Compress Banner Animasi GIF Agar Loading Blog Ringan

Compress Banner Animasi GIF
Apakah Anda memasang slot iklan mandiri di blog Anda? Atau mungkin slot iklan Anda sudah penuh dengan banner iklan? Mungkin dari beberapa banner iklan yang dipasang di blog Anda berupa banner animasi GIF seperti contoh pada gambar di samping ini.

Jika demikian kita harus meng-compress banner-banner animasi tersebut agar tidak terlalu membebani loading blog sehingga loading blog menjadi ringan.

Banyak pemasang banner iklan menggunakan animasi GIF dengan tujuan bisa menyampaikan beberapa pesan di dalam satu banner. Tentunya kita sebagai pemilik blog harus mengantisipasi hal ini agar banner-banner yang dipasang tidak membuat loading blog menjadi berat. Sehingga tujuan monitize blog kita tidak jadi bumerang seperti turunnya trafic pengunjung karena loading blog yang berat akibat dari banner animasi iklan ini.

Meng-compress banner animasi GIF berbeda dengan mengkompres gambar PNG atau JPEG. Kita harus memastikan bahwa banner animasi yang kita compress masih memiliki animasi seperti sebelumnya. Nah untuk itu ada satu tool online compress animasi GIF yang saya rekomendasikan sehingga dengan tool online ini kita tidak susah-susah untuk menginstall kompres GIF pada komputer kita.

Adalah GIF Reducer sebuah tool compress banner animasi GIF online yang saya rasa cukup mudah dalam menggunakannya. Kita bisa mengupload file GIF dari komputer atau langsung mempaste URL animasinya.

Untuk GIF dengan warna flat bisa menggunakan option No Dithering, dan untuk GIF dengan warna-warna gradasi Anda bisa memilih option Floyd-Steinberg atau Reimersma sehingga warna gradasi tidak berubah menjadi warna flat namun berupa noise sehingga tidak teralalu merubah tampilan gambarnya.

Setelah proses compress selesai kita akan disuguhkan beberapa hasil kompress dengan berbagai size seperti pada gambar di bawah ini sebagai contohnya.

Banner Animasi GIF

Pada gambar di atas saya mengkompres banner GIF dengan size awalnya 64.99kb setelah dikompress saya mendapatkan size yang cukup kecil 48.41kb dengan kualitas gambar yang masih bagus. Lumayan bukan hasilnya?

Nah jika Anda kebetulan mendapat pasang iklan mandiri di blog dengan banner animasi GIF, Anda bisa coba mengkompresnya dengan GIF Reduser pada link berikut: http://www.gifreducer.com/index.html

Begitupun untuk gambar postingan dan lainnya dengan format png atau jpeg, sebaiknya kita mengkompress sizenya agar tidak mempengaruhi pada loading blog. Bisa Anda simak pada postingan berikut.
Dan sebagai saran, sebaiknya link pada banner iklan diberi rel="nofollow" untuk keamanan blog dari inspeksi robot Google hehehe....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments