikan yang lainnya > lalu klik next di pojok kanan bawah

8. Di halaman berikutnya silahkan pilih template no 1 aja, basic 1 coloum > next di pojok kanan bawah


9. Di halaman berikutnya silhkan bersihkan konten dengan meng-hover-nya kemudian klik ikon delete



10. Pada bilah sebelah kanan pada Content > Pilih RSS Header tarik dan simpan di bilah kiri paling atas > kemudian di bilah kanan klik save & close. Lalu tarik lagi RSS Items dan simpan di bawah RSS Header > lalu save & close di bilah sebelah kanan.


11. Untuk melihat tampilan sesungguhnya ketika konten dikirim ke inbox pelanggan, silahkan
klik Preview and Test >> enter preview mode. Jika ingin menambahkan lainnya silahkan pilih di kotak kanan drag and drop seperti tadi. Jika konten dibilah sebelah kiri mau dirubah/edit tinggal hover dan klik ikon pensil untuk mengeditnya. Setelah selesai klik next di pojok kanan bawah
klik start RSS > Star campaign



Kini Anda sudah berhasil membuat RSS to email blog Anda. Jika Anda memiliki lebih dari 1 blog, silahkan ulangi dari langkah pertama untuk blog lainnya.

Untuk mendapatkan Signup Form untuk subscriber, silahkan klik menu List dan pilih List jika lebih dari satu. Kemudian pilih menu signup form lalu pilih jenis signup form sesuai selera Anda dan silahkan ikuti petunjuk lainnya.

Jika Anda tidak suka dengan tampilan signup form dari MailChimp, coba gunakan SumoMe untuk email list builder atau email collector.

Selamat mencoba...

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB