Mengatasi Duplikat Title Tags Dan Deskripsi Blog Di Search Console

Untuk mengetahui apakah blog kita memiliki duplikat title tags ataupun duplikat deskripsi di Search Console, Anda bisa mengeceknya di bagian Search Appearance >> HTML Improvements. Di situ akan tertera apakah blog kita memiliki duplikat title tags atau deskripsi dan lainnya atau tidak.

Duplikat-duplikat ini akan menyebabkan masalah di hasil pencarian Google untuk konten-konten blog. Untuk itu sebaiknya blog terbebas dari duplikat title tags maupun deskripsi dan lainnya.

Biasanya duplikat ini berasal dari URL mobile, karena kita tahu bahwa pada mobile untuk URL memiliki akhiran ?m=1 (untuk versi mobile) dan ?m=0 (untuk versi desktop). Sehingga konten dapat memiliki 2 buah URL yang berbeda yaitu URL asli dan URL mobile sehingga menyebabkan duplikat.

Untuk mengatasinya silahkan coba ikuti cara yang saya lakukan. Cara ini sudah saya coba terlebih dahulu. Pertama mematikan cara ini, sehingga duplikat title dan deskripsi blog ini membengkak sampai ratusan duplikat. Kedua kemudian saya mengaktifkan cara ini dan berangsur-angsur duplikat-duplikatnya menghilang. Dan perlu diketahui bahwa Google memerlukan waktu untuk menyingkirkan duplikat ini dari hasil pencarian, bisa 1 hari, 2 hari, bahkan bisa berbulan-bulan jika duplikatnya sangat banyak.

Langkah Pertama
Gunakan template blog responsive lalu silahkan matikan template versi mobile di Dashboard >> Template >> Mobile >> Pilih No.

Langkah Kedua
Silahkan masuk ke Search Console blog Anda lalu klik menu Crawl >> URL Parameters. Kemudian klik tombol Add Parameter.


Kemudian masukan m untuk Parameter, pada Does this parameter change page content seen by the user? silahkan pilih Yes, pada How does this parameter affect page content? pilih Other. Lalu pada Which URLs with this parameter should Googlebot crawl? silahkan pilih Only URLs with value dan tambahkan angka 1 pada kotaknya atau lakukan seperti gambar di bawah ini.


Dengan URL parameter m ini kita meminta Google untuk mengirimkan robot pelacaknya untuk semua URL blog dengan akhiran m=1 dan tidak mengirimkan robot pelacaknya untuk semua URL blog dengan akhiran m=0 seperti tampak pada gambar di bawah ini. Tampak pada gambar untuk URL dengan akhiran m=0 di cakra merah.


Sekali lagi saya ingatkan, dengan melakukan ini tidak serta merta semua duplikat langsung menghilang. Google memerlukan waktu untuk menyingkirkan duplikat ini dari hasil pencarian, bisa 1 hari, 2 hari, bahkan bisa berbulan-bulan jika duplikatnya sangat banyak. Silahkan cek terus untuk duplikat ini secara berkala untuk memastikan duplikatnya berkurang bahkan menghilang.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments