Skip to main content

Kini Spot.IM Bisa Untuk Sistem Komentar Blog

Ada perkembangan yang bagus untuk para webmaster dari Spot.IM. Yang pada awalnya hanya berupa widget komunikasi atau chatting yang biasa kita lihat di pojok bawah blog, kini Spot.IM bisa dijadikan untuk alternatif sistem komentar blog sama halnya dengan sistem komentar Disqus.

Setelah saya coba, sistem komentar Spot.IM cukup ringan karena js-nya diload secara dinamis dan asynchronous sehingga tidak terlalu membebani loading blog.

Namun untuk saat ini, format penulisannya belum mendukung smile, pre, code, strong, dan lainnya dan juga belum ada fitur edit komentar. Namun sudah mendukung upload image dan embed video. Dan kita juga bisa mengatur setting komentarnya untuk menyetujui atau memoderasi komentar-komentar yang masuk agar terhindar dari komentar-komentar spam. Terlepas dari itu semua, sistem komentar Spot.IM patut kita coba juga sebagai alternatif sistem komentar blog.

Cara embed komentarnya pun cukup mudah, tinggal copy kode yang diberikan kemudian paste di html blog. Bagi yang ingin mencobanya silahkan klik link di bawah ini.

Spot.IM  Get Started

Di sana Anda bisa buat akun baru atau login dengan akun Facebook Anda.

Kemudian silahkan isi semua informasi tentang blog Anda sesuai dengan kolom form-nya dan klik tombol "Create Spot" untuk mendapatkan kodenya.

Seperti biasa, silahkan simpan kode javascript-nya di atas kode </body> dan kode div-nya di simpan di tempat di mana kita ingin memunculkan komentarnya atau simpan di bawah kode


<b:includable id='comments' var='post'>

Yang nantinya akan muncul di atas komentar Blogger.

Jika Anda juga ingin menggunakan comment count untuk tiap postingan, maka Anda harus menyertakan postId pada kode div embed komentar dan comment count seperti berikut:

Untuk kode div embed komentar untuk Blogger gunakan kode di bawah ini:

<div id='spot-im-frame-inpage' expr:data-post-id='data:post.id'/>

Untuk kode comment count untuk Blogger gunakan kode di bawah ini:

<span class="spot-im-replies-count" expr:data-post-id="data:post.id"></span>

Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Kompi Ajaib
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 KOMPI AJAIB