Cara Lain Resize Image Dengan Photoshop

Sebelumnya saya sudah pernah memposting cara mendapatkan size image yang kecil dengan menggunakan photoshop. Dan kali ini saya juga akan share cara resize image dengan photoshop namun dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

Kali ini kita akan menggunakan image processor dari photoshop yang setelah saya coba ternyata mampu me-resize image sampai 70% dengan dimensi image yang sama. Bahkan jika ukuran dimensi-nya dirubah untuk dibuat menjadi image untuk postingan blog, size-nya bisa menjadi lebih kecil lagi.

Saya contohkan sebuah foto hasil kamera Nikon D3200 dengan dimensi 6016px x 4000px dengan size 15.7mb seperti detail di bawah ini.


Setelah di-resize tampak seperti gambar di bawah ini. Size-nya menjadi cukup kecil dari asalnya 15.7mb menjadi hanya 2.08mb namun kualitas masih sama dengan detail image yang tidak berubah.


Jika dimensinya juga dikecilkan menyesuaikan dengan area postingan blog, maka size-nya menjadi lebih kecil lagi. Kali ini saya rubah menjadi ukuran lebar 750px (ukuran tinggi otomatis menyesuaikan menjadi 499px) dan size image menjadi lebih kecil hanya 108kb dari size asalnya 15mb.


Hal ini tentunya cukup baik agar foto hasil jepretan kamera Anda bisa mudah dikirimkan melalui email atau untuk dibuat sebagai image postingan di blog Anda tanpa merusak kualitas foto.

Caranya cukup mudah (jika foto lebih dari 1, tempatkan semua foto di 1 folder yang sama). Buka salah satu foto dengan Photoshop lalu klik menu File, pilih option Scripts lalu pilih Image Processor seperti gambar di bawah ini.


Kemudian akan muncul dialog box, jika kita hanya akan me-resize foto yang sedang dibuka di photoshop maka pilih option Use Open Images kemudian klik Run. Jika kita akan me-resize semua foto yang ada di folder, maka pilih option Select Folder klik tombolnya kemudian cari folder tempat kita menyimpan foto di komputer lalu klik tombol Run.


Hasil kompres fotonya akan disimpan di folder yang sama dengan foto aslinya. Bagaimana, mudah bukan?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments