Solusi Error Validasi HTML5 Dari Kode ShowDummy

Error Validasi HTML5 Dari Kode ShowDummy
Pada permulaan validasi HTML5 mulai ramai dibicarakan, banyak pengguna template khususnya pengguna template dari Maskolis (termasuk saya...) kebingungan dengan sebuah error dari sebuah kode yang tidak jelas. 

Ketidakjelasan kode ini disebabkan oleh penampakan error pada validasi HTML5 dengan kemunculan script kosong dan menyebabkan error validasi seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Sreenshot Error Validasi ShowDummy

Akhirnya kebingungan ini berhasil diatasi dengan penemuan sebuah kode yang menyebabkan error validasi HTML5 pada template khususnya template Maskolis yaitu kode berikut ini.


  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <script expr:src='data:top.dummyUrl'/>
  </b:if>

Untuk ini saya pernah menanyakan pada Maskolis apa fungsi dari kode showdummy tersebut, namun sayang Maskolis-nya keburu menghilang dan pertanyaan saya belum terjawab sampai saat ini. Bisa Anda lihat DI SINI.

Akhirnya saya mencoba mengapus kode tersebut dari edit HTML, dan betul akhirnya error validasi HTML5 seperti pada gambar di atas menghilang.

Sebenarnya tidak ada yang aneh yang saya rasakan pada template blog setelah menghapus kode showdummy tersebut. Namun yang terasa aneh yaitu pada jumlah traffic pengunjung yang menurun dibandingkan ketika kode showdummy tersebut belum dihapus (yang saya duga dan saya rasakan).

Akhirnya ini menjadi dilema juga buat saya, jika kode showdummy tersebut tidak dihapus maka blog tidak bisa valid HTML5 dan jika dihapus maka traffic blog jadi agak menurun. Kemudian saya mencoba mencari penjelasan untuk fungsi dari kode showdummy tersebut di Google, namun sampai saat ini saya belum mendapat jawabannya juga.

Akhirnya saya menemukan solusi untuk menggantikan kode showdummy yang error validasi tersebut dengan menggantinya dengan kode berikut ini.


  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <data:top.dummyBootstrap/>
  </b:if>

Dan betul apa yang kemudian terjadi seperti yang saya duga, traffic blog kembali naik setelah menggunakan kode di atas dan blog tetap bisa valid HTML5. Namun sampai saat ini saya sendiri belum mengerti fungsi dari kode showdummy ini sampai bisa mempengaruhi traffic blog (jika memang dugaan saya benar).

Bagi Anda yang tahu fungsi dari kode showdummy ini, mohon kiranya Anda berkenan untuk berbagi pengetahuan dengan kami di sini.

Nah bagi Anda yang khusunya menggunakan template Maskolis atau lainnya yang mengalami error yang sama seperti yang pernah saya alami yang disebabkan dari kode showdummy, silahkan coba pengalaman saya ini. Silahkan ganti kode showdummy yang error (seperti pada kode pertama) dengan kode showdummy yang kedua di atas.

Jika sudah terlanjur dihapus dan lupa letaknya di mana, silahkan simpan kode showdummy-nya seperti berikut tepat di atas penutup </b:includable> untuk kode <b:includable id='main' var='top'>:


          <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'>
            <b:includable id='main' var='top'>
  .......................
  .......................
  .......................

  <b:if cond='data:top.showDummy'>
    <data:top.dummyBootstrap/>
  </b:if>

</b:includable>

Semoga bermanfaat....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments