Google Menambahkan Fitur Smartphone Di Webmaster Tool

Google Menambahkan Fitur Smartphone Di Webmaster Tool

Bola Hero Gawai

Google Menambahkan Fitur Smartphone Di Webmaster Tool

Fitur Smartphone Di Webmaster Tool
Masih ingatkah tentang postingan saya yang lalu yang membicarakan video dari Matt Cutts tentang deskripsi blog? Yang belum baca silahkan klik link di bawah ini.


Nah postingan kali ini sepertinya ada hubungannya dengan pernyataan Matt Cuts pada videonya tersebut.

Kebetulan hari ini saya buka webmaster tool dan ternyata ada penampakan baru pada bagian Crawl yaitu fitur crawl Googlebot untuk smartphone, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Google Menambahkan Fitur Smartphone Di Webmaster Tool

Ini masuk di akal juga kenapa Google menambahkan fitur crawl untuk smartphone di webmaster. Karena kini smartphone berkembang sangat pesat dan semakin banyaknya pengguna internet yang menggunakan smartphone.

Dan pada option Smartphone tersebut terdapat option Blocked dengan beberapa url didalamnya dan dengan keterangan "Googlebot dapat mengakses web, tetap URL-nya diblok untuk Googlebot-mobile untuk smartphone dengan robots.txt."

Kemudian setelah membaca keterangannya tersebut, saya teringat dengan setingan robots.txt untuk blog ini yang didalamnya ada kode untuk memblok url yang datang dari url mobile yang dapat menyebabkan duplikat deskripsi blog (m=1). 

Apakah kita harus melepaskan blocking untuk url mobile (m=1)? Jika saya lepaskan blocking untuk url mobile tersebut maka pasti akan mucul lagi duplikat deskripsinya.

Mungkinkan ini berhubungan dengan pernyataan dari Matt Cutts tentang deskripsi blog? Beberapa waktu yang lalu Matt Cutts mengatakan bahwa sebaiknya blog tidak memiliki duplikat deskripsi atau tidak memilikinya sama sekali.

Menurut logika saya jika saya melepaskan blocking url mobile maka akan muncul duplikat deskripsi. Dan agar tidak terdetek duplikat deskripsi, berarti blog atau postingan jangan menggunakan deskripsi. Benarkah demikian?

Lalu bagaimana sebaiknya untuk mengatasi hal ini? Sampai saat ini saya sendiri belum mendapat jawabannya. Jika saya sudah mendapat solusinya pasti akan saya share lagi cara untuk mengatasinya. Atau jika Anda memiliki solusinya mohon share pada kolom komentar agar saya dan yang lainnya bisa mengatasi hal ini.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

48 Comments Add Comment

baru pertama kali nih saya dapet pertamax, jual ahh .. @@,

Balas

baru buka twitter langsung liat kang adhy posting . komentar dulu ah

Balas

untuk masalah diatas sepertinya ilmu saya belum sampai kang hehe, saya mah melihat perkembangan saja dari web master lainnya mengenai hal ini. tapi kalo memang deskripsi pada blog itu mengganggu kenapa fitur ketika saat ingin posting ada deskrip penelusur ya? soalnya saya hingga postingan terakhir di blog saya pakai deskripsi penelusuran ya sejauh ini cukup bagus untuk SEO karna terbantu dengan deskripsi penelusuran.

Balas

Silahkan pertamaxnya hehehehe |o|

Balas

malem kang menurut ane si untk post description biarkan kosong biar google yg menentukan description untk postingan tp klo untuk description halaman utama tetep pakai.itu menurut ane aja kang

Balas

Ditunggu kabar selanjutnya tentang diskripsi penelusuran terhadap fitur crawl untuk smartphone

Balas

Iya hal itu masih banyak didebatkan, tapi sepertinya Google membirkannya karena di situ Google sudah memberikan pilihan untuk mengaktifkan atau tidaknya deskripsi penelusuran di editor postingan.

Sudah periksa webnya di webmaster tool? Apakah terdapat duplikat deskripsi di sana? Karena sepertinya Google tidak main-main dengan duplikat deskripsi dan Google terus menghapus url-url sampah dan yang dianggap mengelabui penggunanya (url dengan duplikat deskripsi dianggap url sampah).

Balas

wah betul barusan sy cek ada yang buat smartphone, pas diliat link "blocked" blog sy kok banyak mas? blocked disitu maksudnya link yang diblok lewat smartphone dan hanya tampil di web saja gt mas?

Balas

Pendapat mas Aku (Adhy adalah aku heheheh :D ) sama seperti saya, biarkan hanya homepage yang memiliki deskripsi. Tapi pendapat ini saya belum yakin betul.

Balas

Iya mas Felix, semoga cepat ada solusinya :D

Balas

Iya sis, itu adalah url mobile yang dicekal, bisa lewat robots.txt atau pakai meta tag. Biasanya urlnya berakhiran m=1.

Balas

Malam Kang Adhy maaf sebelumnya saya telah membaca dengan seksam artikel diatas
Menurut Pakar seo waktu yang terlewatkan diskripsi pada homepage juga diskripsi
Pada postingan itu dianggap pelengkap seo namun saya sendiri setelah dengar
Kabar seperti yang Kang Adhy ceritakan diatas jadi penasaran juga dan sampai saat
Ini saya jadi bingung mana yang yang benar untuk di ikuti supaya memenuhi prosedur google

Balas

Nah itu dia kang, semua jadi bingung atas kelakuan Google ini hehhehe @@

Balas

Makasih kang buat info newsnya! jadi semakin hebat aja nih fitur di Webmastertool.. |o|

Balas

Iya jadi semakin pusing hehehehe @@,

Balas

kebetulan blog sy tdk memakai robot.txt, tp krg tau kl soal meta tag.. mungkin ada hubungannya dengan template custom yg sy pakai.. hehe jd bingung

kl menurut mas Adhy untuk tampilan seluler sebaiknya memakai yang mana?

contoh gambar : http://goo.gl/vtXHW2

memakai template seluler biasa, seluler khusus, atau tidak memakai template seluler? trims

Balas

bicara soal seo takkan pernah ada habisnya pasti kedepannya akn ada perubhn dri tuan rumah.slama pengunjung msh di atas 7rb perhari gk apa2 biarkan saja lieur bin pusing mikiran seo ma alexa bisa2 blog terbengkalai karena sibuk mikirn apa maunya google.

Balas

Untuk blog responsive berarti tidak menggunakan tampilan selular, nah untuk blog yang tidak responsive bisa menggunakan tampilan selulr baik default atau custom. Masalahnya adalah pada url yang diakses oleh perangkat mobile sendiri (biasanya urlnya dengan akhiran m=1 dan m=0 ) nah jika kita mengaktifkan deskripsi penelusuran maka otomatis url-url tersebut akan menimbulkan duplikat deskripsi. Nah kebanyakan untuk menghindari duplikat deskripsi ini menggunakan robots.txt atau meta tag untuk mencekalnya. Nah sekarang ini pencekalan url mobile tersebut menjadi masalah di webmaster dan yang pasti jumlahnya ribuan.

Balas

o jd template responsif tdk ush memakai tampilan seluler ya, sip deh....mengenai deskripsi sy betul2 blank :D iya betul kali ini google benar2 bikin bingung para blogger, mudah2an aja nanti ada perbaikan di pihak google mas :)

Balas

Seharian gak OL jadi ketinggalan berita nih :)
Oiya Kang barusan saya cek di webmaster blog saya. dibagian Kesalahan URL ada Kesalahan Server 503, solusinya gimana Kang?

Balas

google lg bnyk update skrng kang
kesalahan server ampe 30 biji gila

si mat cut harus nya ngmng gitu juga benahi kepunyaan nya masa masi ada deskripsi hrsna blogger.com jd blog pertama tanpa deskripsi sbg percontohan

Balas

lalu cara tidak memiliki duplikat deskirpsi itu bagaimana, apakah harus menggunakan template yang progresif ya

Balas

Saya malah ahir2 jarang maen ke webmaster kang, jadi penasaran mau liat penampakkannya, makasih kang inpona...

Balas

Untuk error 503 biasanya nantinya betul sendiri, jadi ga usah diapa-apain :D

Balas

Mungkin karena deskripsi penelusuran bisa diaktifkan atau dinonaktifkan, jadi Google tidak perlu merubahnya. Blog Matt Cutts sendiri tidak memiliki deskripsi untuk homepage atau postpagenya. :D

Balas

Jika tidak mencekal url mobile, saya pikir susah untuk menghindari duplikat deskripsi mas. Yang sekarang sedang saya coba yaitu meniadakan deskripsi blog (homepage dan postpage) dan tidak mencekal url mobile dengan menggunakan robots.txt default blogger.

Balas

Silahkan kang :D

Balas

waduh...
setelah saya ngintip sebentar di webmaster ternyata banyak amat postingan yang dicekal
makasih lagi bang atas infonya

Balas

Itu dia bang yang bikin galau heheheh @@,

Balas

trus kalau memperbaiki url yang dicekal gimana tuh bang?
apa dibiarkan saja dicekal? hehehe

Balas

Sementara saya coba rubah settingan robots.txt nya dan menghapus deskripsi blog dan lihat apa yg terjadi, jika bagus nanti saya kasih tahu.

Balas

Setelah beberapa hari ini teh speedy ngadat kang ku topan haiyan .. alhamdullilah kembali normal ... duh untuk SEO sementawis waktos ku abdi di pun antep wae hela kang lieurrr haha

Balas

Mas, sudah ada update pagerank, blog ini PRnya turun jadi 3

Balas

Masih malas main ke webmaster, site health masih warning kang :(

Balas

wah asyik juga ya kalau di websmaster ada fitur smartphone nya. Jadi lebih lengkap ya mas. Sayang hape saya masih jadul :( :D ;)

Balas

Wauh ka dinya geuning angin teh =D muhun kang lieuerrr @@,

Balas

Iya hehehe =D turun jadi 3, maklum masih banyak error setelah penghapusan postingan lalu :D

Balas

Wah emangnya ada apa mas di blognya sampai ada warning di health-nya :) semoga cepet beres :D

Balas

Iya mbak Rin jadi lebih canggih hehehehe :D tapi lumayan bikin pusing juga @@,

Balas

dari kemarin saya cari solusinya ngak ketemu mas...! blog saya yang di block hampir 400

Balas

mungkin ini sangat berhubungan dengan responsif?

Balas

cara menghindari duplikat dkskripsi gmna kang adhy

Balas

Banyak caranya salah satunya dengan robots.txt itu, biasanya yang paling banyak duplikat deskripsi dari url mobile tersebut (m=0 dan m=1), oba cekal url-url tersebut.

Balas

Kalau berhubungan dengan jaman responsive mungkin iya mas =D makin banyaknya pengguna tablet dan smartphone memaksa Google harus terus memperbaharui perangkatnya agar memudahkan para pengguna tablet dan smartphone itu sendiri :D

Balas

kalau deskripsinya atau Tag kebanyakan bisa membuat blog kita jadi spam atau tidak mas...?

Balas

saya juga belum ada solusinya nih mas bro..

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×