Setting Gmail Dengan 2-Step Authentication Pada Microsoft Outlook

Sebagai pengguna internet, memiliki sebuah email sudah menjadi keharusan untuk kelancaran komunikasi di internet. Salah satunya Anda bisa membuat email secara gratis di Google Mail atau Gmail.

Dan jika Anda pengguna Microsoft, maka Anda perlu men-setting email Anda (Gmail) pada Microsoft Outlook untuk mempermudah mengirim atau membaca email.

Outlook berguna untuk mengirim email ketika Anda meng-klik sebuah tautan email pada sebuah website seperti berikut: mailto:emailaddress@domain.com

Sebagai contoh silahkan Anda coba klik tombol di bawah ini untuk mengirim email ke inbox saya.

Silahkan kirim pesan ke saya

Maka secara otomatis Anda akan diarahkan untuk menggunakan Microsoft Outlook untuk menangani pengiriman email.

Tentunya ini memerlukan pengaturan email pada Outlook agar dapat bekerja.

Nah kali ini saya akan membagikan cara setting Gmail pada Microsoft Outlook. Dan ini juga sebagai solusi bagi Anda yang menggunakan Gmail dengan 2-Step Authentication pada setting email di Microsoft Outlook.

Sejak adanya 2-Step Authentication khususnya untuk akun Google, maka untuk men-setting Gmail pada Outlook memerlukan App Password agar bisa bekerja.

Nah jika Anda ingin mencoba setting Gmail dengan 2-Step Authentication pada Microsoft Outlook, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Silahkan buka Microsoft Outlook Anda lalu pilih Yes untuk memulai seting email.
2. Berikutnya silahkan pilih Manual setup or additional server types lalu klik Next.


3. Kemudian pilih yang POP or IMAP dan klik Next.


4. Kemudian selanjutnya silahkan isi form yang tersedia seperti berikut:
Silahkan isikan form seperti nama anda, alamat email dan untuk Account Type pilih POP3, Incoming mail server isikan dengan pop.gmail.com dan Outgoing mail server (SMTP) isikan dengan smtp.gmail.com seperti pada gambar berikut:


Kemudian isikan untuk User Name dengan email Anda dan untuk Password (jika Anda menggunakan 2-Step Authentication pada akun Google Anda, maka Anda perlu membuat App Password) silahkan isikan password dari App Password.

Untuk membuat App Password silahkan masuk https://security.google.com/settings/security/apppasswords dan silahkan login dengan akun Google Anda.

Pada Select app silahkan pilih Mail dan pada Select device silahkan pilih Windows Computer lalu klik tombol Generate. Silahkan gunakan password yang diberikan dan isikan password tersebut pada kolom password pada gambar di atas.

Setelah mendapatkan App Password silahkan klik tombol More Setting.

Pada tab Outgoing server silahkan pilih My outgoing server (SMTP) requires authentication dan pilih Use same settings as my incoming mail server.



Pada tab Advanced silahkan gunakan 995 untuk Incoming server (POP3) dan ceklis untuk SSL. Lalu gunakan 465 untuk Outgoing server (SMTP) dan pilih juga SSL lalu klik OK.


Setelah itu silahkan klik tombol Next dan otomatis akan test account setting dan pastikan login dan kirim emailnya ceklis hijau.

Selesai... sekarang Gmail Anda sudah terhubung dengan Microsoft Outlook.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser