Ayo Cari Guru yang Tepat untuk Penyuka Budaya Jepang

Jepang selalu mempunyai hal-hal yang sangat unik. Tidak heran jika penggemar negara ini semakin meningkat. Bukan hanya kehidupan dan lingkungan di Jepang, namun kebudayaan Jepang juga memiliki banyak penggemar dari banyak negara. Masyarakat Jepang sangat dikenal mempunyai selera fashion dan budaya yang unik. Mereka tidak aka segan untuk mengenakan pakaian atau gaya penampilan yang terlihat aneh atau bahkan gila untuk kalangan orang Jepang sendiri.

Biasanya penampilan tersebut terinspirasi dari karya manga dan anime. Para kaum muda Jepang mengenakan gaya fashion yang unik sehingga telah menjadi kiblat bagi dunia fashion internasional. Memang industri K-Pop saat ini sedang booming, namun fans setia budaya Jepang masih tetap tinggi. Tetapi, apa saja budaya Jepang yang dianggap unik dan gila? Ini beberapa gaya Jepang tersebut.

Harajuku Style

Gaya Harajuku merupakan pusat dari semua fashion unik yang dikenakan di Jepang saat ini. Di daerah sekitar stasiun kereta api bernama Harajuku, ternyata banyak anak muda yang menggunakan fashion unik yang sangat berbeda namun masih tetap terlihat trendy. Kawasan Harajuku seperti menjadi catwalk berukuran besar dan tentu saja mendapatkan perhatian dunia fashion. Bahkan gaya Harajuku ini sudah mempunyai banyak clothing brand dan produk yang telah dijual di Amerika Serikat dan Eropa. Make up, tata rambut, dan pakaian yang sangat berbeda membuat gaya Harajuku menjadi sangat terkenal. Di Indonesia, ada banyak penggemar dari Harajuku ini.

Dekotora

Apabila pengemudi truk yang ada di Indonesia suka menggambar bak truk dengan tulisan lucu dan gambar wanita cantik, maka pengemudi truk yang ada di Jepang senang menghabiskan uang mereka untuk melakukan dekorasi truk. Kegiatan dekorasi truk ini disebut dengan Dekotora yang merupakan gabungan dari bahasa Inggris yakni decoration dan truck. Orang Jepang sangat senang menghiasi truk dengan kotak dan lampu yang sangat rumit. Pada malam hari, cahaya terang dari truk tersebut akan menjadi pusat perhatian.

Gyaru

Kata ini diambil dari bahasa Inggris. Gyaru atau gal adalah gadis muda yang mewarnai rambut dengan nuansa pirang dan perak serta menggunakan make up agar kulit terlihat lebih gelap namun berwarna. Orang yang menyukai gaya Gyaru ini sering menampilkan kesan yang seksi. Gyaru mempunyai berbagai macam gaya. Salah satu gaya yang ditampilkan adalah Kogyaru. Mereka adalah gadis SMA Jepang yang tampil dengan baju sekolah yang sangat seksi dan mempunyai rambut pirang. Selanjutnya, terdapat gaya yang disebut dengan Ganguro. Ini adalah gadis yang menggunakan riasan berwarna gelap, stiker berwarna-warni, dan bibir putih. Ada satu lagi gaya Gyaru yang lebih ekstrem yakni disebut dengan Yamanba karena gadis Jepang tampil dengan riasan yang konyol dan dipenuhi dengan aksesoris penuh warna yang sangat kontras dengan riasan yang berwarna gelap.

Lolita

Mengenakan rok, payung berbulu, topi, dan gaun yang memiliki kerah tinggi adalah salah satu ciri dari gaya Lolita. Gadis-gadis tersebut akan terlihat seperti sutradara film yang berasal dari zaman Victoria. Gaya Lolita ini sudah berkembang menjadi Gothic Lolita. Sama dengan gaya sebelumnya menggunakan rok lebar, namun yang paling dominan adalah warna hitam. Gaya Lolita ini muncul karena ada penolakan dari gadis Jepang dari pikiran para pria bahwa gadis yang cantik harus mengenakan pakaian yang sangat seksi sehingga gaya Lolita ini lebih menonjolkan pakaian yang anggun dan manis dari gaya fashion 200 tahun yang lalu.

Kawaii – Decora

Kawaii adalah bahasa Jepang yang mempunyai arti bebas untuk menjadi imut. Kawaii – Decora adalah salah satu gaya Harajuku yang paling terkenal. Penganut gaya ini menggunakan make up dan pakaian seperti anak kecil. Warna pastel yang cantik membuat pengguna gaya ini tampil seperti anak yang imut. Sedangkan Decora merupakan gaya fashion yang lebih fokus dengan penggunaan aksesoris yang unik dan lucu.

Male Hosts

Apabila gaya Gyaru digunakan oleh kalangan gadis Jepang, maka gaya Gyaru yang lebih banyak dipilih oleh kaum muda pria di Jepang adalah Male Hosts. Pria dengan gaya ini menggunakan parfum mahal, pakaian mahal, dan gaya rambut seperti eksekutif muda. Gyaru ini sangat identik dengan laki-laki muda yang pergi ke club dan menghabiskan waktu bersama dengan perempuan dengan usia lebih muda.

Yankii

Orang yang menggunakan gaya Yankii ini adalah orang-orang yang memberikan warna orange dan pirang pada rambut mereka. Pilihan hidup bagi penganut gaya Yankii juga bebas, tidak memiliki aturan, dan cuek. Gaya Yankii ini sebenarnya sudah sejak lama dilihat sebagai sesuatu yang menakutkan dalam budaya Jepang modern. Pada akhir era 80-an, gaya Yankii ini adalah gaya punk Jepang yang sering melanggar aturan.

Visual Kei

Di Korea Selatan, terdapat gaya K-Pop yang manis dan imut dan di Jepang ada gaya serupa yang disebut dengan Visual Kei karena tampilan visual yang sangat menakjubkan. Visual Kei sebenarnya adalah gerakan pemusik beraliran rock dari Jepang yang selalu tampil dengan gaya rambut, make up, dna kostum yang eksentrik dan terlihat androgini. Gaya Visual Kei ini sudah mempengaruhi gaya pakaian  yang ada di daerah Harajuku, apalagi bagi orang yang sering berada di Jingu Bashi. Ini adalah jembatan yang menghubungkan Meiji Shrine dengan Harajuku.

Cosplay

Ini adalah singkatan dari kata Costume Play. Para penggemar gaya ini sering berkumpul di cafe Cosplay. Saat ini, event tentang Cosplay ini sudah digelar di luar negeri. Ada banyak penjual aksesoris yang dapat ditemukan di daerah modern.

Cari Guru untuk Anda yang Hobi dengan Budaya Jepang

Hobi Anda yang sangat menyukai budaya unik tentang Jepang, pasti akan membuat Anda merasa tertarik untuk belajar bahasa Jepang karena saat Anda menguasai bahasanya, maka Anda bisa berkomunikasi dengan orang Jepang secara langsung sehingga Anda bisa berteman dengan orang Jepang dan bisa mendapatkan hal-hal unik lain tentang negara Matahari Terbit tersebut. Namun belajar bahasa Jepang biasanya memerlukan waktu yang lama, jadi sebaiknya anda belajar bahasa Inggris terlebih dahulu.

Cari guru untuk belajar bahasa ini sangat mudah yakni melalui Skype. Skype menghubungkan Anda dengan guru bahasa Inggris yang dapat dipilih sendiri di sebuah website https://preply.com/id/. Anda bisa menentukan jadwal belajar yang Anda inginkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena di website ini Anda diberikan native speaker yang bertindak sebagai tutor sehingga Anda tidak perlu meragukan kemampuan para tutor tersebut karena mereka sehari-hari selalu menggunakan bahasa Inggris  untuk bercakap-cakap. Jika Anda menyukai bahasa Jepang, maka suatu saat pasti Anda ingin pergi ke Jepang. Jika Anda tidak bisa bahasa Jepang, maka kunjungan Anda tidak akan sia-sia karena anda juga bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.



Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab preply.com. Terima Kasih!

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments