Skip to main content

4 Tips Renovasi Rumah Minimalis Dengan Mudah

Merenovasi merupakan salah satu bagian dari memiliki rumah. Rumah yang mulai menua dan dimakan usia, perlu untuk dilakukan renovasi agar kondisinya tetap terjaga. Tidak hanya dimakan usia, renovasi juga perlu dilakukan ketika akan memperluas rumah karena adanya tambahan anggota keluarga.

Namun, renovasi tidak bisa sembarangan dilakukan. Harus dilakukan penghitungan yang cermat sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya renovasi. Untuk Anda yang akan merenovasi rumah, silakan ikuti beberapa tips renovasi rumah dijual di Bandung bergaya minimalis berikut ini:

Buat daftar ruangan yang akan direnovasi

Buatlah daftar ruangan atau bagian rumah lain yang akan Anda renovasi. Buat segala perincian dengan sangat matang dan pasti. Misalnya, apakah Anda akan menambah kamar, apakah akan menambah tingkat bangunan rumah, apakah akan membuat dapur terbuka, apakah akan menambah kamar mandi di kamar, apakah akan mengubah garasi menjadi kamar baru, dan sebagainya.

Rincilah seluruh bagian rumah dan juga perencanaannya. Setelah dibuat rinciannya, pastikan mana bagian yang akan direnovasi terlebih dahulu dan sangat mendesak untuk segera dilakukan dan mana yang bisa ditunda renovasinya. Pastikan bahwa Anda mengutamakan keperluan, bukan keinginan.

Persiapkan biaya untuk renovasi

Setelah Anda melakukan penilaian di atas, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menentukan biaya yang diperlukan. Setelahnya, tentu Anda harus mempersiapkan dananya. Lakukan survey ke beberapa toko bangunan mengenai harga bangunan. Bandingkan dan perhitungkan perkiraan biaya yang perlu Anda siapkan untuk renovasi.

Buatlah perkiraan biaya yang diperlukan sehingga Anda bisa menentukan bahan bangunan apa yang akan dipakai, di mana mendapatkannya, dan juga harganya.

Hitung biaya pengerjaan

Jasa kontraktor atau tukang tentu sangat diperlukan untuk merenovasi rumah Anda. Biasanya, jasa kontraktor akan membutuhkan lebih banyak biaya daripada tukang. Bisa juga Anda menggunakan jasa pengerjaan tukang secara harian. Namun, pastikan bahwa jasa yang dipilih memiliki keahlian di bidangnya.

Jika perlu untuk membangun bangunan secara spesifik, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa arsitek terlebih dahulu untuk mendesain bangunannya.

Beli material sendiri

Untuk dapat menekan biaya renovasi, Anda bisa membeli bahan bangunan sendiri. Anda bisa menggunakan toko bangunan setelah Anda mengikuti langkah nomor dua dan memperhitungkan harga bahan bangunan. Pilihlah toko bangunan yang memiliki harga miring, namun kualitasnya baik.



Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab Urbanindo.com. Terima Kasih!

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB