Apa Yang Terjadi Jika Blog Tanpa Deskripsi?

Blog Tanpa Deskripsi
Akhir-akhir ini Google terus meningkatkan sistemnya salah satunya di webmaster tool guna mengikuti perkembangan jaman yang terus berubah. Kini dunia tengah dilanda deman android dan smartphone, begitu pun di dunia maya. Penelusuran dunia maya dengan android dan smartphone kini semakin meningkat menyaingi penelusuran desktop. Respon Google sangat jelas sekali yaitu dengan ditambahkannya fitur crawl untuk smartphone di webmaster tool.


Namun dengan diaktifkannya fitur smartphone di webmaster, kini muncul masalah baru khususnya bagi blog-blog yang menggunakan robots.txt untuk mengatasi duplikat deskripsi yaitu option Blocked yang menampilkan url-url yang diblok untuk googlebot mobile. Url-url ini bisa mencapai ribuan jumlahnya.

Saya mulai berpikir, jika url-url yang diblok untuk googlebot mobile ini dimunculkan sebagai crawl error di webmaster ada kemungkinan ini akan berdampak pada SEO blog. Blocked Url ini sendiri belum memiliki kode error seperti halnya error-error yang lain seperti link yang tidak ditemukan dengan kode 404.

Lantas bagaimana cara memperbaiki crawl error untuk blocked url ini? Hehehehe pusing juga lihat crawl erro blocked smartphone ini dengan jumlah ribuan...

Sudah dua hari ini saya mencoba bereksperimen dengan blog ini yaitu meniadakan deskripsi blog baik di homepage ataupun postpage. Saya beranggapan jika kita ingin melepaskan blocking terhadap url mobile (m=1 dan m=0) ini maka blog jangan memasang deskripsi agar tidak terjadi duplikat deskripsi. Hal ini juga telah diutarakan oleh Matt Cutts dengan videonya.


Setelah menghapus deskripsi blog kemudian saya mengganti setting robots.txt blog yang semula mencekal url untuk mobile dengan robots.txt default blogger tanpa pencekalan. Sementara ini robots.txt baru sudah terdetek tapi sepertinya googlebot belum melakukan crawl sehingga ini belum ada pengaruhnya pada crawl error blocked url di webmaster.

Kita lihat saja apa yang akan terjadi kedepannya dengan blog tanpa deskripsi ini dan dengan mengunakan settingan robots.txt default blogger ini baik dari hasil pencarian, pageview blog, ataupun permasalahan di webmaster tool.

Jika ada perkembangan yang baik ataupun buruk nanti akan saya share hasilnya di sini. Jika kita tidak mencobanya bagaimana kita tahu hasilnya...

Namun ada yang lucu dari hasil pencarian homepage blog ini hhehehhehe... menu header-nya jadi deskripsi blog hehehee.

hasil pencarian homepage blog

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments