Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Mobilegeddon Google

Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Mobilegeddon Google

Bola Hero Gawai

Yang Harus Dilakukan Untuk Menghadapi Mobilegeddon Google

Kini tengah ramai dibicarakan algoritma Google yang akan dirilis akhir bulan ini yang akan menitikberatkan pada unsur mobile friendly sebuah website. Menurut kabar yang beredar, dengan algoritma mobilegeddon ini Google akan lebih mengutamakan website yang mobile friendly pada hasil pencarian mobile.

Namun kali ini saya tidak akan membahas apa dan bagaimana algoritma mobilegeddon yang akan diluncurkan Google, kali ini saya akan membahas apa yang harus dilakukan untuk menghadapi algoritma ini.

Dari namanya saja sudah barang tentu bahwa ini menyangkut perangkat mobile, jadi website atau blog kita juga harus mendukung perangkat mobile.

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar blog mendukung perangkat mobile agar lolos dalam persaingan di zaman mobilegeddon ini, di antaranya:

Responsive


Silahkan gunakan template blog yang responsive. Artinya tampilan blog akan menyesuaikan otomatis dengan lebar device yang digunakan.

Namun perlu diketahui juga bahwa kini blog kita tidak cukup hanya mengandalkan responsive saja, karena yang diperlukan pengguna mobile bukan hanya tampilan yang sesuai dengan mobile tapi juga kecepatan loading blog. Seperti kita ketahui bahwa perangkat mobile memiliki koneksi internet yang terbatas dibanding dengan komputer atau desktop, untuk itu kecepatan loading blog pun harus bisa menyesuaikan dengan koneksi internet perangkat mobile.

Bayangkan saja, dengan koneksi yang terbatas, blog responsive memaksa perangkat mobile harus mengakses blog dengan semua fitur yang sama dengan komputer atau laptop. Tentunya hal ini tidak bagus untuk perangkat mobile.

Mobile Friendly


Jelas bahwa responsive saja tidak cukup untuk perangkat mobile, di sini yang diperlukan adalah mobile friendly. Artinya bahwa tampilan dan loading blog harus benar-benar sesuai dengan perangkat blog.

Lalu bagaimana agar template responsive menjadi lebih mobile friendly?

Template responsive sebenarnya sudah mobile friendly, namun agar template responsive menjadi lebih mobile friendly, maka kurangi widget-widget blognya pada tampilan mobile sehingga akan memangkas loading blog pada perangkat mobile.

Sebagai patokan, coba saja lihat tampilan mobile untuk template default mobile Blogger. Di situ hanya ditampilkan area postingan tanpa sidebar baik untuk homepage maupun postpage.

Nah mengacu dari hal tersebut, maka pada template responsive pun kita lakukan hal yang sama seperti template default mobile Blogger yaitu sidebar dihilangkan pada tampilan mobile. Namun untuk responsive, tidak cukup hanya menghilangkan sidebar saja namun juga jquery dan javascript. Gunakan seminimal mungkin jquery atau javascript pada tampilan mobile.

Satu-satunya javascript yang harus ada sampai pada tampilan mobile adalah script pelacak Google Analytics (jika Anda menggunakannya), selebihnya gunakan javascript yang benar-benar diperlukan saja pada tampilan mobile. Jika tidak menggunakan itu akan lebih baik.

Untuk membatasi penggunaan javascript agar tidak muncul pada tampilan mobile, kita bisa menggunakan script conditional dari +Patrick Sexton silahkan Anda simak postingannya di sini http://www.feedthebot.com/mobile/conditional-javascript.html

Dan yang perlu diperhatikan agar blog benar-benar mobile friendly adalah tidak menggunakan jquery karena sampai saat ini masih belum ada solusi yang tepat untuk mengatasi blocking-render js dari jquery ini yang sangat berpengaruh pada tampilan mobile. Jika pun kita ingin menggunakan efek pada suatu elemen blog, maka gunakan javascript saja baik untuk homepage maupun postpage. Namun kemudian kita harus memikirkan juga cara agar element tersebut tetap bekerja walau tanpa javascript di tampilan mobile.

Sebagai contoh dengan penerapan ini sudah saya coba pada blog Kompi Ajaib ini walaupun belum begitu maksimal. Sekarang ketika blog dicek di pagespeed insights sudah mendapatkan skor hijau baik untuk homepage maupun postpage.

Pagespeed Insights

Pagespeed Insights

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×