Skip to main content

Cara Mudah Mengedit Postingan Blog AMP

Bagi yang mencoba AMP HTML dengan blog baru tentunya tidak ada masalah dengan postingan blog karena kita membuat postingan baru yang tentunya langsung valid HTML. Namun akan menjadi masalah bagi yang menggunakan AMP HTML pada blog yang sudah memiliki banyak postingan.

Karena dengan menggunakan AMP HTML maka otomatis postingan-postingannya akan memiliki error AMP sehingga halaman postingannya menjadi tidak valid AMP.

Tentunya satu-satunya cara agar semua halaman posingan blog AMP menjadi valid maka semua postingannya harus diedit, satu per satu....

Mungkin ada yang bertanya, "Kenapa semua postingan dengan blog AMP harus valid AMP?"

Google mengatakan bahwa blog yang valid AMP akan memiliki ikon AMP "petir" di hasil pencarian mobile, namun sementara ini fitur tersebut masih bersifat percobaan. Dan kini Google sudah merubah prioritas index pencarian menjadi "mobile index first", artinya index pencarian mobile lebih diutamakan dari pencarian desktop.

"Lalu bagaimana cara yang mudah untuk mengedit postingan blog AMP?"

Lakukan beberapa hal berikut, tentunya posisi editor postingan dalam mode HTML:

Pertama

Buatlah "kamus edit postingan" di notepad agar kita lebih mudah mengingat atau meng-copy kode yang diperlukan seperti <noscript> untuk image thumbnail, amp-img, amp-iframe, amp-youtube dan lainnya yang diperlukan di dalam postingan.

Untuk referensi kode-kode amp, silahkan masuk ke sini https://amp.dev/documentation/components/

Kedua

Ini yang biasanya membuat repot dalam memvalidasi postingan AMP. Yaitu banyaknya css style inline pada tag div seperti <div style="text-align: justify;"> dan yang lainnya.

Ini akan cukup menguras tenaga jika kita edit satu per satu kode <div style="text-align: justify;"> menjadi <div>.

Karena editor post Blogger tidak memiliki fitur search and replace, untuk itu saya sarankan gunakan ekstensi browser untuk search and replace agar lebih mudah mengganti kode <div style="text-align: justify;"> menjadi <div> hanya sekali klik.

Silahkan install ekstensi browser-nya dan akan muncul di pojok kanan atas browser berupa ikon search.

Kemudian silahkan klik ikon ekstensi tersebut lalu silahkan isikan kode yang ingin dirubah di kotak Search for dan kode pengganti di kotak Replace with. Lalu centang pada Match Case? dan input fields only lalu klik Replace All.

Google Chrome Extention

Dan di bawah ini video untuk membuat postingan valid AMP.


UPDATE:

Berikut ini saya buat video baru untuk cara mengedit postingan blog agar valid AMP HTML. Dalam video ini ada beberapa update untuk video di atas yaitu untuk size thumbnail postingan. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB