Postingan Telat Terindex Setelah Hapus Postingan Blog

Hapus Postingan Blog
Salah satu cara agar postingan blog cepat terindeks oleh mesin pencari seperti Google adalah dengan men-submit sitemaps blog di Webmaster Tool yang tentunya kita harus mendaftarkan terlebih dahulu blog kita di Webmaster Tool. Biasanya setelah sitemaps blog kita sudah terindeks, ketika kita mem-publish postingan baru maka postingan tersebut akan cepat muncul di SERP hanya dalam beberapa detik saja.


Nah kini saya akan berbagi pengalaman dalam hal index postingan ini. Jika sebelumnya postingan kita sudah bisa muncul atau terindeks hanya dalam beberapa detik saja, maka hal ini akan berbeda ketika kita menghapus salah satu postingan blog karena beberapa alasan.

Jika kita terpaksa harus menghapus beberapa postingan blog yang sudah di-publish (sebaiknya lakukan juga permintaan Removal URLs di Webmaster Tool), maka tindakan selanjutnya adalah kita lakukan Resubmit sitemaps blog dengan mencentang sitemaps yang sudah ada kemudian klik tombol Resubmit seperti gambar di bawah ini.

Sitemaps Di Webmaster Tool

Selanjutnya biasanya ketika kita mem-publish postingan baru setelah menghapus postingan lain yang sudah di-publish, maka postingan baru ini akan telat muncul di halaman pencarian. Biasanya memerlukan waktu yang lama 1 x 24 jam untuk bisa muncul di halaman pencarian. Namun setelah sitemaps blog sudah terindeks normal lagi di Webmaster Tool, maka peng-index-an postingan blog akan normal lagi dengan hanya perlu beberapa detik untuk muncul di halaman pencarian.

Untuk mengecek apakah postingan baru kita sudah terindeks atau belum, coba tuliskan judul postingan di search box Google. Biasanya postingannya akan muncul di halaman pertama seperti di bawah ini.

Postingan Baru

Jika ternyata postingan kita tidak ada di halaman pertama, coba tambahkan site:DOMAINANDA di belakang judul postingan seperti gambar di bawah ini. Biasanya di halaman tersebut hanya muncul postingan-postingan dari blog kita saja. Jika ternyata di halaman tersebut pun tidak terdapat postingan baru kita, itu berarti postingan baru tersebut belum terindeks Google.

Halaman Pencarian

Namun perlu diketahui juga, kini di Google khususnya di Webmaster Tool terjadi istilah kepercayaan terhadap akun. Artinya jika kita mendaftarkan blog baru di Webmaster Tool dengan menggunakan akun yang sudah lama, maka blog baru tersebut akan cepat muncul di halaman pencarian.

Namun berbeda jika kita menggunakan akun baru, maka proses peng-index-an blog barunya pun memerlukan waktu lebih lama. Namun batasan berapa lama sebuah akun akan mendapatkan kepercayaan dari Google saya belum tahu pasti. Jika ada di antara Anda yang sudah memiliki pengalaman dalam hal ini silahkan untuk berbagi di kolom komentar agar bisa berguna buat yang lain.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments