Mengenali penyebab anak tidak nafsu makan

Berdasarkan penelitian dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2 dari 10 orang anak Indonesia mengalami masalah kekurangan berat badan. Ternyata kekurangan berat badan pada anak berimplikasi negatif terhadap kesehatan anak.

Menurut Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) "hasil riset menunjukkan resiko kematian karena anak underweight 5 kali lebih besar karena diare, 4 kali lebih besar karena radang paru dan malaria, 3 kali lebih besar karena campak".

Secara garis besar anak anak yang underweight berisiko 4 x mengalami kematian akibat sebab sebab tersebut.

Ternyata masalah berat badan pada anak tidak hanya berpengaruh terhadap faktor fisik / penyakit. Berat badan anak juga berpengaruh terhadap IQ yang rendah, serta gangguan perilaku dan emosi.

Gangguan perilaku dan emosi biasanya diakibatkan perilaku bully teman sebayanya karena masalah badan terlalu kurus sehingga menimbulkan krisis kepercayaan diri.

Karena itu pencegahan sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan memonitor nafsu makan dan berat badan anak secara teratur dan berkala.

Orang tua sebaiknya memonitor per bulan bagaimana nafsu makan anak dan berat badan anak. Orang tua harus kreatif dalam menyiapkan makanan sehingga anak lebih semangat makan.

Karena berat badan berkaitan erat dengan nafsu makan anak berikut adalah penjelasan seputar penyebab nafsu makan anak berkurang.

Apakah penyebab anak tidak nafsu makan?


Faktor kesehatan

Faktor kondisi kesehatan yang mempengaruhi anak susah makan:
  1. Cacingan. Lingkungan yang kurang bersih, makanan yang tidak higienis dan kebiasaan anak Anda yang sering bermain di tempat-tempat kotor dapat menyebabkan mereka terinfeksi cacingan. Cacingan dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang.
  2. Diare. Makanan yang tidak higienis sering kali menjadi penyebab utama seseorang mengalami diare, diare yang diderita oleh anak-anak seringkali mengurangi nafsu makan mereka, karena badan akan terasa lemas akibat banyaknya cairan tubuh yang telah terbuang.
  3. Radang tenggorokan atau faringitis. Radang tenggorokan sering disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, oleh karena itu bila anak Anda tiba-tiba berkurang nafsu makannya disertai dengan suhu tubuh yang meningkat, batuk-batuk dan kesulitan dalam menelan makanan atau ludah, kemungkinan anak Anda sedang menderita radang tenggorokan.
  4. Sariawan. Penyakit yang sering diakibatkan oleh kurangnya asupan Vitamin C oleh tubuh ini kerap membuat anak susah untuk makan, luka yang menganga di daerah sekitar bibir dan lidah membuat proses mengunyah makanan jadi begitu menyiksa.
  5. Amandel. Amandel juga dapat mempengaruhi nafsu makan anak, amandel yang telah membesar harus segera diangkat karena jika tidak proses menelan makanan bisa sangat terasa menyakitkan, sehingga secara tidak langsung menyebabkan anak Anda jadi enggan untuk makan.

Faktor Psikis

  1. Ketakutan. Ketakutan yang sedang dialami oleh seorang anak bisa diakibatkan oleh lingkungan baru atau orang-orang baru yang berada di sekitarnya. Ketakutan akan beberapa jenis makanan dari tumbuhan atau lauk hewani yang pernah membuatnya sakit sehingga menyebabkan rasa trauma untuk memakannya.
  2. Cemas. Anak yang memiliki orang tua pekerja dan sering meninggalkannya seorang diri dengan pengasuh atau dengan sanak saudara di rumah, bisa menyebabkan seorang anak mengalami rasa cemas akan kehilanggan dan tidak diperhatikan oleh orang tuanya, sehingga wujud keinginannya untuk protes adalah dengan cara ngambek untuk makan.
  3. Depresi. Seorang anak juga dapat mengalami depresi, jika orang tua terlalu keras atau kasar terhadap anak hal tersebut juga dapat membuatnya merasa tertekan. Depresi juga bisa diakibatkan oleh masalah lain seperti kurangnya perhatian serta kasih sayang dari orang tua, atau karena menjadi obyek kekerasan oleh teman-temannya.
  4. Stres. Rasa stres yang sedang dialami juga dapat menjadi penyebab berubahnya pola makan pada anak, stres bisa diakibatkan oleh karena terlalu banyaknya tekanan atau tuntutan yang diterima oleh anak, bisa diakibatkan kerena tekanan dari orang tuanya sendiri, dari lingkungan sekitar tempat tinggalanya, atau dari sekolahnya.

Untuk solusi anak susah makan silakan klik link berikut : Solusi anak susah makan



Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab obatpenambahberatbadan.com. Terima Kasih!

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser