Sebaiknya Submit Semua Jenis URL HTTPS HTTP WWW Dan non-WWW Di Google Search Console

Sepertinya masih banyak blogger yang mengabaikan rujukan Google untuk menambahkan atau submit semua jenis URL HTTPS, HTTP, WWW, dan non-WWW di Google Search Console, termasuk saya sendiri hehehe....

Baru sadar setelah membaca dengan teliti pesan di Google Search Console bahwa kita harus membuat properti dari semua tipe URL blog kita.

Jadi untuk Blogger (tidak menggunakan HTTPS), maka harus menambahkan properti di Google Search Console sebanyak 2 buah untuk URL sebagai berikut:
  1. Buat properti untuk URL http://www.domain.com/
  2. Dan buat juga properti untuk URL http://domain.com/
Jika Anda menggunakan Wordpress dan menggunakan HTTPS (jika tidak maka lakukan seperti di atas), maka Anda harus menambahkan 4 buah properti sebagai berikut:
  1. Buat properti untuk URL http://www.domain.com/
  2. Buat properti untuk URL http://domain.com/
  3. Buat properti untuk URL https://www.domain.com/
  4. Dan buat juga properti untuk URL https://domain.com/
Kemudian di masing-masing properti silahkan submit sitemap dengan menambahkan sitemap.xml pada kolom submit sitemap. Untuk blogger bisa ditambahkan juga feeds/posts/default

Kemudian hal selanjutnya yang harus dilakukan setelah membuat properti untuk setiap URL, silahkan pilih apakah Anda ingin situs Anda muncul dengan atau tanpa "www" di Google Penelusuran. Gunakan versi yang sesuai dengan URL canonical blog, untuk Blogger silahkan pilih versi yang menggunakan "www".

Dengan begitu Google akan lebih komplit menampilkan statistik blog dari semua jenis URL https atau http dan www serta non-www.


Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser