Cara Menerapkan Custom Template Pada Edit HTML Blogger

Cara Menerapkan Custom Template Pada Edit HTML Blogger

Bola Hero Gawai

Cara Menerapkan Custom Template Pada Edit HTML Blogger

Cara Menerapkan Custom Template Pada Edit HTML Blogger
Kali ini saya mencoba membagikan pengalaman saya ketika baru mengenal custom template Blogger yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi Anda yang baru mengenal custom template juga.

Ada 2 jenis template yang biasa digunakan di Blogger yaitu default template dan custom template. Default template adalah template yang sudah disediakan gratis oleh Blogger yang bisa Anda temukan di dashboard blog Anda di halaman Template. Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal pilih kemudian terapkan pada blog. Sedangkan custom template adalah template yang dibuat dan dimodifikasi seseorang, ada yang dibagikan secara gratis maupun berbayar. Karena ini template dari pihak ketiga, maka cara penerapannya pun harus manual.

Nah, dalam penerapan custom template ini, kadang kita dibuat bingung karena kita mendapati tampilan blog kita berbeda dengan demo template-nya. Bagi yang sudah mengerti cara mengoprek template, tentu hal ini bukan masalah. Namun bagi yang baru belajar tentu hal ini bisa bikin pusing tujuh keliling, hehehe....

Lalu bagaimana agar ketika kita menerapkan custom template sesuai dengan demo blog-nya?

Agar tampilan blog kita sesuai dengan tampilan blog demo dari custom template yang ingin kita gunakan, saya sarankan jangan menggunakan fitur upload template (tombol Backup/Restore) di halaman template. Tapi kita copy semua kode custom template-nya lalu timpahkan pada semua kode template di Edit HTML dengan cara mem-block (Select All) semua kode di Edit HTML kemudian paste-kan kode custom template-nya. Dengan begitu, widget yang kita pasang pada template sebelumnya tidak akan tampil sehingga tidak mengganggu tampilan baru blog kita.

Namun jika sebelumnya Anda menggunakan custom widget, sebaiknya custom widget tersebut kita copy dulu ke notepad. Setelah custom template selesai kita terapkan, maka kita bisa menerapkan kembali custom widget.

Perlu diperhatikan, tombol Backup/Restore di halaman Template Blog digunakan hanya untuk membackup template ketika kita akan memodifikasi tampilan blog agar ketika terjadi kesalahan maka dapat dengan mudah kembali ke tampilan awal dengan me-Restore template yang sebelumnya kita backup.

Ada beberapa penyedia custom template yang memberikan template-nya menggunakan format file *.xml. Jika demikian silahkan buka dulu file template-nya dengan menggunakan Adobe Dreamweaver atau Notepad atau software apapun yang biasa Anda gunakan untuk membuka kode HTML kemudian baru copy kode template-nya.

Di bawah ini saya buatkan video tentang cara menerapkan custom template pada Edit HTML Blogger. Silahkan lihat dengan Full Screen agar lebih jelas.


Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

4 Comments Add Comment

hmm saya dulu juga mengunakan cara seperti itu kang agar tampilan template nya nanti sama soalnya terkadang ada widget template yang dulu kesangkut ke yang baru jadi hasilnya berantakan sekali hehe

Balas

Hehehe betul mas :)

Balas

Saya menggunakan template pihak ketiga, dan icon social medianya masih berisi link dari situs bawaan? bagamiana cara menggantinya?

Terimakasih :)

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×