Skip to main content

Kok Pengaturan Deskripsi DI Blogger Ada 2 Buah?

Mungkin judul postingan di atas bisa jadi merupakan sebuah pertanyaan dari sebagian Blogger yang menggunakan Blogspot. Sehingga hal ini (pengaturan deskripsi ada 2 buah) menyebabkan kebingungan untuk mengisinya, apakah di isi satu saja, apakah yang diisi hanya ini atau itu, atau diisi dua-duanya?

Nah di postingan ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang kedua pengaturan deskripsi di Blogspot agar tidak tejadi kekeliruan dalam mengisinya.

Pengaturan deskripsi ini terletak di Dashboard >> Settings >> Basic >> Description, dan satunya lagi terletak di Dashboard >> Settings >> Search preferences >> Meta Tags >> Description.


Penjelasannya:

1. Deskripsi yang pertama yang terletak di Dashboard >> Settings >> Basic >> Description adalah deskripsi yang akan muncul di bawah title blog atau bisa disebut dengan short description. Deskripsi ini ditujukan untuk pembaca blog yang menjelaskan secara singkat mengenail blog yang tengah dibacanya. Deskripsi ini tidak ditujukan untuk mesin pencari, jadi tulis deskripsi ini dengan singkat dan jelas, tidak perlu panjang-panjang karena bisa merusak tampilan blog pada beberapa template blog.

Deskripsi ini ditampilkan oleh kode di bawah ini.


          <b:includable id='main'>
    <div id='header-inner'>
      <div class='titlewrapper'>
        <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
        <h1 class='title' itemprop='headline'>
<b:include name='title'/>
        </h1>
<b:else/>
        <p class='title' itemprop='headline'>
          <b:include name='title'/>
        </p>
</b:if>
      </div><b:include name='description'/>
    </div>
</b:includable>

2. Deskripsi yang kedua yang terletak di Dashboard >> Settings >> Search preferences >> Meta Tags >> Description. Deskripsi ini tidak akan tampil di blog, deskripsi ini ditujukan untuk mesin pencari dan ditampilkan oleh meta tag di bawah ini.


<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>

Karena deskripsi ini ditujukan untuk mesin pencari, maka kita bisa menuliskan deskripsi blog lebih panjang dan jelas (maksimal 150 karakter) dan deskripsi ini untuk bagian homepage. Untuk bagian postpage bisa diisi di bagian sebelah kanan post editor ketika membuat postingan pada bagian Search Description.

Kok kode meta description di atas ditulis 2 buah name='description' dan property='og:description'?

Meta deskripsi dengan name='description' untuk mesin pencari seperti Google, Yahoo, Yandex, dan lainnya. Sementara meta deskripsi dengan property='og.description' adalah deskripsi untuk sharing sosial media seperti Google+, Facebook, dan lainnya.

Demikian penjelasan singkat untuk kedua pengaturan deskripsi di Blogspot, semoga bisa dimengerti.

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB