8 Alasan Kenapa Blogger Harus Menggunakan Mac

Kok ada banyak Blogger profesional yang lebih memilih menggunakan produk Apple, baik itu komputer, smartphone dan tablet buatan perusahaan asal Cupertino itu? Padahal harganya selalu dibanderol tinggi dibandingkan dengan produk yang lain seperti ASUS, Lenovo, Samsung dan lainnya.

Jika Anda bertanya seperti itu, itu hal yang wajar karena saya juga pernah berpikiran demikian, khususnya komputer Apple baik itu iMac, Mac Pro, dan MacBook dan akhirnya memilih MacBook Pro hingga sekarang dalam melakukan aktifitas keseharian nge-blog.

Apa sih alasan Blogger lebih memilih menggunakan Mac daripada komputer atau laptop biasa (non-Apple)? Apa kelebihan MacBook daripada laptop biasa?

Sebenarnya tidak hanya orang yang bergelut di dunia blogging yang banyak menggunakan produk mendiang Steve Jobs itu. Mereka yang berprofesi lain seperti desainer, komposer, fotografer dan juga developer lebih menyukainya walaupun harga produk Apple mahal.

Nah, bagi Anda yang berprofesi sebagai Blogger dan berencana ingin membeli laptop untuk kebutuhan blogging tapi masih bingung pilih Mac atau Windows. Simak beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan Mac sesuai pengalaman saya, PanduanMac.com dan dirangkum dari berbagai sumbe terpercaya di bawah ini.

1. Desain Elegan, Simpel dan Material Terbaik

Alasan kenapa Blogger harus menggunakan Mac yang pertama adalah desain elegan. Jika Anda belum pernah melihat produk Mac, Anda bisa mengunjungi laman Apple.

Anda bisa langsung melihat penampakan produk Apple seperti Mac, iPad, iPhone, Watch dan TV di situs Apple itu. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui informasi lainnya seperti spesifikasi, harga, fitur dan sistem operasi yang tertanam di dalamnya.

Apple selalu menghadirkan produknya dengan desain yang minimalis, mewah, dan ekslusif. Ini karena mereka menggunakan material berkualitas tinggi.

Sebut saja MacBook Pro, yang bodinya dilapisi bahan alumunium premium. Selain itu, Mac selalu punya ukuran yang tipis sehingga ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Tidak hanya elegan, tapi desainnya juga simpel sehingga memudahkan kita untuk menggunakannya.

2. Performa dan Kualitas Tinggi

Untuk Anda yang memiliki kesibukan di bidang desain, fotografi, dan juga programming sangat cocok menggunakan Mac. Ini dikarenakan performa dan kualitas tinggi yang dimilikinya.

Mac selalu dibekali dengan hardware yang mumpuni seperti prosesor, VGA dan layar terbaik sehingga akan memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan tanpa"lemot". Bukan hanya performa kecepatan yang bisa dirasakan tapi kualitas layar Mac lebih jernih dan nyaman dipandang, khususnya Mac dengan layar Retina Display.

Ada berbagai produk Mac yang dapat Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, yaitu MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, dan New MacBook. Jika Anda suka dengan laptop tipis, ringan dan punya mobilitas tinggi, sebaiknya pilih MacBook Air atau New MacBook.

Bagi Anda yang menginginkan spesifikasi lebih, misalnya untuk rendering video bisa membeli MacBook Pro yang dilengkapi VGA ATI atau RADEON yang menawarkan performa lebih dibandingkan MacBook Air. Tipe MacBook ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan desain grafis, baik itu 2D ataupun 3D.

3. Boot Camp

Salah satu masalah yang sering dijumpai bagi orang yang baru migrasi dari Windows ke Mac adalah susah menyesuaikan diri dengan Mac OS X atau macOS. Untuk itu, Apple merilis Boot Camp yang memungkinkan Anda bisa bisa menjalankan OS Windows.

Kita bisa install Windows di Mac menggunakan Boot Camp dengan mudah. Dual boot Windows dan Mac buka lagi perkara sulit dengan software buatan Apple ini.

Selain itu, Anda juga bisa install OS Windows tanpa Boot Camp dengan bantuan aplikasi virtual machine. Ada banyak software virtual machine gratis yang dapat diinstall di Mac sehingga tidak perlu lagi partisi hard disk Mac seperti VirtualBox, VMWare, dan Parallels.

Ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang senang menggunakan CorelDraw dan masih susah "move-on" ke Adobe Photoshop dalam hal desain.

4. Berbagai Fitur dan Mudah Digunakan

Salah satu kekurangan Mac yang saya dapati ketika pertama kali menggunakannya, sulit menggunakan klik kanan dengan TrackPad. Selain itu, Anda juga tidak akan mendapati menu "refresh" seperti halnya di OS Windows.

Jika Anda berpikiran seperti itu hingga saat ini, berarti Anda keliru. Ada banyak fitur Mac OS X yang tertanam di Mac yang tak kalah pentingnya dan sangat membantu pekerjaan Anda seperti memperkecil resolusi gambar, dark mode, sinkronisasi file, sharing koneksi internet, merekam layar, mengambil gambar layar (screenshot) dan masih banyak lagi.

Saat ini sudah ada banyak blog yang membahas panduan Mac dengan konten bahasa Indonesia jika memang ingin mempelajarinya, termasuk blog yang saya kelola untuk mengetahui lebih jauh produk perusahaan asal Amerika Serikat itu.

Berbeda dengan Windows, untuk melakukan beberapa hal diatas Anda harus menginstall aplikasi atau software tertentu.

Berbicara soal TrackPad, Apple memberikan banyak kemudahan. Bahkan jika Anda sudah terbiasa menggunakan TrackPad, perkejaan Anda akan cepat terselesaikan tanpa harus membeli mouse Apple atau biasa.

Begitupun dengan keyboard Mac, Apple membekalinya dengan berbagai shortcut seperti membuka Finder, screenshot, eject CD/DVD, dan lainnya. Dari beberapa laptop dan keyboard PC yang pernah saya gunakan, keyboard Mac tak ada samanya.

5. Keamanan

Sudah menjadi rahasia umum, Windows lebih rentan terinfeksi virus daripada Mac. Tapi saya tidak mengatakan sistem operasi Mac "bebas virus".

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah Mac bisa terkena virus?

Sebelum menjawabnya, Anda tentunya telah mengetahui pengguna Windows lebih banyak dibandingkan sistem operasi buatan Apple, macOS. Inilah yang menjadi alasan kenapa Windows lebih mudah terkena virus dibandingkan Mac.

Jumlah pengguna Mac OS X atau macOS yang tidak sebanyak OS Windows membuat "cracker" lebih memilih menyerang sistem operasi buatan Bill Gates itu. Tidak hanya itu saja, macOS punya lebih banyak fitur keamanan dibandingkan Windows dan cekatan jika menemukan celah keamanan.
Selain beragam fitur keamanan yang diberikan, Anda juga akan terbebas dari "swiping". Jika Anda sering kali bepergian ke luar negeri, tidak perlu takut jika pihak bandara melakukan pemeriksaan sistem operasi.

Umumnya, hanya laptop berbasis Windows yang sering bermasalah jika terjadi "swiping" OS, terkecuali jika Anda memilih install dual boot Windows dan macOS di MacBook yang Anda gunakan.

6. Aplikasi 

Sama halnya dengan aplikasi yang tersedia di sistem operasi mobile Apple, ada banyak software Mac OS X atau macOS yang dapat Anda unduh di Mac App Store. Jika Anda mengingingkan fitur yang lebih lengkap, silahkan beli lisensi untuk menghargai usaha developer dalam membuat software.

Sekalipun ada aplikasi email bawaan Apple, Mac juga menyediakan berbagai aplikasi email client terbaik bagi penggunanya yang dapat Anda unduh di App Store.

Untuk menajemen foto, ada aplikasi Photos yang memudahkan kita dalam mengelola foto dan video serta mengabungkannya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pendeteksian wajah seperti Google Picasa.

Bicara soal vector, sekalipun saat ini belum ada CorelDraw for Mac tapi ada banyak pilihan software open source pengganti CorelDraw seperti Skencil, InkScape, dan Xara Xtreme.

Untuk urusan crop dan memperkecil gambar di Mac, Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Snagit, Fastone Capture atau yang lain tapi cukup gunakan shortcut screenshot keyboard Mac.

Selain dukungan aplikasi, Anda juga tidak akan kesulitan saat ingin install aplikasi karena Anda hanya perlu "drag-drop". Berbeda dengan install software di Windows yang mengharuskan klik file setup kemudian mengikuti"wizard setup" yang ada.

7. Sistem Operasi

Stabil, cepat dan jarang"hang" seperti itu gambaran umum dari Mac OS X dan macOS. Tak hanya itu saja, masih ada banyak kelebihan OS Mac yang tak akan pernah Anda temui di OS Windows.
Kelebihan OS Mac yang pertama adalah Time Machine. Aplikasi backup bawaan Mac ini berbeda dengan sistem Restore yang ada di Windows, Time Machine berfungsi membackup file termasuk foto, video, dan semua file konfigurasi dan dapat digunakan ketikan ingin mengembalikan semua data setelah proses install ulang Mac.

Jika kamu install macOS Sierra di Mac atau versi diatasnya, Anda bisa menggunakan assiten digital buatan Apple yaitu Siri. Aplikasi ini berfungsi menjalankan perintah suara yang kita berikan, misalnya memutar musik, mengirim pesan, dan yang lainnya.

Satu lagi, sistem manajemen file sangat mudah dengan adanya layanan penyimpanan berbasis cloud dari Apple, iCloud. Semua file yang tersimpan di perangkat iOS, baik itu iPhone, iPad dan iPod touch akan tersinkronisasi ke Mac.

Untuk urusan browsing, tentunya sebagai seorang Blogger Anda tidak pernah terlepas dari kegiatan yang satu ini. Apple menawarkan Safari 11 yang memiliki banyak fitur dan dianggap sebagai web browser tercepat melebihi Google Chrome saat ini.

8. Hardware Lebih Awet

Selain membekalinya dengan hardware performa tinggi dan terbaik. Hardware yang tertanam di laptop Apple terbilang lebih awet jika dibandingkan dengan laptop Windows biasa.

Sebagai bahan pertimbangan jika Anda masih ragu, pada pertenganhan tahun 2011 membeli MacBook Pro Early 2011 di salah satu Reseller Authorized Apple di Makassar. Hingga saat ini, baterai MacBook masih awet dan masih mampu bertahan kurang lebih 2-3 jam.

Begitupun dengan keyboard, masih nyaman digunakan mengetik. Charger MacBook juga masih bagus sampai sekarang dan belum pernah saya ganti.

Sekalipun Mac lebih awet ketimbang laptop biasa (Non-Apple), sebaiknya Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat MacBook dengan baik dan benar.

Penutup

Sebenarnya masih ada beberapa alasan kenapa seorang Blogger harus menggunakan Mac yang lain. Garansi dan nilai jual adalah dua hal yang juga perlu Anda pertimbangkan.

Memang ada banyak kelebihan Mac dibanding Windows tapi bukan produk Apple ini tidak punya kekurangan, ada juga kok. Salah satunya adalah harga Mac selalu dibanderol mahal, baik itu MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iMac, dan Mac Pro.

Jika Anda memang tertarik migrasi dari Windows ke Mac dan masih punya budget minim, membeli MacBook bekas berkualitas adalah salah satu solusinya.

Postingan ini dikirim oleh:

Seorang Blogger yang menggunakan perangkat Apple untuk membantu aktivitas blogging dan kesehariannya.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser