Akhirnya Google Domains Mendarat Juga Di Indonesia

Sebenarnya Google Domains sudah diluncurkan beberapa tahun yang lalu, namun hanya diberlakukan di beberapa negara saja dan Indonesia tidak termasuk. Namun hari ini ada sesuatu yang baru pada dashboard Blogger (Indonesia).

Ketika membuka dashboard blog yang belum menggunakan TLD atau custom domain, maka akan muncul popup box seperti pada gambar di atas.

Google akan menawarkan kepada admin blog untuk mencari domain yang cocok untuk blog Anda.

Ketika saya coba klik tombol search, maka akan muncul hasil pencarian domain yang sesuai untuk blog kita dengan berbagai ekstensi domain beserta harga-harganya. Namun melihat harga-harga yang tertera, harga domain di Google Domains masih lebih mahal dari harga domain yang ditawarkan oleh provider-provider domain lokal.


Ketika Anda meng-klik tombol Buy pada domain yang Anda pilih, maka Anda akan di arahkan ke sebuah halaman pendaftaran seperti pada gambar di bawah ini.


Sampai di sini saya mencoba fitur Google Domains ini. Jika Anda berminat untuk membeli domain di Google Domains, tinggal isi form yang disediakan dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Melihat harga yang ditampilkan menggunakan rupiah, sepertinya Google Domain mendukung pembayaran dengan transfer antar bank lokal Indonesia.

Namun saya belum mengetahui apakah dengan membeli domain di Google Domains ini akan langsung aktif domainnya atau tetap harus kita setting untuk custom domainnya.

Jika ternyata dengan membeli domain di Google Domains ini kita tidak perlu setting custom domainnya, maka hal ini tentunya kabar baik untuk mempermudah blogger-blogger yang belum mengerti cara setting custom domain namun ingin menggunakan TLD untuk blognya.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser