Cara Menerapkan Custom Template Pada Edit HTML Blogger

Kali ini saya mencoba membagikan pengalaman saya ketika baru mengenal custom template Blogger yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi Anda yang baru mengenal custom template juga.

Ada 2 jenis template yang biasa digunakan di Blogger yaitu default template dan custom template. Default template adalah template yang sudah disediakan gratis oleh Blogger yang bisa Anda temukan di dashboard blog Anda di halaman Template. Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal pilih kemudian terapkan pada blog. Sedangkan custom template adalah template yang dibuat dan dimodifikasi seseorang, ada yang dibagikan secara gratis maupun berbayar. Karena ini template dari pihak ketiga, maka cara penerapannya pun harus manual.

Nah, dalam penerapan custom template ini, kadang kita dibuat bingung karena kita mendapati tampilan blog kita berbeda dengan demo template-nya. Bagi yang sudah mengerti cara mengoprek template, tentu hal ini bukan masalah. Namun bagi yang baru belajar tentu hal ini bisa bikin pusing tujuh keliling, hehehe....

Lalu bagaimana agar ketika kita menerapkan custom template sesuai dengan demo blog-nya?

Agar tampilan blog kita sesuai dengan tampilan blog demo dari custom template yang ingin kita gunakan, saya sarankan jangan menggunakan fitur upload template (tombol Backup/Restore) di halaman template. Tapi kita copy semua kode custom template-nya lalu timpahkan pada semua kode template di Edit HTML dengan cara mem-block (Select All) semua kode di Edit HTML kemudian paste-kan kode custom template-nya. Dengan begitu, widget yang kita pasang pada template sebelumnya tidak akan tampil sehingga tidak mengganggu tampilan baru blog kita.

Namun jika sebelumnya Anda menggunakan custom widget, sebaiknya custom widget tersebut kita copy dulu ke notepad. Setelah custom template selesai kita terapkan, maka kita bisa menerapkan kembali custom widget.

Perlu diperhatikan, tombol Backup/Restore di halaman Template Blog digunakan hanya untuk membackup template ketika kita akan memodifikasi tampilan blog agar ketika terjadi kesalahan maka dapat dengan mudah kembali ke tampilan awal dengan me-Restore template yang sebelumnya kita backup.

Ada beberapa penyedia custom template yang memberikan template-nya menggunakan format file *.xml. Jika demikian silahkan buka dulu file template-nya dengan menggunakan Adobe Dreamweaver atau Notepad atau software apapun yang biasa Anda gunakan untuk membuka kode HTML kemudian baru copy kode template-nya.

Di bawah ini saya buatkan video tentang cara menerapkan custom template pada Edit HTML Blogger. Silahkan lihat dengan Full Screen agar lebih jelas.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments