Membuat Forum Diskusi Blog Di Google Groups

Google Groups
Mungkin ini sudah usang, tapi karena saya baru mengetahui dan mencobanya maka ini memberi ide untuk mempostingnya, barangkali ada yang belum mengetahuinya dan kebetulan mampir di sini.

Setelah saya mengetahui bahwa kita bisa membuat forum diskusi di Google Groups dan bisa disimpan di blog, maka saya coba menggantikan halaman OOT (Out Of Topic) Kompi Ajaib dengan ini. Untuk mencobanya silahkan masuk ke halaman OOT Kompi Ajaib dengan klik tombol "Out Of Topic" pada kotak pesan komentar di bawah.

Kita bisa mengambil kode embed-nya sehingga group yang kita buat bisa disimpan di blog kita pada halaman postingan atau halaman statis.

Cara membuatnya cukup mudah, silahkan masuk di sini https://groups.google.com/ dengan akun Google Anda.

Kemudian klik tombol "Create Group" yang berwarna merah

Membuat Forum Diskusi Blog Di Google Groups

Setelah terbuka jendela baru, silahkan isikan data-datanya sesuai dengan yang diminta. Silahkan isikan nama group dan deskripsi group lalu klik tombol "Create". Setelah group yang Anda buat jadi, silahkan klik "Customize your group's settings". Pada option "Information >> General Information" silahkan scroll ke bawah sedikit dan di situ ada "Embedding your group" yang berisi kode embed group untuk kita simpan di blog kita (jika ingin group kita tampil di blog kita). 

Silahkan copy kode embed tersebut dan paste di halaman postingan atau statis, namun saya lebih menyarankan untuk disimpan di halaman statis saja. Agar sesuai dengan halaman blog kita, silahkan rubah lebar (width) pada kode embed-nya menjadi 100% (secara default lebarnya akan disetting 900px).

Nah mudah kan...? Selamat mencoba...

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments