Stylesheet Blogger Disembunyikan, Tampilan Blog Error?

Stylesheet Blogger
Jika kita akan melakukan validasi HTML5 pada template blog, pasti kita akan terbentur dengan 1 buah error dari sebuah kode. Namun anehnya kode tersebut tidak ada dan tidak bisa ditemukan pada edit HTML blog. Maskolis bilang itu adalah "kode siluman", hehehehe alias tidak bisa dilihat tapi ada...

Kode siluman tersebut adalah kode stylesheet CSS Bundle Blogger yang hanya bisa dilihat dengan cara view page source blog. Karena kode tersebut tidak ada di edit HTML, maka untuk membetulkan error ketika validasi HTML5, kita harus menggunakan sebuah trik untuk menyembunyikan kode stylesheet CSS Bundle Blogger ini. Trik tersebut sudah pernah saya share sebelumnya yang bisa Anda simak lagi pada link di bawah ini.


CSS Reset Stylesheet Blogger ini akan terlihat ketika kita view page source halaman blog kita dan sebagai contoh akan seperti kode di bawah ini.


<link type='text/css' rel='stylesheet' href='//www.blogger.com/static/v1/widgets/2761160889-widget_css_bundle.css' />
<link type="text/css" rel="stylesheet" href="//www.blogger.com/dyn-css/authorization.css?targetBlogID=5187131679737497634&zx=3763bd4d-298d-41d6-9a30-9b4bd68ba958"/>

Biasanya tiap-tiap blog akan memiliki kode yang berbeda untuk kode di atas. Kode yang error pada validasi HTML dari kode di atas adalah kode & pada kode kedua. Dan untuk mengatasi error pada validasi HTML5 dari kode ini adalah dengan cara menyembunyikannya dengan trik pada link di atas tadi sehingga tidak terbaca oleh browser.

Namun dengan menyembunyikan kode stylesheet CSS Bundle Blogger ini, selain bisa mengatasi kode yang error validasi HTML5, maka ada efek lain yang akan muncul menjadi masalah baru di blog. 

Beberapa widget bawaan Blogger akan error dan berantakan sehingga merusak tampilan blog. Untuk yang sudah paham kode CSS dan HTML mungkin ini bukan masalah, namun untuk yang baru mengenal dan baru belajar CSS dan HTML, ini akan menjadi masalah baru yang akan membuat kepala peang hehehehe....

Nah bagi yang mengalami hal ini, silahkan coba trik saya ini untuk mengatasi tampilan blog yang error atau berantakan ketika menggunakan trik untuk menyembunyikan stylesheet CSS Bundle Blogger agar bisa valid HTML5.

Setelah Anda menerapkan trik menyembunyikan stylesheet, jangan panik dulu ketika mendapati tampilan blog yang error. Biarkan saja tampilannya seperti itu dulu, kemudian silahkan lakukan view page source blog lalu silahkan copy kode stylesheet-nya seperti pada gambar di bawah ini.

Copy Stylesheet

Kemudian silahkan buka lagi edit HTML blog dan paste kode yang tadi di-copy di atas kode/script untuk menyembunyikan stylesheet sehingga seperti gambar di bawah ini.

Stylesheet Blogger

Kemudian silahkan tambahkan kode amp; dibelakang kode & pada kode kedua stylesheet (itu adalah kode yang error validasi HTML5) sehingga menjadi &amp; seperti terlihat pada gambar di atas.

Apakah dengan gambaran di atas, Anda sudah mengerti maksud trik saya ini?

Begini logikanya, karena stylesheet tidak ada di edit HTML, maka untuk mengatasi error validasi HTML5 harus disembunyikan dengan trik menyembunyikan stylesheet. Kemudian karena tampilan blog error akibat stylesheetnya disembunyikan, maka kita kembalikan lagi stylesheet-nya dengan cara manual dengan meletakannya di edit HTML dan membetulkan kode yang error pada validasi tersebut.

Mudah bukan? Heheheehe... semoga Anda mengerti apa yang saya maksudkan pada paparan di atas.

Namun sebagai catatan, perlu Anda ketahui jika kita menampilkan kode stylesheet Blogger seperti di atas maka blog kita tidak bisa valid CSS3 (hanya valid HTML5 saja) namun tidak perlu bersusah payah untuk mengembalikan tampilan blog yang berantakan.

Jika kita menginginkan blog kita valid HTML5 dan CSS3, maka stylesheet Blogger-nya harus disembunyikan saja. Dan untuk merapihkan tampilan blognya yang error harus dengan cara manual pada kode CSS blog pada elemen-elemen blog yang error tersebut.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments