Menghilangkan Gap Dari Element Dengan Display: Inline-block

Ketika kita sedang merapihkan layout blog, kadang kita mendapati sebuah element yang susah diatur. Meski semua jurus CSS yang kita kuasai telah dikeluarkan, namun element tersebuh masih bandel dan susah diatur.

Salah satu element yang susah diatur ini adalah adanya gap atau ruang kosong di antara element yang menggunakan display: inline-block; seperti pada list menu horizontal ataupun lainnya.

Tentu saja hal ini kadang membuat frustasi jika kita tidak bisa menemukan solusinya. Gap dari display: inline-block; yang saya maksud ini seperti pada Fiddle di bawah ini, silahkan lihat kode HTML dan CSS nya.


Nah sebenarnya ada beberapa solusi untuk mengatasi hal ini seperti berikut ini.

Solusi 1

Coba menambahkan float: left;


Namun kadang style CSS blog sering mempengaruhi element lainnya. Kadang setelah menambahkan float: left; pun ruang kosong di antara element dengan display: inline-block; masih tetap ada. Jika hal tersebut terjadi silahkan coba solusi berikutnya.

Solusi 2

Coba tambahkan font-size: 0; pada induk element. Misalkan dengan ul dan li, maka tambahkan font-size: 0; pada ul dan font-size: 16px; pada li (hanya contoh, font-size pada li bisa berapa saja).


Semoga bermanfaat.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser