Mengecek Link Nofollow Dengan Extention Chrome

Mengecek Link Nofollow
Untuk mengecek link dofollow atau nofollow pada suatu blog sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan extention atau add ons pada browser yang kita pakai. Dan kali ini kita akan membicarakan sebuah extention browser Google Chrome untuk mengecek link dofollow atau nofollow yaitu NoFollow. Ekstensi NoFollow ini akan memberikan tanda atau mark pada link-link nofollow pada suatu blog dengan text dicoret (strikethrough anchor text) atau kotak dengan garis merah putus-putus.

Untuk contohnya mengecek link nofollow dengan ekstensi Chrome ini bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cek link nofollow dengan extention Chrome

Pada gambar di atas ada kata yang dicoret dalam kotak garis merah, itu menandakan bahwa anchor text tersebut berupa link nofollow, sedangkan link dofollow tidak diberi tanda apa pun. Pada contoh di atas saya menggunakan link profil komentator dan comment permalink yang secara default link-link tersebut nofollow. 

Sekedar sedikit penjelasan kenapa link pada profil komentar dan permalink komentar bersifat nofollow. Pada profil komentar mengandung link yang menuju keluar dari blog kita (external link), maka dari itu link tersebut perlu diberikan rel nofollow agar googlebot tidak merayapi link-link tersebut. 

Dan untuk permalink komentar yaitu bahwa permalink komentar bisa mengakibatkan duplikat title atau deskripsi sehingga perlu diberikan rel nofollow dengan alasan agar googlebot tidak merayapi link tersebut. Namun untuk mencegah duplikat title dan deskripsi yang diakibatkan dari permalink komentar ini tidak bisa hanya mengandalkan rel nofollow pada permalink komentarnya, namun harus dilakukan pencekalan url baik dengan menggunakan robots.txt atau menggunakan fitur URL Parameter di Webmaster tool.

Bagi yang ingin mencoba menggunakan extention Google Chrome untuk mengecek link nofollow ini silahkan klik link di bawah ini.


Nah bagi yang menggunakan browser Firefox, Anda juga bisa menggunakan add ons Firefox yang sudah saya sharing terdahulu, silahkan baca lagi pada link di bawah ini.


Semoga bermanfaat....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments