Alasan Komentar Di Blog Harus Relevan Dengan Postingan

Alasan Komentar Di Blog Harus Relevan Dengan Postingan

Bola Hero Gawai

Alasan Komentar Di Blog Harus Relevan Dengan Postingan

Komentar Di Blog
Selain sebagai sarana untuk silaturahmi sesama blogger atau pengunjung blog dengan admin blog, komentar memberikan peran penting juga untuk kelangsungan blog itu sendiri. Komentar yang relevan dengan postingan atau bahkan komentar spam seperti menyimpan link bahkan iklan akan memberikan kontributor lain untuk keberhasilan postingan di halaman pencarian. Dampak positif dan negatif bisa didapat dari kolom komentar yang ada di blog.

Apalagi yang blognya dihosting di blogspot yang notabene kepunyaan Google, tentunya komentar harus memenuhi aturan yang diterapkan Google sebagai si empunya rumah. Apalagi baru-baru ini Google menyatakan secara tidak langsung bahwa OpenID bisa dikatakan sebagai spam, maka kita harus pintar-pintar mengoptimalkan komentar ini agar blog kita terhindari dari kemungkinan yang tidak diinginkan. Karena tentunya semua jenis yang disebut sebagai "spam" akan berakibat tidak baik.


Banyak sekali komentar-komentar di blog yang asal-asalan bahkan bisa dikategorikan sebagai spam seperti menyimpan link di komentar baik link hidup atau link mati, memasarkan produk yang dijualnya atau "ngiklan" dan lain sebagainya yang jelas-jelas tidak relevan dengan isi postingan. Tentunya komentar-komentar seperti itu akan dimasukan ke kotak spam oleh admin blog. Akibatnya profil kita akan dicap spam oleh Google dan pada akhirnya akan berimbas pada blog kita sendiri. 

Nah untuk itu agar komentar kita tidak dimasukan spam oleh admin blog, maka tentunya kita harus berkomentar sesuai dengan isi artikelnya. Bisa berupa tanya jawab apabila ada yang kurang dimengerti atau apresiasi kita terhadap apa yang ditulis author-nya. Dengan begitu ini bisa saja menjadi backlink terhadap blog kita apabila admin blog atau pengunjung lain tertarik dengan komentar kita lalu menelusurinya melalui profil komentar kita.

Dan relevansi komentar dengan isi postingan akan memberikan nilai lebih untuk mendukung postingan di hasil pencarian. Bisa saja search engine mengambil keyword dari kata-kata yang terdapat pada komentar. Sebagai contoh, di bawah ini saya sajikan screenshot dari hasil pencarian untuk postingan Kompi Ajaib yang keywordnya diambil dari komentar.

Screenshot search result

Perhatikan pada kalimat yang saya kasih kotak merah, itu adalah kalimat yang diambil dari komentar yang mengandung keyword yang dicari pengunjung. Atau bisa dilihat di screenshot di bawah ini juga.

Screenshot Kompi Ajaib

Nah itulah alasannya mengapa setiap admin blog menginginkan komentar yang relevan dengan isi postingan. Sebagai sesama blogger tentunya hal inilah yang diinginkan, komentar-komentar yang relevan yang bisa membantu kekuatan postingan di mesin pencari dan juga mungkin bisa membantu pengunjung lainnya untuk lebih memahami isi postingan.

Semoga bisa dimengerti... salam blogger....

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

73 Comments Add Comment

pertamax dlu gan :)

Balas

waaah ternyata komentar punya efek juga yaa :) jadi harus makin waspada nih sama komentator agar mereka memberikan komentar yang berbobot dan pastinya sesuai artikel

Balas

Ya betul sis, itulah kenapa hampir di setiap blog terdapat pesan author di atas kolom komentar yang menghimbau pengunjung untuk berkomentar sesuai postingan.

Balas

hemm makasih kang udh ngasih tau ;) oh iya boleh belajar ga sama agan? belajar seo gitu :D gratis klo boleh :D hohoo

sumpah saya ga ngerti sama sekali :(

Balas

kalau isi komentar bisa relevan kan jadi nya bisa menyumbang keyword di search engine ya mas :)
tapi setiap individu (komentator) mempunyai karakter yang berbeda-beda mas. jadi ya sulit juga hehe :D

Balas

Sama saya juga sedang belajar sis... :)
Belajarlah dari pengalaman, teruslah belajar membuat postingan blog dan teruslah membaca dari postingan-postingan blog lain, semuanya butuh proses. Sesuatu yang didapat secara instan maka hasilnya akan instan juga kan... nanti kita sendiri akan dapat menyimpulkan apa yang baik untuk blog kita.

Balas

yaa, saya jadi ingat kutipan Alm. ka keke - "Kita gak akan pernah sampai saatnya tiba" :) kita gak bisa menilai kita sukses sampai waktunya kita sukses itu tiba :) kurang lebih seperti itu

Balas

Ya betul mbak Ririn... mudah-mudahan dengan ini bagi mereka yang belum mengerti bisa lebih baik dalam berkomentar.

Balas

bener ka, saya sendiri jarang berkomentar sesuai dengan artikel :(

Balas

Ga apa-apa sis :) semua dalam proses belajar... Sama saya juga masih harus banyak belajar :D

Balas

memang sekarang ini google terus perbarui dengan gaya keyword yang dikatan relavan. saya sendiri tidak menyadarinya. hebat mas adhy, ternyata bisa seteliti gini :)

Balas

Wah komentar pakai open id di anggap spam ya gan!

Balas

Tidak hebat sista heheehehe :D hanya belajar dari apa yang dilihat dan dibaca aja :)

Balas

Dikatakan langsung sih tidak namun mengarah ke situ mas, masalahnya sistem komentar yang menggunakan anchor text selain name/url adalah openID yang mengandung url blog.

Balas

Seharusnya memang kaya gitu Mas .. tapi kadang juga admin blog sering memancing topik di luar postingan..karena yang kita tahu kolom komentar juga kadang secara tidak sengaja menjadi ajang gurauan ...(petramax dan premium misalnya)..he he he

Balas

Malam Kang Adhy. wah artikelnya sangat memberi pengetahuan baru
Buat saya Kang Adhy terima kasih atas tips nya saya akan berusaha
Dengan apa yang di tuliskan pada artikel ini makasih kang :-d

Balas

Heheehehe ada bagus dan tidaknya mas, bagusnya menjadikan komentar menjadi tidak kaku dan tidak bagusnya ya...itu dia jadi tidak relevan hehehe...

Balas

Sama-sama kang Saud, di sini kita belajar bersama ya kang heehehe... Dalam masalah berkomentar saya kalah sama kang Saud dan saya yang mesti belajar ke kang Saud...

Balas

Memang seharusnya komentar itu relevan dan sesuai dengan pokok bahasan.
Kalo berkomentar dengan menggunakan bahasa daerah termasuk relevan apa tidak Kang :)

Balas

tapi tetep aja ada komentar yang bandel minta di kunjungi blognya ya memang tujuan blogwalking itu memberi komentar pada setiap blog.tapi kalo komentarnya tak bermutu atau OOT mendingan tdak usah hhe maaf nih pengunjung baru mau nimbrung :))

Balas

Iya yah kang, komentar yang relevan itu bisa berguna juga untuk keyword :D

Balas

memang betul, sudah semestinya komentar dengan apa yang dikomentari itu sealur atau sejalan. kan gak lucu juga kalau ada salah satu pengunjung berkomentar "wah ternyata bebek itu berkaki dua...baru tau saya" sedangkan artikel yang sedang ia baca itu tentang "kenapa mata kucing bercahaya saat dalam keadaan gelap?" :D kira-kira seperti itu.

Balas

Terus gimana kang dengan komentar banyolan ???

Balas

kalau mengganti kotak komentar seperti disqus pengaruh ke seo ngga ya mas adhy ?

Balas

Hehehehe siapa tahu ada yang searching pakai bahasa daerah kang... :D

Balas

Iya mas seharusnya memang seperti itu, tapi itu dia watak setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu dengan ini diharapkan tergerak untuk berkomentar lebih baik agar blognya juga mendapatkan komentar yang baik pula.

Balas

Iya banyak juga yang tidak menyadarinya =D

Balas

Wkwkkwkw itu mah komentar salah tempat hahaha...tapi memang kadang-kadang ada juga yang seperti itu... =D

Balas

Sepanjang masih wajar dan tidak nyepam saya pikir tidak apa-apa kang =D

Balas

Silahkan mas Emil :D

Balas

Karena di blogspot sudah disediakan kolom komentar jadi kurang bagus kalau pakai kolom komentar disqus atau fb malah akan menambah beban loading blog, pakai komentar G+ malah akan lebih baik untuk meningkatkan pageview. Kolom komentar disqus lebih baik untuk web php.

Balas

setuju mas karena komentar yang katanya penting dan kalau orang yang profesional kan nggak harus nyantumin link baik hidup atau mati
saya juga kalau komennya nyimpang jawab juga ikut nyimpang

Balas

kalo kata orang betawi "maap-maap kate kalo komentar ente ane hapus" wkwkwkwk

mungkin saatnya saya berbersih komentar ya kang hahay :D

Balas

hahahaha lucu jga mbak namnia :D :D

Balas

apakah ini berlaku untuk blog yang nofollow kang, apakah komentar juga akan terindeks?

oia sekalian mau tanya. emang bener ya kang, kalau memasang iklan selain GA dapat mempengaruhi SERP bahkan bisa dihapus?

Balas

mungkin yang dimaksud kang adhy seperti komentar diatas ini yang tidak relevan =D

Balas

Ternyata komentar juga terindex di search engine dan membantu posisi peringkat dari artikel.mantap infonya sangat bermanfaat.

Balas

Hehehe iya seperti itu mbak Indah.... saya juga sama suka seperti itu :D

Balas

Sekiranya masuk kategori spam lebih baik di hapus atau kirim ke kotak spam :D

Balas

Secara default komentar blogger adalah nofollow dan akan terindek isi komentarnya oleh search engine. Justru komentar yang dirubah menjadi dofollow akan lebih beresiko dihapus Google.

Balas

Iya mas mas seperti itu adanya :D

Balas

Oh itu toh alasan nya
jadi kalo berkomentar itu harus relevan donk hehe

Balas

Setuju mending pake bahasa persatuan (Indonesia)

Balas

saya rasakan juga berat pakai disqus mas adhy,tetapi blog saya kalau pakai komen G+ ataupun Komentar lama,tampilan untuk kotak embed jadi yang komentar tidak tampil(tersembunyi)dan masih lagi cari tahu bagaimana memperbaikinya... atau masih adhy ada cara bagaimana memperbaiki kotak komentar yang tersebut?

Balas

terus, bagaimana kang cara mengetahui blog kita itu nofollow atau dofollow? soalnya blog saya takut dihapus google. @@,

Balas

Betul betul . karena komentar pun akan muncul di hasil pencarian google

Balas

wah langsung dihapus aja kang, lagian ntar juga dihapus ko wkwkwk

Balas

iya kang seperi itu lah coz komentar blog di penulusuran gag disembunyikan lagi mantaf bila ada yang berkomentar relevan buat keyword

Balas

Coba di sini mas http://www.kompiajaib.com/2012/05/cara-mengecek-blog-dofollow-atau.html

Balas

iay ada pengaruh nya pada serp

Balas

Tumen nih si akang lama update'y hehe .. sorry kang saya gak relevan hehe

Balas

oh ..
ternyata begitu ya ..
follow blog saya ya
http://infoejaman.blogspot.com/

Balas

Kalau saya selalu relevan tapi selalu banyak bertanya nih mas andhy hehe :)

Balas

satu tambahan kang, komentar yang relevan akan memudahkan pengunjung mencari solusi dari permasalahan yang ada, yang tidak dibahas di artikel.. kitu sanes?

Balas

Betul mas agar bisa mendukung postingan di serp :D

Balas

Yup betul seperti itu kang =D

Balas

Betul mas :D daripada komen malah dimasukin spam mending komennya yang relevan ;)

Balas

Biasa kang nuju rada sibuk di dunia nyata hehehehe :D

Balas

Ga apa-apa mas, justru itu dari pertanyaan-pertanyaan itu mungkin saja bisa berguna bagi yang lain yang memiliki masalah yang sama :D

Balas

Nah betul pisan kang, saya juga sering cari solusi dari komentar-komentar yang lain :D

Balas

terima kasih infonya, saya akan mencoba

Balas

apa setiap blog sudah di lengkapi dengan senjata ini sehingga komentar akan teridex google?

Balas

Silahkan mas :D

Balas

Setiap komentar blog pasti akan terindeks seiring dengan terindeks-nya postingan mas...

Balas

Min Apakah kOMENT Yang ada link mati nya harus dihapus?

dan untuk koment seperti melenceng pada posting misalnya "keren gan".mantap gan",nicepost
kayak gitu harus dihapus ya gan??minta sarannya

Balas

Baru tau ni, di blog saya bnyak sekali yg menysipkan link. Dan itu tidak sesuai dengan blog saya. Apa berpengaruh pada blog saya? Mohon penjelsanya mastah

Balas

Biasanya komen-komen tersebut hanya numpang lewat, kadang bahkan tanpa membaca artikelnya dan hanya menambah nilai bounce blog kita. Itu terserah admin blog mau di hapus atau tidaknya yang jelas kementar sepert itu tidak bagus dan tidak ada manfaatnya untuk yang lain.

Balas

Jika itu link hidup jelas sangat buruk untuk blog karena akan dianggap span oleh Google, lebih baik di hapus saja. Namun kadang komen yang masuk terlalu banyak sehingga tidak bisa kita monitor, untuk itu sebaiknya pakai script untuk menyembunyikan link hidup di komentar.

Balas

Maksih banyak pnjelasanya. Jadi tmbah ilmu ni

Balas

jadi komentar kpk masuk semacam spam gitu gitu ya kang...?!

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×