Cara Mudah Menyembunyikan Komentar Blogger

Menyembunyikan Komentar Blogger
Beberapa waktu yang lalu saya sudah sharing cara mengganti komentar Blogger menjadi komentar Google+ dengan cara manual dengan menambahkan langsung script komentar Google+ di html template blog. Di sana telah dijelaskan cara untuk menyembunyikan komentar Blogger agar hanya komentar Google+ saja yang ditampilkan.


Dengan hanya menambahkan kode display:none pada kode css komentar Blogger, maka komentar Bloggernya tidak akan tampil di blog. Namun setelah saya coba lihat page source halamannya, meskipun sudah disembunyikan dengan menambahkan kode display:none tadi tetapi kode-kode html komentar bloggernya masih tampak ketika page source halamannya seperti pada gambar di bawah ini.

View Page Source

Pada gambar di atas jelas terlihat meskipun komentar Bloggernya sudah di-hide pada kode css-nya tapi kode-kode html komentarnya masih tampak di bawah kode <div class='comments' id='comments'>

Nah untuk menyembunyikan kode-kode html komentar yang masih tampak tadi, kita bisa menyembunyikannya (bukan menghapusnya) dengan mudah. Silahkan Anda masuk ke Dashboard Blog >> Setting >> Posts and Comments >> Kemudian pada Comments Location silahkan pilih Hide seperti pada gambar di bawah ini. 

Setting Comments Blogger

Dengan demikian maka ketika kita lihat page source halaman blog, kita tidak akan melihat lagi kode html komentar Bloggernya seperti pada gambar di bawah ini.

Blogger Comments

Sehingga dengan ini robot penelusuran tidak akan menelusuri setiap link yang sebelumnya ada pada komentar blogger sehingga akan mengurangi waktu penelusurannya dan akan lebih mempersingkat waktu loading blog. 

Selebihnya dari itu saya belum bisa memastikan bagaimana dan berapa besar pengaruhnya terhadap SEO ketika kita menggunakan komentar Google+ dengan menyembunyikan komentar Blogger ini. 

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments