Solusi Error Validasi HTML5 Dari Kode ShowDummy

Solusi Error Validasi HTML5 Dari Kode ShowDummy

Bola Hero Gawai

Solusi Error Validasi HTML5 Dari Kode ShowDummy

Error Validasi HTML5 Dari Kode ShowDummy
Pada permulaan validasi HTML5 mulai ramai dibicarakan, banyak pengguna template khususnya pengguna template dari Maskolis (termasuk saya...) kebingungan dengan sebuah error dari sebuah kode yang tidak jelas. 

Ketidakjelasan kode ini disebabkan oleh penampakan error pada validasi HTML5 dengan kemunculan script kosong dan menyebabkan error validasi seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Sreenshot Error Validasi ShowDummy

Akhirnya kebingungan ini berhasil diatasi dengan penemuan sebuah kode yang menyebabkan error validasi HTML5 pada template khususnya template Maskolis yaitu kode berikut ini.


  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <script expr:src='data:top.dummyUrl'/>
  </b:if>

Untuk ini saya pernah menanyakan pada Maskolis apa fungsi dari kode showdummy tersebut, namun sayang Maskolis-nya keburu menghilang dan pertanyaan saya belum terjawab sampai saat ini. Bisa Anda lihat DI SINI.

Akhirnya saya mencoba mengapus kode tersebut dari edit HTML, dan betul akhirnya error validasi HTML5 seperti pada gambar di atas menghilang.

Sebenarnya tidak ada yang aneh yang saya rasakan pada template blog setelah menghapus kode showdummy tersebut. Namun yang terasa aneh yaitu pada jumlah traffic pengunjung yang menurun dibandingkan ketika kode showdummy tersebut belum dihapus (yang saya duga dan saya rasakan).

Akhirnya ini menjadi dilema juga buat saya, jika kode showdummy tersebut tidak dihapus maka blog tidak bisa valid HTML5 dan jika dihapus maka traffic blog jadi agak menurun. Kemudian saya mencoba mencari penjelasan untuk fungsi dari kode showdummy tersebut di Google, namun sampai saat ini saya belum mendapat jawabannya juga.

Akhirnya saya menemukan solusi untuk menggantikan kode showdummy yang error validasi tersebut dengan menggantinya dengan kode berikut ini.


  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <data:top.dummyBootstrap/>
  </b:if>

Dan betul apa yang kemudian terjadi seperti yang saya duga, traffic blog kembali naik setelah menggunakan kode di atas dan blog tetap bisa valid HTML5. Namun sampai saat ini saya sendiri belum mengerti fungsi dari kode showdummy ini sampai bisa mempengaruhi traffic blog (jika memang dugaan saya benar).

Bagi Anda yang tahu fungsi dari kode showdummy ini, mohon kiranya Anda berkenan untuk berbagi pengetahuan dengan kami di sini.

Nah bagi Anda yang khusunya menggunakan template Maskolis atau lainnya yang mengalami error yang sama seperti yang pernah saya alami yang disebabkan dari kode showdummy, silahkan coba pengalaman saya ini. Silahkan ganti kode showdummy yang error (seperti pada kode pertama) dengan kode showdummy yang kedua di atas.

Jika sudah terlanjur dihapus dan lupa letaknya di mana, silahkan simpan kode showdummy-nya seperti berikut tepat di atas penutup </b:includable> untuk kode <b:includable id='main' var='top'>:


          <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'>
            <b:includable id='main' var='top'>
  .......................
  .......................
  .......................

  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <data:top.dummyBootstrap/>
  </b:if>

</b:includable>

Semoga bermanfaat....

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

53 Comments Add Comment

PERTAMINA oleh Muhammad luthfi wkwkwk :D
Wah begitu ya mas solusinya, tapi saya cuek aja walaupun HTML5 ada error
soalnya pusing mas :)

Balas

aneh ya mas, coba tanya disini mas :)
https://productforums.google.com/forum/#!msg/blogger/JyTOtMIVRng/s6Rw2cA7O5sJ

Balas

setelah dipikir2 apakah mungkin kode tersebut adalah menghitung trafic blog kita? dari dulu saya sempat mau tanya kode apa itu sama mas adhy, namun mas adhy juga tidak tahu hehehe...

Balas

Heheehehe iya mas, tentang validasi HTML5 itu tergantung dari yang punya blognya masing-masing :)

Balas

apaan tuh hehehehe :)

Balas

Hehehe iya sis sampai saat ini saya belum tahu fungsinya untuk apa :P

Balas

Namun sepertinya keberadaannya bisa mempengaruhi blog.

Balas

wah, baca postingan ini, langsung cek blog saya. ternyata dah pake dummybootstrap, tp ga tau jg fungsinya apa hihi.

Sorry OOT mas adhy, blog2 saya yg valid htmly5 kok tiba2 pas dicek barusan ada errornya ya, iseng ngecek kompiajaib dan blognya kang ismet jg tiba2 ada errornya juga, coba mas adhy cek sendiri, sapa tau koneksi saya mungkin yg bermasalah, tadi nyoba pake 2 provider sama saja sih.

Balas

Betul mas hari ini tiba2 muncul 1 buah error validasi html5 dari kode verifikasi Bing. Entah mana yang error namun menurut saya validatornya error karena kode verifikasi Bing yaitu msvalidate.01 sudah terdaftar di WHATWG wiki. Sementara validator menunjukan bahwa msvalidate.01 belum terdaftar di WHATWG wiki. Entahlah kita tunggu beberapa hari kedepan.

Balas

Menurut saya nih gak penting banget , yang penting tampilang blog aye keren hehehehehe

Balas

bukan penting atau tidak mas, namun jika kita pelajari lebih banyak tentang html kan akan bermanfaat dan tambah pengalaman. walau itu sikit, membingungkan, tapi yang pasti menambah ilmu :)

Balas

Betul kata sis Leony, jika kita belajar maka pelajarilah semuanya. Di sini kita belajar membuat blog maka pelajarilah semua hal yang berkaitan dengan blog baik itu tampilan blog ataupun unsur seo dan lain sebagainya. Tidak perlu buru-buru dalam mempelajarinya hanya perlu step by step. Makin banyak belajar makin banyak ilmu hehhehe...itu hanya pandangan saya saja. Sebenarnya hal ini terserah masing-masing individu aja :)

Balas

Duh ngomporan, jadi panasaran oge fungsi kode showdummy :D

Balas

Betul kang saya ge panasaran, naon atuh kode eta teh nya :)

Balas

mas kalau template johny darkmag (johny wuss) kodi b:if cond='data:top.showDummy' ada 3, dan kodi data:top.dummyBootstrap tidak ada. kalau template seperti punyak saya yang bikin error html5 kodi dummy dibawah var='top', kalau dihapus errornya memang hilang, tapi seperti kata mas Adhi, visitor jadi sulit naik.

kalau kodi ini memang berpengaruh terhadap visitor mendingan saya kembalikan aja mas, tapi kodi ori template saya seperti ini
<b:if cond='data:top.showDummy'>
<script expr:src='data:top.dummyUrl'/>
</b:if>

apa sama dengan kodi yang diatas?, mohin dibantang mas....! sekalian ijin tes drive.

Balas

Nah betul kode itu yang kita bicarakan mas, coba kode tersebut ganti dengan kode ini
<b:if cond='data:top.showDummy'>
<data:top.dummyBootstrap/>
</b:if>

Balas

kebetulan di blog Ade sudah menggunakan dummyBootstrap
tapi itupun kelihatannya buat mobile
awalnya pusing juga menghadapi error saat validasi HTML5 dan banyak juga yg harus ade edit atau lebih tepatnya di hapus walau tidak tahu resiko dan lain sebagainya hehehehehehe maklum masih oot kang masalah Validasi HTML5

Balas

ok! mas...!, langsung kebali ke lap...top...!

Balas

Betul kang mencoba trial and error adalah wajar semua mengalami hal itu. Dari situlah kita mendapat pelajaran yang berharga :)

Balas

Mas Adhy, Setelah saya coba menaruh kode (data:top.showDummy) di tempat yang mas Adhy rekomendasikan, Blog saya tampil full!screen , seperti semuanya koponen berukuran 100%,
Kemudian saya coba hilangkan seluruh kode responsivenya, tanpa sisa.
Apa yang terjadi.... @@,...Fontnya menjadi kekar, maksudnya, besar tapi terlihat utuh seperti font bold tapi tidak terlalu tebal.
Perlu diketahui...blogsaya memakai template KOMPIBANGET yang saya kombinasikan dengan template DROIDPLUSS.... :-D....
Mohon tidak dicela.... :)

Balas

setelah ditelusuri ternyata kode itu adalah menghitung visitor dari media sosial, seperti +google plus, fb, twitter, setelah mas adhy buang maka visitor dari media tidak dapat dirayapi oleh blogger, pantasan turun trafficnya, tapi entah benar atau tidak, saya dari informasi dari luar mas :)

Balas

Mas, kalau boleh OOT saya mau bertanya, cara membuat link mempunyai title otomatis gimana ya?

Balas

Seharusnya kode di atas tidak mempengaruhi tampilan blog mas :)
Namun bagus sudah berani melakukan trial and error, teruskan mas dan di situlah letak sebenarnya pengetahuan. Dari pengalaman yang didapat bisa menghasilkan pengetahuan yang luar biasa... :)

Balas

Betul sis saya juga menduga ke situ :)

Balas

Kalau tak keberatan Mas Adhy, Panjenengan bisa memihat langsung di: markazaqiqohdotblogspotdotcom.
Dan saat ini saya lagi utak-atik karena di sisi lain fontnya kelihatan bagus....Terimakasih jika berkenan singgah ^_^

Balas

modifikasinya bagus mas, mungkin tinggal membetulkan menu header-nya. juga coba outer atau apanya tuh diberi background putih misalnya biar terlihat lebih rapih.

Balas

baru dengar dengan nama showdummy pada blog, saya jg pernah baca tentang kode seperti click trap pada blog tp lupa fungsinya untuk apa hehe....info yg menarik dan mas Adhy selalu dapat mengetahui solusinya... :-d

Balas

Malam Kang Adhy, saya belum paham nih dengan kode show dummy @@,
Tapi sepertinya ada kaitanya dengan google yah Kang. makasih atas infonya

Balas

Saya cek template, ternyata punya saya malah sudah seperti yang disarankan ... :)

Balas

Kalo yang ngak ada kode showDummy nya bisa di tambahkan ngak Kang?

Balas

Sekali lagi trimakasih atas masukannya,...
sekarang sudah jadi MAS, tinggal ngatur responsivenya dan menu headernya yang ngandat,..
mungkin ada benturan..entah benturan apalah,
karena mogoknya hanya di Homepage... :) :)

Balas

Harus sambil dipraktekan kang dengan melihat template blognya ada kode tersebut atau tidak, jika tidak ada silahkan ditambahkan :)

Balas

Jika tidak ada silahkan tambahkan kang :)

Balas

Bisa mas dengan bantuan javascript, silahkan cari di Google mas udah ada kok :)

Balas

Ohh, jadi seperti itu ya mas tapi setiap struktur template pasti berbeda :D
Hal ini hanya struktur template mas kolis :p

Balas

Kebetulan pada template blog saya ada kode show dummy
Tersebut Kang, jadi solusinya ganti dengan script Akang ini yah
Makasih deh Kang atas pengetahuan ini. :-bd

Balas

Betul mas struktur tiap template kadang berbeda-beda :) jika ternyata kode showdummy-nya sudah valid maka abaikan halaman ini :)

Balas

Itu adalah Link Untuk Live Preview Mas... Jadi Tampilan yang bukan sebenarnya (masih status Preview) bisa juga menggunakan server lain (cloudserver)
Dulu saya tidak begitu mempelajarinya, kebetulan saya tidak punya kode itu di template :D :D ... tapi saya coba masukin deh... siapa tau nambah traffic :D
berapa hari ya pengaruhnya terhadap traffic

Balas

Masuk akanl juga mas dengan kata showdummy tersebut :) makasih penjelasanya :)
yang saya rasakan setelah kembali masukin kode tersebut sekitar 1 - 2 hari traffic di dashboard blogger menunjukan peningkatan dari sebelum masukin kode itu. :)

Balas

Ulasan yang mantap, namun bukan sebenarnya validasi itu keharusan, kalau menurut saya sih error sedikit gk apalah, gunanya validasi kan untuk melihat misal mungkin ada div yg belum ter close, :)

Balas

Ternyata di blog saya sudah seperti dalam artikel Akang ini
Dan seperti di bawah ini kode nya bener gak Kang Adhy..?

<b:include name='mobile-main'/>
</b:if>
<b:if cond='data:top.showDummy'>
<data:top.dummyBootstrap/>
</b:if>

Balas

Alhamduliilah Kang, udah saya terapkan di blog saya. sudah nggak ada script yang kosong lagi mas. :-bd

Balas

Betul kang yang itu :)

Balas

Tapi yang punya saya mah pas di cek sudah ada kode itu sejak lahirnya kang hehe

Balas

kalau menurut saya ,
wajar kode ini bermasalah , :D
karena emang dasarnya kode ini akan berfungsi sebagai penampil share button dari google+

bisa dilihat sendiri potongan kodenya disini
http://www.dte.web.id/2012/11/xhtml-blogger-share-buttons.html

Balas
This comment has been removed by the author.

Kang, ini erornya di bagian mana yah?? ini screen shootnya...
http://2.bp.blogspot.com/-lJMDJg9-goM/UyfB0Lsz7_I/AAAAAAAAFCY/Vv3dQx9jPT0/s1600/1.jpg

Balas

mantaff kang langsung di pasang di blog abdi hehe :D

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×