Skip to main content

Membuat Google Maps Dan Menentukan Lokasi Sendiri

Google Maps adalah layanan pemetaan wilayah dunia yang berbasis web yang dikembangkan oleh Google. Google Maps menggunakan satelit yang memberikan citra satelit sebuah wilayah, peta jalan, panorama 360 derajat, Street View, kondisi lalu lintas real-time atau Google Traffic, sampai dengan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (dalam versi beta), atau transportasi umum.

Tentu saja hal ini (Google Maps) memberikan keuntungan bagi para pebisnis untuk menampilkan tempat bisnisnya agar lebih mudah dicari dan diketahui oleh para konsumen dan pelanggannya.

Kemudahan lainnya kita bisa membuat Google Maps sendiri dan menentukan lokasi sendiri untuk keperluan embed peta di web bisnis sehingga pengunjung web akan lebih mudah menemukan dan mengetahui lokasi bisnis kita.

Membuat Google Maps Dan Menentukan Lokasi Sendiri - Hal ini dapat berguna jika Anda membuat web untuk hotel, perumahan, ataupun toko online agar pengunjung dapat mengetahui lokasi Anda dengan tepat.

Dan dengan begitu akan memberikan kepercayaan tersendiri terhadap layanan online yang Anda bangun. Karena jika tidak ada kepercayaan, maka usaha online yang Anda bangun akan sia-sia saja.

Nah kali ini saya akan share cara membuat Google Maps dengan menentukan lokasi kita sendiri dan menambahkan link web kita pada lokasi yang kita buat.

Sebenarnya link tersebut tersemat sebagai rel="nofollow" namun setidaknya kita sudah menanamkan link blog kita di salah satu service tools milik Google.

Untuk memulainya, silahkan Anda masuk ke webnya dan klik tombol Create a new map di bawah ini.

Google Maps: https://mapsengine.google.com/map/

Kemudian setelah terbuka jendela baru, silahkan klik anchor text Untitled Map di kotak sebelah kiri untuk memulai membuat map Anda sendiri.

Kemudian silahkan isi Map Title dan deskripsi untuk map yang Anda buat pada form dialog box yang muncul selanjutnya.

Kemudian silahkan ketikan nama tempat atau daerah Anda untuk menuju ke daerah Anda dengan mudah pada kotak search di atas.

Setelah peta daerah tempat tinggal Anda terbuka silahkan cari tempat Anda dengan men-zoom petanya agar mudah menemukan tempat kita yang tepat pada peta tersebut. Setelah Anda menemukan titik yang tepat untuk rumah Anda, silahkan klik ikon Marker di bawah kotak pencarian di atas kemudian klik pada titik yang tepat sebagai tempat tinggal kita. Kemudian silahkan beri nama dan deskripsi untuk titik tersebut.

Kemudian silahkan beralih pada kotak putih di sebelah kiri layar, di situ terdapat tab Style, Data, dan Label.

Tab Style untuk merubah gaya pointer/marker yang Anda tentukan tadi sebagai ciri titik tempat tinggal Anda.

Tab Data untuk menentukan data tempat tinggal Anda yang muncul ketika seseorang mengklik marker tersebut.

Tab Label untuk memberikan label pada ikon Marker Anda.

Kemudian silahkan klik tab Data untuk menyematkan link web Anda pada data peta kita. Kemudian silahkan klik tanda panah kecil dan klik Insert Column After.

Kemudian ketikan URL pada kolom yang tersedia dan biarkan type-nya pada text.

Lalu silahkan re-fresh halamannya agar colom URL yang kita buat tadi muncul. Setelah itu silahkan klik kotak kosong di bawah tab URL dan paste URL blog Anda di situ.

Sekarang coba klik marker titik tempat tinggal Anda. Jika di situ belum muncul URL yang kita buat tadi silahkan klik icon pensil (edit) kemudian centang radio button URL-nya.

Sehingga ketika marker-nya diklik akan tampak seperti di bawah ini.

Kemudian silahkan klik tombol Share di pojok kanan atas, lalu klik tulisan Change pada Private dan rubah menjadi Publik on the web.


Kemudian silahkan klik icon folder pada kotak di sebelah kiri layar dan klik Embed on my site untuk mendapatkan kode embed untuk dipasang di blog kita.

Agar widgetnya menjadi responsive, maka Anda perlu memodif sedikit kode frame-nya, biasanya kode frame-nya akan seperti berikut ini.


<iframe src="https://mapsengine.google.com/map/embed?mid=zQ6XcjwSDKlE.kRcezXkXvJ7c" width="640" height="480"></iframe>

Ganti kode width="640" height="480" menjadi style="width:100%;height:480px;" sehingga menjadi seperti di bawah ini.


<iframe src="https://mapsengine.google.com/map/embed?mid=zQ6XcjwSDKlE.kRcezXkXvJ7c" style="width:100%;height:480px;"></iframe>

Bagi yang tidak ingin pakai iframe, Anda bisa menggunakan script iframe loader agar iframe tidak terdetek yang bisa mengurangi nilai seo blog kita. Sebagai contoh seperti Google Maps Kompi Ajaib di bawah ini.

Agar tempat kita bisa dicari di Google Maps, kini kita sudah bisa kembali untuk menandai tempat kita di Google Maps, silahkan baca postingannya di link di bawah ini.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB