Skip to main content

Alternative Lain Hosting File JS CSS HTML Di Firebase

Pagi tadi saya mendapatkan notifikasi email dari Google perihal pemberitahuan bahwa layanan host web dari Google Drive akan dihentikan. Tentu saja hal ini menjadi tanda tanya besar, kenapa perusahaan sebesar Google sampai kerepotan dengan hosting web? Tapi itu sudah menjadi keputusan Google, sebagai pengguna gratis kita hanya bisa nurut saja hehehe....

Untuk itu, silahkan gunakan layanan hosting web lain seperti Github untuk meng-hosting file-file JS, CSS, image, rar, dan lainnya.

Namun sebenarnya Google sendiri memberikan rekomendasi untuk hosting web pengganti Google Drive yaitu Firebase yang notabene merupakan layanan milik Google juga.

Setelah saya coba Firebase untuk meng-hosting file JS, ternyata cukup mudah juga dan file berjalan sempurna di blog. Nah bagi yang ingin mencobanya juga silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah Pertama

Silahkan masuk ke https://firebase.com/account dengan akun Google Anda. Untuk file storage, Google memberikan ruang 5GB untuk member gratis. Setelah masuk ke dashboard Anda silahkan klik tombol Create New Project. Kemudian isikan nama project Anda dan pilih negara asal Anda lalu Create Project.


Langkah Kedua

Silahkan pilih menu Storage di sisi kiri. Di sini kita bisa meng-upload file JS, CSS, HTML, image, video, rar, dan lainnya. Agar dashboard tampak rapih, saya sarankan untuk membuat folder sesuai file-file yang akan kita upload.


Langkah Ketiga

Silahkan klik folder yang dimaksud untuk mulai mengupload file, kemudian silahkan upload file-nya. Setelah file berhasil diupload silahkan klik pada filenya untuk mendapatkan URL-nya dan akan keluar kotak di sebelah kanan. Silahkan klik pada File Location >> Download URL untuk meng-copy URL-nya. Jika URL-nya dirasa cukup panjang, Anda bisa menggunakan Google URL Shortener.



Selesai, mudah bukan? Selamat mencoba....

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB