Jumlah Karakter Title Tag Postingan Di Search Results

Jumlah Karakter Title Tag Postingan
Sepertinya Google telah selesai dengan uji cobanya untuk design baru pada halaman hasil pencariannya. Seperti yang telah saya sharing sebelumnya, bahwa kini Google merubah tampilan halaman hasil pencariannya yang perubahan secara kasat mata yaitu jelas terlihat pada tampilan title tag untuk setiap postingan yang tampil di serp. Dari sebelumnya menggunakan garis bawah sekarang tidak menggunakan garis bawah, kemudian ukuran hurufnya menjadi lebih besar dengan warna huruf deskripsinya menjadi lebih muda.

Perbedaan tampilan lama dan tampilan baru ini bisa Anda lihat pada postingan saya sebelumnya yang bisa Anda simak pada link di bawah ini.
Dari gambar perbandingan antara tampilan lama dan tampilan baru tersebut jelas terlihat perubahan yang terjadi pada title tag postingan. Dengan ukuran huruf yang lebih besar, maka jumlah karakter yang ditampilkan menjadi berkurang dan menjadi lebih banyak terpotong. Title tag yang muncul terpotong bukan berdasarkan dari jumlah karakternya saja, namun seberapa banyak huruf yang masuk pada area selebar 512px tersebut. Jadi ketika ada title tag yang panjangnya melebihi lebar area 512px tersebut, maka akan otomatis terpotong dengan tanda titik 3 buah (...).

Agak susah juga untuk menentukan berapa banyak karakter yang harus dibuat agar title tag di serp tidak terpotong. Karena kita tahu sendiri, setiap huruf memiliki lebar yang berbeda-beda baik huruf besar ataupun huruf kecil. Bisa saja title tag dengan jumlah huruf yang lebih sedikit namun tetap terpotong karena memiliki lebih banyak karakter yang memiliki lebar yang besar dibanding dengan title tag dengan jumlah karakter yang lebih banyak namun tidak terpotong karena lebar hurufnya lebih ramping.

Saya mencoba menghitung beberapa title tag dari halaman hasil pencarian Google, lumayan membingungkan juga karena ada title tag dengan jumlah 54 karakter namun masih terpotong namun ada juga title tag dengan jumlah 60 karakter namun tidak terpotong.

Dari percobaan kecil-kecilan tersebut, saya mendapat sedikit gambaran yaitu buatlah title tag di bawah 60 karakter. Namun jika title tagnya memiliki lebih banyak karakter yang gendut seperti W, M, K, G, dan lain-lain, maka usahakan jumlah karakternya dibuat lebih sedikit kira-kira di bawah 55 karakter.

Untuk menghitung berapa jumlah karakter yang akan kita buat untuk title postingan, silahkan gunakan Character Count Tool yang berhasil saya buat pada tombol di bawah ini.


Menurut para pakar SEO, title tag yang bagus untuk SEO adalah title tag yang tampil komplit di serp tanpa terpotong sehingga jelas terbaca oleh searcher atau pencari keyword. Oleh karena itu maka kita harus mencoba membuat title tag yang muncul seluruhnya tanpa terpotong di halaman hasil pencarian.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments