Skip to main content

Cara Lain Resize Image Dengan Photoshop

Cara Lain Resize Image Dengan Photoshop - Kali ini saya akan share cara resize image dengan photoshop. Kita akan menggunakan image processor dari photoshop yang setelah saya coba ternyata mampu me-resize image sampai 70% dengan dimensi image yang sama. Bahkan jika ukuran dimensi-nya dirubah untuk dibuat menjadi image untuk postingan blog, size-nya bisa menjadi lebih kecil lagi.

Saya contohkan sebuah foto hasil kamera Nikon D3200 dengan dimensi 6016px x 4000px dengan size 15.7mb seperti detail di bawah ini.

Setelah di-resize tampak seperti gambar di bawah ini. Size-nya menjadi cukup kecil dari asalnya 15.7mb menjadi hanya 2.08mb namun kualitas masih sama dengan detail image yang tidak berubah.

Jika dimensinya juga dikecilkan menyesuaikan dengan area postingan blog, maka size-nya menjadi lebih kecil lagi. Kali ini saya rubah menjadi ukuran lebar 750px (ukuran tinggi otomatis menyesuaikan menjadi 499px) dan size image menjadi lebih kecil hanya 108kb dari size asalnya 15mb.

Hal ini tentunya cukup baik agar foto hasil jepretan kamera Anda bisa mudah dikirimkan melalui email atau untuk dibuat sebagai image postingan di blog Anda tanpa merusak kualitas foto.

Caranya cukup mudah (jika foto lebih dari 1, tempatkan semua foto di 1 folder yang sama). Buka salah satu foto dengan Photoshop lalu klik menu File, pilih option Scripts lalu pilih Image Processor seperti gambar di bawah ini.

Kemudian akan muncul dialog box, jika kita hanya akan me-resize foto yang sedang dibuka di photoshop maka pilih option Use Open Images kemudian klik Run. Jika kita akan me-resize semua foto yang ada di folder, maka pilih option Select Folder klik tombolnya kemudian cari folder tempat kita menyimpan foto di komputer lalu klik tombol Run.

Hasil kompres fotonya akan disimpan di folder yang sama dengan foto aslinya. Bagaimana, mudah bukan?

Simak juga video tutorialnya di bawah ini agar lebih mudah dipahami.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB