Update! Twenty Sixteen Child Theme - Ayo Internet Theme

Sudah cukup lama saya menggunakan tema default Wordpress ini dan belum ada niat untuk menggantinya. Dan sudah lumayan banyak bagian yang saya modif agar blog ini cukup ringan untuk diakses.

Nah kali ini saya memberikan update Twenty Sixteen Child Theme, tema yang saya gunakan pada blog Wordpress Ayo Internet.

Cukup banyak yang saya update pada Twenty Sixteen Child Theme kali ini dari Twenty Sixteen Child Theme yang sebelumnya saya bagikan.

Di antaranya: responsive, thumbnail, komentar, related post, dan menghilangkan beberapa script dan link yang tidak digunakan.

Kini theme ini sudah mendukungan featured image untuk memudahkan menampilkan thumbnail dari yang sebelumnya thumbnail harus dihosting di pihak lain.

Untuk jelasnya, silahkan coba demonya langsung.


Untuk menggunakan child theme ini silahkan download file childtwentysixteen.zip kemudian upload di hosting Anda pada bagian Control panel > public-html > wp-content > theme. Kemudian silahkan ekstrak file childtwentysixteen.zip. Kemudian silahkan login ke dashboard Wordpress Anda dan di bagian Appearance > Theme, silahkan aktifkan Twenty Sixteen Child Theme.

Namun sebelum menggunakan Twenty Sixteen Child Theme ini, harap dipastikan bahwa Anda sudah menggunakan Wordpress 4.4 atau yang terbaru dan theme Twenty Sixteen sudah ada di bagian Theme di dashboard wordpress Anda.

Kustomisasi:


1. header.php

Di file header.php, Anda perlu menyesuaikan beberapa element seperti username facebook dan twiter serta untuk mengganti logo blog. Anda juga bisa memasang iklan di bawah header, sudah saya sediakan tempatnya tinggal menyimpan script iklan Anda.

2. footer.php

Di footer.php Anda harus mengganti url mailchimp untuk subscribe blog Anda. menyimpan Google Anlytics, dan mengganti kode AyoInterNet untuk popup fanspage Facebook.

3. content-single.php

Di template-parts > content-single.php Anda bisa menyimpan iklan di bawah postingan di tempat yang sudah saya sediakan, Anda hanya tinggal menyimpan script iklan Anda. Di sini juga disimpan kode-kode untuk tombol share dan related posts.

4. Contact Us

Untuk membuat halaman Contact Us, Anda tinggal membuat page baru di dashboard wordpress Anda dengan title page "Contact Us". Kemudian di sebelah kanan pada Page Attributes, pada bagian template silahkan pilih Contact Us lalu publikasikan halaman tersebut.

Kemudian di contact-us.php silahkan sesuaikan kode secret dan site key untuk Google reChaptcha. Lebih jelasnya simak di sini.

5. Sitemaps

Untuk membuat halaman Sitemaps, silahkan buat PAGE baru di dashboard wordpress, silahkan beri judul Sitemaps atau apa pun yang Anda inginkan. Kemudian di bilah kanan editor postingan pada kotak Page Attributes silahkan klik toggle pada Template dan pilih Sitemap. Selanjutkan silahkan terbitkan halaman tersebut.

6. functions.php

Pada functions.php ini ada kode yang harus Anda sesuaikan untuk menampilkan iklan Adsense di tengah postingan (juga untuk AMP HTML).

7. index.php

Pada index.php ada kode iklan Adsense yang tampil di paling bawah post homepage.

8. Menu

Untuk menu buat seperti gambar di bawah ini






Jika ada yang kurang dimengerti silahkan tanyakan di komentar.

Reactions:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser