Alasan Komentar Di Blog Harus Relevan Dengan Postingan

Komentar Di Blog
Selain sebagai sarana untuk silaturahmi sesama blogger atau pengunjung blog dengan admin blog, komentar memberikan peran penting juga untuk kelangsungan blog itu sendiri. Komentar yang relevan dengan postingan atau bahkan komentar spam seperti menyimpan link bahkan iklan akan memberikan kontributor lain untuk keberhasilan postingan di halaman pencarian. Dampak positif dan negatif bisa didapat dari kolom komentar yang ada di blog.

Apalagi yang blognya dihosting di blogspot yang notabene kepunyaan Google, tentunya komentar harus memenuhi aturan yang diterapkan Google sebagai si empunya rumah. Apalagi baru-baru ini Google menyatakan secara tidak langsung bahwa OpenID bisa dikatakan sebagai spam, maka kita harus pintar-pintar mengoptimalkan komentar ini agar blog kita terhindari dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Karena tentunya semua jenis yang disebut sebagai "spam" akan berakibat tidak baik.


Banyak sekali komentar-komentar di blog yang asal-asalan bahkan bisa dikategorikan sebagai spam seperti menyimpan link di komentar baik link hidup atau link mati, memasarkan produk yang dijualnya atau "ngiklan" dan lain sebagainya yang jelas-jelas tidak relevan dengan isi postingan. Tentunya komentar-komentar seperti itu akan dimasukan ke kotak spam oleh admin blog. Akibatnya profil kita akan dicap spam oleh Google dan pada akhirnya akan berimbas pada blog kita sendiri. 

Nah untuk itu agar komentar kita tidak dimasukan spam oleh admin blog, maka tentunya kita harus berkomentar sesuai dengan isi artikelnya. Bisa berupa tanya jawab apabila ada yang kurang dimengerti atau apresiasi kita terhadap apa yang ditulis author-nya. Dengan begitu ini bisa saja menjadi backlink terhadap blog kita apabila admin blog atau pengunjung lain tertarik dengan komentar kita lalu menelusurinya melalui profil komentar kita.

Dan relevansi komentar dengan isi postingan akan memberikan nilai lebih untuk mendukung postingan di hasil pencarian. Bisa saja search engine mengambil keyword dari kata-kata yang terdapat pada komentar. Sebagai contoh, di bawah ini saya sajikan screenshot dari hasil pencarian untuk postingan Kompi Ajaib yang keywordnya diambil dari komentar.

Screenshot search result

Perhatikan pada kalimat yang saya kasih kotak merah, itu adalah kalimat yang diambil dari komentar yang mengandung keyword yang dicari pengunjung. Atau bisa dilihat di screenshot di bawah ini juga.

Screenshot Kompi Ajaib

Nah itulah alasannya mengapa setiap admin blog menginginkan komentar yang relevan dengan isi postingan. Sebagai sesama blogger tentunya hal inilah yang diinginkan, komentar-komentar yang relevan yang bisa membantu kekuatan postingan di mesin pencari dan juga mungkin bisa membantu pengunjung lainnya untuk lebih memahami isi postingan.

Semoga bisa dimengerti... salam blogger....

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments