Tinggal di Apartemen Lantai Atas atau Bawah, Mana Pilihan Anda?

Sebelum menentukan dan memilih sebuah apartemen untuk dihuni, penting bagi Anda untuk memperhatikan letak lantai dan posisi apartemen tersebut. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena letak lantai dan posisi hadap akan mempengaruhi harga apartemen disewakan itu. Artinya, semakin indah pemandangan yang bisa dilihat dari posisi lantai tersebut, maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Meskipun terkesan remeh, menentukan akan tinggal di apartemen lantai atas atau lantai bawah kadang sering membuat kita bingung. Untuk itu, sebaiknya perhatikan beberapa pertimbangan ini agar Anda tidak menyesal nantinya.

Apartemen Lantai Atas

Tak bisa dipungkiri, posisi apartemen disewakan di lantai atas menawarkan pemandangan yang indah, misalnya saat matahari terbit dan terbenam atau saat malam hari. Anda juga dapat melihat landskap perkotaan dengan lalu-lalang kendaraan serta gedung-gedung pencakar langitnya yang tinggi. Banyak orang memilih apartemen yang berada di lantai tujuh atau lantai atasnya karena menginginkan pemandangan yang indah, meski beberapa apartemen akan meminta tambahan biaya untuk hal ini. Selain itu, keuntungan lain yang akan didapatkan jika memilih tinggal di lantai atas apartemen ialah Anda tidak akan diganggu oleh suara-suara bising. Semakin tinggi lantai apartemen Anda, tingkat kebisingannya pun akan semakin rendah sehingga Anda dapat hidup dengan lebih tenang dan nyaman.

Meski demikian, tinggal di lantai atas juga memiliki beberapa kekurangan. Saat ingin mengangkut barang dari lantai atas ke lantai bawah atau sebaliknya, Anda tentu memerlukan waktu yang lebih lama serta usaha yang lebih keras. Selain itu, tinggal di apartemen lantai atas kadang akan menyulitkan proses evakuasi jika terjadi bencana kebakaran atau gempa bumi.

Apartemen Lantai Bawah

Jika tinggal di apartemen lantai atas bisa memberikan Anda pemandangan yang indah, bukan berarti di apartemen lantai bawah tak bisa menawarkan pemandangan yang bagus juga. Anda bisa mendapatkan pemandangan bagus di apartemen disewakan lantai bawah jika berhadapan dengan kolam renang atau taman. Bahkan ada sebagian orang yang lebih memilih untuk tinggal di apartemen lantai bawah dengan alasan keamanan dan kenyamanan karena mereka tinggal bersama anak kecil dan lansia.

Keuntungan yang akan didapatkan saat tinggal di apartemen lantai bawah ialah Anda dapat lebih menghemat waktu jika akan bepergian. Selain itu, akses keluar dan masuk apartemen juga lebih fleksibel dan lebih mudah karena jarak ke lobby atau lantai dasar semakin dekat. Dengan menghuni apartemen lantai bawah, Anda juga akan lebih mudah mengangkut barang keluar-masuk apartemen.
Namun, tinggal di apartemen lantai bawah juga memiliki kekurangan misalnya tingkat kebisingannya yang cukup tinggi. Terlebih lagi jika unit apartemen tersebut berdekatan dengan pintu masuk bangunan, tangga darurat, lift, dan pusat kebugaran.

Sebelum menyewa apartemen, jangan lupa untuk menyesuaikan tipe dan detail apartemen sesuai dengan kebutuhan Anda karena kebutuhan setiap keluarga tentu berbeda-beda. Jika Anda akan tinggal bersama balita atau lansia, disarankan untuk tidak apartemen yang berada di lantai atas atau terlalu tinggi demi kenyamanan dan keamanan. Sebaliknya, jika Anda tinggal seorang diri atau berpasangan, Anda bebas memilih lantai sesuai keinginan. Semoga bermanfaat!



Ini merupakan artikel review. Segala bentuk dan akibat yang timbul atas materi di atas, sepenuhnya adalah tanggung jawab Raywhite.co.id. Terima Kasih!

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments