Google Menambahkan Fitur Smartphone Di Webmaster Tool

Fitur Smartphone Di Webmaster Tool
Masih ingatkah tentang postingan saya yang lalu yang membicarakan video dari Matt Cutts tentang deskripsi blog? Yang belum baca silahkan klik link di bawah ini.


Nah postingan kali ini sepertinya ada hubungannya dengan pernyataan Matt Cuts pada videonya tersebut.

Kebetulan hari ini saya buka webmaster tool dan ternyata ada penampakan baru pada bagian Crawl yaitu fitur crawl Googlebot untuk smartphone, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Google Menambahkan Fitur Smartphone Di Webmaster Tool

Ini masuk di akal juga kenapa Google menambahkan fitur crawl untuk smartphone di webmaster. Karena kini smartphone berkembang sangat pesat dan semakin banyaknya pengguna internet yang menggunakan smartphone.

Dan pada option Smartphone tersebut terdapat option Blocked dengan beberapa url didalamnya dan dengan keterangan "Googlebot dapat mengakses web, tetap URL-nya diblok untuk Googlebot-mobile untuk smartphone dengan robots.txt."

Kemudian setelah membaca keterangannya tersebut, saya teringat dengan setingan robots.txt untuk blog ini yang didalamnya ada kode untuk memblok url yang datang dari url mobile yang dapat menyebabkan duplikat deskripsi blog (m=1). 

Apakah kita harus melepaskan blocking untuk url mobile (m=1)? Jika saya lepaskan blocking untuk url mobile tersebut maka pasti akan mucul lagi duplikat deskripsinya.

Mungkinkan ini berhubungan dengan pernyataan dari Matt Cutts tentang deskripsi blog? Beberapa waktu yang lalu Matt Cutts mengatakan bahwa sebaiknya blog tidak memiliki duplikat deskripsi atau tidak memilikinya sama sekali.

Menurut logika saya jika saya melepaskan blocking url mobile maka akan muncul duplikat deskripsi. Dan agar tidak terdetek duplikat deskripsi, berarti blog atau postingan jangan menggunakan deskripsi. Benarkah demikian?

Lalu bagaimana sebaiknya untuk mengatasi hal ini? Sampai saat ini saya sendiri belum mendapat jawabannya. Jika saya sudah mendapat solusinya pasti akan saya share lagi cara untuk mengatasinya. Atau jika Anda memiliki solusinya mohon share pada kolom komentar agar saya dan yang lainnya bisa mengatasi hal ini.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments