Meningkatkan Penghasilan Adsense Dengan Template AMP KompiMinimalis

Salah satu alasan untuk mengawali niat ngeblog adalah untuk mencari penghasilan, dan ini sudah menjadi kebanyakan blogger yang full time mengurusi blog. Memang, ada banyak cerita dari penayang iklan google yang membuat ngiler sebagian besar blogger.

Tapi bagi blogger pemula, lebih baik jangan terlalu memikirkan penghasilan dari blog terlebih dahulu, karena efek pada psikologis bisa sangat buruk. Misalnya, melakukan cara-cara yang sebenarnya malah dilarang oleh google. Tentu ini malah akan memperburuk kualitas blog di search engine.

Berbicara masalah google adsense, ada tahapan-tahapan khusus yang harus dilalui oleh seorang blogger untuk mendapatkan uang dari blog, dan tahapan ini berprinsip pada "dahulukan kualitas ketimbang uang". Hampir mirip dengan kata pepatah "pantaskan dirimu supaya uang mendekatimu". Maka tidak ada alasan lagi bagi seorang blogger untuk lebih banyak memperhatikan kualitas konten dan juga tampilan.

Google secara tersirat memberikan rambu-rambu pada para blogger supaya bisa diterima menjadi penayang iklan, pesannya adalah "konten adalah raja". Maksudnya adalah google lebih senang pada blogger yang lebih memperhatikan konten yang dibuat untuk user ketimbang tampilan blog. Tampilan blog menjadi tidak seberapa jika dibandingkan dengan konten, meskipun sebenarnya tampilan juga sangat penting untuk membuat nyaman para pengunjung blog.

Kalau kamu sudah yakin bahwa kontenmu bagus dan berguna bagi orang lain, namun tidak kunjung memperbanyak penghasilan adsense, sudah bisa dipastikan bahwa template yang kamu pakai memang tidak bagus untuk meningkatkan CTR iklan, padahal sebenarnya pengunjung blog kamu lumayan banyak.

CTR (Click Through Rate) atau dalam bahasa Indonesia disebut RKT (Rasio Klik Tayang) adalah presentase jumlah klik iklan dari total tampilan/tayangan iklan. Misalnya blog kamu dilihat sebanyak 1000 kali, dan dari penayangan tersebut ada 10 orang yang mengklik iklan kamu, berarti nilai CTR kamu sebesar 1%.

Angka wajar CTR adalah 1% - 3 %, lebih atau kurang dari itu bisa dikatakan sebagai kerugian. Kerugian ini bisa disebabkan karena kurangnya klik dari pengunjung blog kita. Kurangnya klik bisa jadi disebabkan oleh penempatan iklan yang tidak pas.

Template blog yang terlalu ramai, akan memecah konsentrasi pengunjung pada konten. Sedangkan tampilan blog sederhana dan hanya memfokuskan iklan pada satu padangan jauh lebih memiliki kesempatan untuk dilihat dan di klik orang. Oleh karenanya template blog bisa membantu untuk menaikkan CTR.

Saya baru saja tahu setelah melakukan pengamatan dan perbandingan dari blog saya sendiri, mastrigus.com. Ada tips yang saya yakini bisa membuat pengunjung nyaman dengan blog saya, semisal loading blog harus cepat, tidak memakai iklan pop up, responsif, menampilkan artikel yang bermanfaat, memilih bahasa yang simple dan mudah dipahami serta menawarkan solusi.
Untuk meraih hal tersebut, saya harus memakai template yang bagus, nah untuk urusan ini saya lebih mempercayakan pada ahlinya, karena pada dasarnya saya belum mempercayai kemampuan saya dalam membuat template. Dan selama ini saya masih mempercayakan pada kompiajaib.com.
Seminggu yang lalu saya baru saja menerapkan template AMP KompiMinimalis, sebelumnya memakai Template KompiFlexible AMP. Saya kaget setelah menyadari bahwa CTR-nya benar-benar meningkat. CTR yang saya dapatkan dari template sebelumnya selalu di bawah 1%, dan itu benar-benar membuat frustasi. Ini menjadi ukuran, karena blog inilah yang selama ini menjadi harapan penghsilan tambahan.

Memakai Kompi Minimalis lebih banyak keuntungan yang bisa didapat, selain struktur kodenya sederhana, template ini sangat mudah untuk diedit. Dan yang tidak kalah penting sudah support AMP HTML yang pastinya membuat loadinf blog menjadi 10 kali lebih cepat dari HTML.

Pembuat template ini hanya menunjukkan beberapa keunggulannya saja, padahal menurut pengalamanku sendiri lebih daripada itu. Setidaknya ada beberapa keunggulan dari template ini, yaitu:
  • Meningkatkan CTR
  • Meningkatkan penghasilan adsense
  • Loading blog sangat cepat (menurut alexa)
  • Di dalam pack template ada dua macam, AMP HTML dan HTML5
  • Mudah sekali dikostumisasi
  • Tidak ada struktur kode yang eror
  • Menggunakan menu dengan list overflow.
  • Tampilan post di homepage disesuaikan dengan iklan in-feed Adsense agar lebih mudah menyesuaikan iklannya. Slot iklan di antara post homepage sudah disediakan.
  • Ditambahkan slot iklan di tengah artikel.
  • Social share button dengan tombol Whatsapp, Line, dan BBM.
  • Related posts.
  • Blog pager dengan thumbnail
  • Ikon menggunakan ikon SVG.
  • Recent posts.
  • Menggunakan komentar Disqus, sehingga bisa menampilkan random post atau recomendation posts (Discovery) di bawah komentar Disqus. (bisa diubah dengan komentara Facebook)
  • Fast loading.
  • Disediakan contact form dan sitemaps untuk halaman static.
  • Support HTTPS.

(sebagian kelebihan menurut pembuatnya)

Memang, template ini terkesan sederhana, tapi yang perlu kamu ketahui adalah kesederhanaan ini memang disengaja untuk dapat meningkatkan CTR dan mempercepat loading blog. So, kalau kamu ingin investasi untuk blog kamu, saya sarankan untuk membeli template ini, karena keuntungannya lebih banyak dengan harga yang sangat murah.

Postingan ini dikirim oleh:

Saya adalah admin blog www.mastrigus.com.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser