Skip to main content
KOMPI AJAIB

follow us

Emoji Everywhere! Pada Update v4.2 Wordpress

Baca juga:

Beberapa waktu yang lalu, Wordpress telah meng-update mesinnya ke versi terbaru 4.2 yang diberi nama Powell sebagai penghargaan kepada seorang pemain piano jazz Bud Powell. Update kali ini membawa fitur baru di antaranya semakin memudahkan berbagi konten, dukungan bagi beberapa karakter seperti tulisan Cina, Jepang, dan Korea serta perbaikan beberapa bug lainnya.

Namun ada yang sedikit berbeda dan membuat heboh sebagian pengguna Wordpress yaitu disertakannya emoji pada template Wordpress. Jika kita lihat source code halaman blog Wordpress maka akan ada script baru di atas </head> seperti di bawah ini.


<script type="text/javascript">
window._wpemojiSettings = {"baseUrl":"http:\/\/s.w.org\/images\/core\/emoji\/72x72\/","ext":".png","source":{"concatemoji":"http:\/\/ayointer.net\/wp-includes\/js\/wp-emoji-release.min.js?ver=4.2"}};
!function(a,b,c){function d(a){var c=b.createElement("canvas"),d=c.getContext&&c.getContext("2d");return d&&d.fillText?(d.textBaseline="top",d.font="600 32px Arial","flag"===a?(d.fillText(String.fromCharCode(55356,56812,55356,56807),0,0),c.toDataURL().length>3e3):(d.fillText(String.fromCharCode(55357,56835),0,0),0!==d.getImageData(16,16,1,1).data[0])):!1}function e(a){var c=b.createElement("script");c.src=a,c.type="text/javascript",b.getElementsByTagName("head")[0].appendChild(c)}var f;c.supports={simple:d("simple"),flag:d("flag")},c.supports.simple&&c.supports.flag||(f=c.source||{},f.concatemoji?e(f.concatemoji):f.wpemoji&&f.twemoji&&(e(f.twemoji),e(f.wpemoji)))}(window,document,window._wpemojiSettings);
</script>
<style type="text/css">
img.wp-smiley,
img.emoji {
display: inline !important;
border: none !important;
box-shadow: none !important;
height: 1em !important;
width: 1em !important;
margin: 0 .07em !important;
vertical-align: -0.1em !important;
background: none !important;
padding: 0 !important;
}
</style>

Hal ini sempat membuat saya kaget karena ada script baru di template yang bukan disimpan oleh kita ketika mengecek page source blog. Sementara saya tidak merasa memasang script tersebut, jadi saya menyangka ada seseorang yang hendak berbuat tidak baik pada blog saya... hadeueuehhh.

Kemudian saking penasarannya, saya membaca dengan teliti halaman updatenya dan akhirnya baru sadar bahwa itu adalah script Twitter Emoji yang dipasang langsung oleh pihak Wordpress.

Ada sebagian pengguna yang merasa keberatan dengan penambahan script ini karena jelas menambah script js dan css pada template yang tentunya menambah beban blog. Sementara pihak Wordpress tidak menyediakan option untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini di dashboard sehingga pengguna tidak bisa mengontrolnya.

Namun sebagian pengguna lainnya merasa fitur ini bermanfaat sehingga bisa menyertakan emoji ke dalam artikelnya dengan mudah. Kita ketahui bahwa Twitter Emoji memiliki banyak sekali karakter yang bisa kita gunakan sekitar 872 emoji.

Nah untuk menggunakan emoji ini di dalam postingan Wordpress cukup mudah, kita tinggal meng-copy karakternya dari halaman iEmoji.com dan mempastenya di post editor seperti gambar di bawah ini (silahkan bookmark halamannya). Dan saya sendiri sudah membuat list Twitter Emoji ini untuk pengguna Wordpress dan Blogger, silahkan simak di sini.


Nah sekarang postingan Wordpress akan semakin berwarna dan penuh dengan emoji-emoji keren hehehe...

Apakah Twitter Emoji ini juga bisa digunakan di Blogger? Tentu saja bisa, jika saya sudah menemukan caranya nanti akan saya share.

Atau Anda sudah mengetahui caranya untuk dipasang di Blogger? Silahkan sharing dengan kita-kita di sini ya....

You Might Also Like:


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar