Membantu Pengembangan Website Dengan Pulsa? Tentu Saja Bisa

Ada banyak alasan seseorang membangun sebuah website, mulai dari sekedar hobi menulis, hobi ngoding, sampai alasan untuk membangun bisnis dengan menggunakan platform gratis maupun yang berbayar.

Namun meskipun menggunakan platform gratis sekalipun, aktifitas blogging tetap saja memerlukan biaya. Meski membuat blog dengan platform gratis, namun admin blog tetap saja harus mengeluarkan biaya untuk menyewa domain level atas, atau sekedar biaya data untuk menulis di blog.

Walaupun tulisan atau materi yang disuguhkan di blog merupakan materi publik, namun tidak salah juga jika pengelola blog mencari pendapatan untuk merawat blog melalui blog yang dikelolanya, baik dengan menjadi publisher iklan maupun menjual beberapa produk.

Namun tentu saja tidak salah jika pengunjung atau pembaca blog juga ingin memberikan bantuan kepada pengelola blog sebagai apresiasinya terhadap tulisan di blog, sekedar memberikan secangkir kopi kepada admin blog.

Beberapa admin blog menyimpan tombol donasi di halaman postingannya, biasanya menggunakan paypal untuk menampung donasi pengunjung dan tentunya harus menggunakan dollar.

Lalu bagaimana jika pengunjung blog berniat memberikan donasi tetapi tidak memiliki paypal atau dollar? Apa bisa mereka memberikan donasi untuk membantu pengembangan web dengan pulsa?

Tentu saja bisa jika pembaca ingin memberikan bantuan berupa pulsa. Hal inilah yang menjadi alasan bagi sebuah perusahaan membuat sebuah metode micropayment dengan menggunakan pulsa sebagai digital currency nya.

Adalah Coowry yang merupakan perusahan yang headquarternya di UK. Coowry adalah micropayment solution yang menggunakan pulsa sebagai digital currency. Coowry dibackup oleh Axiata (XL) dan kerjasama dengan Telkomsel, Indosat dan Three.

Coowry menyediakan tombol "Support our website" bagi admin blog. Pembaca dapat mengirimkan donasi sebagai sebuah small gift sebagai bentuk apresiasi terhadap tulisan yang dibacanya. Pembaca dapat mengirimkan pulsa kepada admin blog dan bisa gunakan untuk mengisi pulsa handphone Anda, atau Anda kirimkan ke kontributor-kontributor website Anda atau teman-teman.

Keberadaan Coowry benar-benar gratis, maksudnya jika seorang pembaca mengirimkan Anda Rp.15.000, maka Anda akan benar-benar mendapatkan Rp.15.000. Coowry tidak akan mengenakan biaya apapun kepada Anda dalam penggunaannya. Tidak ada komisi, tidak ada biaya lisensi penggunaan atau biaya lainnya (bisnis model Coowry bukan mendapatkan penghasilan dari blog ataupun pembaca).

Sebagai contoh silahkan coba pada tombol donasi untuk blog Kompi Ajaib ini pada tombol di bawah ini. Saya akan sangat berterima kasih atas berkenannya Anda memberikan bantuan untuk blog Kompi Ajaib ini hehehe....


Lalu bagaimana jika Anda juga ingin memiliki tombol donasi seperti ini untuk blog Anda?

Silahkan Anda kontak perwakilan Coowry untuk Indonesia berikut ini:

Nama: Faruqi Ismael
Email: faruqi.ismael@coowry.com

Akan dengan senang hati beliau akan membantu Anda untuk membuat tombol donasi untuk blog Anda menggunakan Coowry sebagai wadah untuk menampung bantuan pulsa dari pembaca-pembaca setia blog Anda.

Anda akan mendapatkan halaman dashboard untuk mengelola pulsa yang masuk dan juga mendapatkan direct public page seperti pada tombol di atas tadi.

Namun tentu saja Coowry juga bisa digunakan oleh selain pengelola blog atau perorangan. Coowry bisa digunakan perorangan sebagai wadah pulsa. Dengan Coowry akan lebih mudah meminta atau mengirimkan small gift ke teman. Tinggal unduh dan install aplikasi Coowry pada smartphone Anda di website Coowry.

Dan Coowry juga bisa digunakan sebagai solusi Cash on Delivery/COD. Sebagaimana kita ketahui bahwa di COD banyak terjadi masalah yang mana adalah seringnya ketika barang sampai di customer, customer tidak jadi melakukan pembelian. Tentunya hal ini menjadi sangat merugikan penjual. Maka salah satu solusi terbaiknya adalah dengan mengadakan "komitmen fee". Dimana komitmen fee ini tidak perlu besar, dan dengan Coowry komitmen fee ini bisa dalam bentuk pulsa. Jadi pulsa hp pembeli langsung terpotong sebagai komitmen fee. Jika ketika COD ternyata pembeli tidak jadi melakukan pembelian misalnya, maka komitmen fee ini jadi milik penjual. Tapi jika pembeli menyelesaikan pembelian, maka komitmen fee bisa dikembalikan lagi ke pembeli dengan menggunakan sistem transfer pulsa Coowry.

Semoga bermanfaat.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser