Google Ganti More Results Sitelink Dengan Sitelink Search Box

Beberapa hari ini telah beredar kabar yang cukup hangat di webmaster yaitu Google memunculkan search box site di hasil pencarian. Search box site tersebut berada di bawah sitelink sebuah situs dengan tujuan untuk lebih memudahkan pencari untuk mencari artikel dengan keyword tertentu dari situs tersebut tanpa harus masuk terlebih dahulu ke situsnya.

Cara kerja search box sitelink ini sama dengan custom search engine blog. Kalau melihat posisinya, menurut saya ini menggantikan link anchor untuk more results sitelink. Sedangkan more results sitelink adalah anchor teks untuk menampilkan lebih banyak atau seluruh sitelink dari sebuah situs. 

Untuk search box sitelink bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini dan silahkan bandingkan posisinya dengan more results sitelink pada gambar di bawahnya. Posisinya sama bukan?

Sitelink Search Box

More Results Sitelink

Namun cara kerja dari keduanya jelas berbeda seperti yang saya katakan tadi di atas.

Untuk sitelink search box, seperti halnya custom search engine blog yaitu untuk mencari dan menampilkan semua artikel yang sesuai dengan keyword yang dicari tanpa harus masuk terlebih dahulu ke situsnya. Pada gambar di bawah ini saya menggunakan search box sitelink dari Youtube dengan keyword "pop indie", maka yang ditampilkan kemudian adalah semua link yang berhubungan dengan keyword tersebut.

Youtube

Dan ketika saya klik more results sitelink, maka akan ditampilkan seluruh sitelink dari situs tersebut seperti gambar di bawah ini.

Halaman More Results Sitelink

Namun sebenarnya halaman more results sitelink tersebut bisa kita gunakan untuk mencari artikel dari situs tersebut dengan kata kunci yang kita inginkan seperti gambar di bawah ini.

Sitelink Dengan Keyword

Search box sitelink jelas berbeda dengan more results sitelink walau penempatannya pada posisi yang sama. Namun jika pencari keywordnya lebih kratif maka hasil akhirnya sama saja bukan? Pertanyaannya seberapa banyak pencari keyword yang kreatif?

Dan perbedaan antara search box sitelink dengan more results sitelink adalah more results sitelink muncul secara otomatis bersamaan dengan ditampilkannya sitelink untuk sebuah situs oleh Google. Sedangkan sitelink search box akan muncul jika pengelola web atau blog menambahkan mark up schema.org untuk SearchAction pada web atau blognya.

Namun saat ini saya sendiri belum menemukan cara yang tepat untuk memunculkan kotak pencarian sitelink ini. Jika saya sudah menemukan cara yang tepat untuk memunculkan kotak pencarian sitelink ini pasti nanti akan saya share juga.

Atau di antara Anda sudah ada yang tahu cara menampilkannya? Jika berkenan mohon dishare di kotak komentar di bawah agar bisa bermanfaan buat yang lain. 

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments