Skip to main content

Ketika Blog Terdetek Malware Oleh Google

Beberapa hari lalu saya mencoba pasang iklan dari BidVertiser yang katanya nilai kliknya lumayan. Namun baru saja sehari memasangnya, saya dibuat kaget ketika esok harinya membuka blog. Bukannya tampilan blog yang muncul, tapi layar merah dengan tanda X yang beberapa tulisan yang cukup jelas yang menyatakan bahwa blog mengandung malware.

Pikiran saya langsung teringat pada hal terakhir yang saya lakukan pada blog yaitu memasang kode iklan dari BidVertiser. Karena sebelum memasang kode iklan tersebut, hal ini belum pernah terjadi, jadi saya pastikan bahwa peringatan ini berasal dari iklan tersebut.

Dan hal ini dapat menyebabkan homepage blog kita menghilang di hasil pencarian.


Nah bagi yang mengalaminya juga, hal pertama yang kita lakukan untuk mengatasi hal ini adalah segera menghapus script/kode yang menyebabkan hal ini. Dalam hal ini adalah kode iklan dari BidVertiser. Namun sebenarnya tidak hanya BidVertiser yang dapat menyebabkan ini, namun bisa juga dari script pihak ketiga lainnya. Yang penting kita harus mengingat apa yang kita lakukan pada blog sebelum peringatan malware dari Google muncul.

Setelah langkah pertama menghapus kode kita lakukan, maka selanjutnya silahkan masuk ke Google Webmaster Tools. Kemudian klik Security Issues dan centang I have fixed these issues, lalu klik tombol Request a Review dan silahkan isi keterangannya yang menyatakan bahwa kita sudah menghapus kode yang menyebabkan peringatan tersebut dalam bahasa Inggris. Dan request akan diproses oleh Google untuk menghapus peringatas keamanan tersebut dari browser. Biasanya prosesnya ini memerlukan waktu dalam 1 x 24 jam.



Langkah ketiga, silahkan lakukan fetch as Google untuk memastikan bahwa Google bot dapat merayapi blog kita.

Kemudian hal yang saya lakukan untuk mempercepat perayapan Google bot pada blog kita, saya submit ulang url blog kita di webmaster tools. Silahkan masukan url blognya DI SINI.

Dengan langkah-langkah di atas, blog saya sudah kembali normal kurang dari 12 jam, dan peringatan keamanan di webmaster tool sudah menghilang seperti berikut.


Nah semoga pengalaman ini dapat bermanfaat bagi Anda yang kebetulan mengalami hal yang sama.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB