Sortir Menurut Relevansi Di Google Custom Search Blog

Beberapa waktu yang lalu saya sudah memposting cara membuat Google Custom Search di blog untuk menggantikan fungsi penelusuran Blogger pada Search Box di blog. Dengan menggunakan fungsi Google Custom Search pada kotak penelusuran yang sudah ada di blog, maka pencarian postingan di blog akan semakin mudah.


Dan akan semakin mudah lagi dalam melakukan penelusuran postingan blog dengan mengaktifkan fitur "Sortir Menurut: Relevansi" atau "Sort by: Relevance". Dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan Google Custom Search seperti yang telah saya sharing pada postingan sebelumnya, maka secara otomatis fitur "Sortir Menurut: Relevansi" atau "Sort by: Relevance" ini akan aktif. Namun jika belum aktif, silahkan masuk di halaman pengaturan Google Custom Search Engine lalu masuk ke menu Search Features >> Advanced >> kemudian pada Results Sorting-nya silahkan nyalakan (ON).

Dengan mengaktifkan fitur ini pada Google Custom Search blog, maka penelusuran postingan di blog akan semakin mudah. Dengan menggunakan satu kata kunci saja, maka halaman hasil penelusuran akan memunculkan hasil pencarian untuk semua postingan yang terkait atau relevan atau berhubungan dengan kata kunci yang digunakan. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini, dengan menggunakan satu kata kunci "otomatis" maka semua postingan yang mengandung kata kunci "otomatis" akan ditampilkan. Silahkan perhatikan kata "otomatis" yang dicetak tebal sebagai kata yang relevan atau terkait dengan kata kunci yang digunakan.

Sortir Menurut Relevansi Di Google Custom Search Blog

Untuk tampilan tombol "Sort by: Relevance" ini memang agak sedikit menggangu karena letaknya yang berantakan di sebelah kanan atas halaman hasil pencarian, namun mengingat fungsinya yang memudahkan pencarian maka kita abaikan saja tampilannya.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments