Setelah Removal URLs Kenapa Muncul Error 404?

Setelah Removal URLs Kenapa Muncul Error 404?

Bola Hero Gawai

Setelah Removal URLs Kenapa Muncul Error 404?

Removal URLs
Beberapa hari yang lalu saya beres-beres arsip blog dengan menghapus artikel-artikel yang saya anggap bisa membahayakan keberadaan blog diantaranya beberapa postingan software full version.

Tentu saja saya tidak serta merta menghapus begitu saja postingan-postingan tersebut, namun diikuti dengan permintaan Removal URLs di webmaster tool. Akhirnya pekerjaan permintaan Removal URLs di webmaster pun selesai.

Ternyata tidak terasa saya sudah menghapus lumayan banyak URL dari blog ini. Dengan jumlah ratusan postingan lumayan pegel juga menghapusnya. 

Namun yang perlu diingat bahwa ketika kita melakukan Removal URLs di webmaster tool, pekerjaan kita sudah beres sampai di situ. Sudah hampir dipastikan setelah Removal URLs maka beberapa hari berikutnya pasti akan muncul error 404 di webmaster tool. 

Pasti akan muncul pertanyaan "Kenapa muncul error 404, padahal saya sudah melakukan Removal URLs di webmaster tool?" 

Ternyata ada beberapa faktor yang kemudian menyebabkan error 404 pada url yang telah kita hapus dengan Removal URLs. Di antaranya url tersebut masih berhubungan dengan url lainnya baik di halaman blog kita sendiri maupun blog orang lain (biasanya url yang dijadikan sebagai sumber bacaan), atau mungkin masih terindex di sitemaps blog kita.

Tentunya ini akan menjadi pekerjaan tambahan yang harus dilakukan jika kita ingin benar-benar menghapus url-url tersebut bersih dari search reasult. 

Pertama kita harus memperbaiki sitemap blog kita di webmaster tool dengan melakukan resubmit atau submit ulang sitemap blog kita, sehingga sitemap yang terindex benar-benar url yang ada di blog kita.

Kedua kita harus melakukan Removal URLs ulang untuk url-url yang muncul di Crawl Error (error 404) agar url-url tersebut tidak muncul lagi di search reasult. Namun kadang-kadang ada beberapa url yang bandel yang kemudian muncul lagi berulang-ulang sekalipun kita lakukan removal urls. Jika kita benar-benar yakin bahwa url tersebut adalah url yang telah kita hapus, jalan terakhir yang dilakukan akhirnya url tersebut dicekal saja dengan robots.txt.

Setidaknya itu yang saya lakukan setelah menghapus beberapa postingan blog yang diikuti dengan permintaan Removal URLs di webmaster tool. 

Pada intinya di sini saya anjurkan untuk selalu memonitor webmaster tool ketika kita menghapus postingan blog. Walaupun kita telah melakukan Removal URLs, tapi bisa dipastikan akan muncul error 404 yang memerlukan pekerjaan lanjutan untuk Removal URLs kembali untuk url yang menyebabkan error 404 tersebut. 

Itulah resiko menghapus postingan blog yang saya alami. Jika ada trik jitu untuk mengatasinya, saya berharap Anda mau berbagi dengan saya yang tentunya bisa berguna juga bagi pembaca lainnya.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

62 Comments Add Comment

kejadiannya persis seperti yang sering saya alami, bongkar muatan konten wkwkwk :D

Balas

Salam Kang Adhy, selamat siang nyimak yeuh Kang, berarti di blog saya juga
Harus ada yang di hapus yah Kang soale, ada juga artikel saya yang membagikan
Software full version, terima kasih atas info bermanfaat nya nih Kang Adhy :)

Balas

Iya kang...ini juga masih belum memenuhi aturan GA hehehehe... entah apa lagi yang harus di hapus hhehehe :D

Balas

Itu sih terserah kang Saud sih, tapi memang bagi2 software full version tidak sesuai dengan TOS Google dan bisa aja Google mengusir kita :D

Balas

Kunjungan siang mas Adhy :)
untuk artikel kali sepertinya pernah saya alami, kalo gak slh saya pernah menghapus url blog 2 kali untuk 1 postingan.. yang pertama menghapus web cache yang kedua menghapus direktorinya, error itu pun masih muncul setelah beberapa hari submit removal... mungkin url itu belum sepenuhnya hilang sebelum 90 hari penghapusan.

maaf mas tulisannya agak gak nyambung, soalnya saya kurang hafal tentang webmaster :)

Balas

Iya memang seperti itu sis ketika kita remove url di webmaster tool, tidak bisa satu kali kerja :D

Balas

Silahkan mas... siapa tahu ada yang bermanfaat :D

Balas

waduh kang blogger memang pusing hehehehe 404 itu slalu muncul padahal di robots txt dah dipasang,tertaut dari file xml nya soalnya saya pake itu diwebmaster setelah kemaren ganti domain saya pake feed default alhmd beres kang :d

Balas

Saya pernah mengalami hal ini mas ... Hal ini saya alami sekitar 1 tahun lalu, waktu itu jumlah artikel saya ada sekitar 900+ dan sebagian besar hasil COPAS, karena saking kepenginnya daftar Adsense dan IBN, jadi saya hapus semua artikel tersebut, dan menggantinya dengan tulisan saya sendiri, ya ada copas nya juga, tapi sedikit. :) *Maklum lah, ABG* dan sejak saat itu, 404 muncul di WMT saya mas, bahkan sampai sekarang juga masih suka ada yang muncul. Dan rata-rata artikelnya tahun 2012. Mungkin itu efek ya mas, karena saya waktu menghapus URL tidak melakukan permintaan Removal URLs. Tapi dari semua itu saya bisa mengambil hikmah dan pelajarannya. Dengan hasil tulisan sendiri, alhamdulillah bisa diterima jadi Publisher IBN. :D Adsense nya yang gagal :P. Tapi saya akui juga, sekarang pun juga saya kadang-kadang masih suka copas sana copas sini, tapi hanya beberapa baris kata saja yang menurut saya sesuai dengan tema artikel saya. Kalaupun saya Full copas, pasti mencantumkan link sumbernya, meskipun hanya sekedar link mati. :).

Kalau menurut pandangan mas Adhy, tindakan saya bagaimana? Kalau misalnya tindakan saya kurang benar, mohon kritikannya mas. Agar saya bisa menjadi lebih baik. :).

Balas

Syukur deh kalau sudah beres :D memang kita harus selalu rajin periksa wmt :D

Balas

Saya juga ada 200+ kode tanggapan 404, akibat sering menghapus post. Sampai sekarang belum diurusin, karena males :D

Balas

kalau gak bisa juga dihapus hubungi saja langsung pihak googlenya mas ..kan ada fasilitanya di webmaster toolnya .saran saya sih begitu biar bener2 bersih..

Balas

Kita semua dalam proses pembelajaran mas, kesalahan hari ini jadikan sebagai pembelajaran untuk lebih baik di masa depan.

Jika kita mengambil kalimat atau alenia yang sama persis mungkin ini akan jadi masalah, sebaiknya kita ambil inti permasalahannya kemudian kita jabarkan dengan bahasa sendiri, dan akan lebih baik cantumkan sumber bacaannya. Kita semua tidak ada yang sempurna, jadi mari kita terus belajar untuk lebih baik lagi ...

Balas

Sip mas nanti jika terus muncul lagi akan saya coba tips nya :D

Balas

Nah yang gitu itu mau tidak mau harus diurusin kang hehehe :D

Balas

Terimakasih masukannya mas .. :)

Balas

waduh mas, saya tiap hari selalu muncul tuh 404 di webmaster, apa itu berpengaruh dengan traffic mas ? kalo 404 nya banyak trafficnya bakal anjlok gak? karena posting saya yg dulu deskripsinya cuma dikit2 jadi pengen sy hapus, tapi ada skitar 500 post yg sperti itu, haha, jadi mls mw hapusnya, nanti bisa kena sandbox gak ya kalo delete langsung banyak. thanks :)

Balas

Iya mas kadang agak ribet jg WMT itu, gak kebayang blog punya mas Adhy sampai ratusan gt removal request nya.... pasti pegel-pegel tangannya :D
kuncinya hanya kesabaran dan ketelitian aja mungkin ya mas :)

Balas

Iya sampe kriting nih jarinya :D

Balas

Jika tidak diatasi mungkin akan kurang bagus untuk kesehatan blog, jadi mau tidak mau harus di removal url di webmaster tool sampai tidak ada lagi error 404, jika hanya 1 atau 2 buah sih tidak terlalu pengaruh, tapi jika banyak harus cepat diatasi.

Balas

bisa botak kang kalau harus nurutin google webmaster, akan tetapi ada kepuasan tersewndiri juga kalau sempat dapat menyempurnakannya hehehe, makasih atas tambahan ilmu nya kang, sangat bermanfaat

Balas

Nyimak aja gan soalnya saya gx pernah hapus artikel dari webmaster :)

Balas

Nyimak aja gan soalnya saya gx pernah hapus artikel dari webmaster :)

Balas

dulu juga gitu saya mas, waktu beres2 jari saya sampai kriting dibuatnya. hehehe... hebat juga hanya beberapa hari sudah beres, saya aja membutuhkan waktu 2 minggu mas adhy :)

Balas

Iya memang butuh kesabaran dan ketelatenan untuk ngurus blog hehehe :D
Sama-sama mas Arie :)

Balas

Iya kang jika artikelnya tidak bermasalah jangan dihapus, biar ga nambah kerjaan :D

Balas

Masih banyak kerjaannya sis, lagi menghapus link-link yang di share di fb, twitter, sama G+...haduueeuehh, jika tidak bisa mncul terus 404-nya :D

Balas

Saya sedikit keluar dari topik kang .. yang jadi salut saya adalah konsistensi'y kang adhy dalam ngblog .. dengan memperhatikan hal yang keterkaitan pada satu aktivitas .. beda hal'y dgn saya kang .. untuk validasi CSS3 males , full responsive males , HTML5 males lagi , padahal saya punya waktu ngblog 8 - 10 jam sehari . Ngopi baru segut

Balas

Saya juga pernah meremove url dalam jumlah masal (300 artikel) di webmaster tools, dan beberapa minggu kemudian muncul pesan kritis (critical issue) di webmaster tools. Namun saya abaikan saja dan saya klik "tandai sebagai telah diperbaiki" di kesalahan perayapan (crawl error). Akhirnya berikutnya tdk muncul lagi pesan eror 404 maupun critical issue.
Bermanfaat sekali sharingnya mas ^^

Balas

Tambah stress sob, saya kemarin cek webmaster kaget setengah mati karena hampir semua 90 persen blog saya kena duplikat description akhirnya harus menghapus url yang kena duplikasi, gak tau nih udah beres atau belum, baca ini lagi tambah stress, hadewww....

Balas

selamat malam Sob...saya juga kadang Stress kalau melihat webmastertools saya. Beberapa hari ini saya juga banyak menghapus postingan dalam blog saya jadi harus pulang balik ke webmastertools untuk removal URL...

Balas

Wah sepertinya kang Adhy sedang menikmati hari-hari yang super sibuk nih....
Slow but sure saja kang.. Cmunguudd... :)

Balas

Keep update , and pasihan terang nu sanes :D .. nice post kang adii ...

Balas

hehe kunjungan subuh-subuh kang, nyimak aja kang, siapa tahu bermanfaat buat saya kedepannya :D

Balas

Saya juga bagi-bagi game ni mas :(
kalau ingin memenu TOS google bacanya dimana yah?

Balas

Bisa dibaca di sini http://www.google.com/intl/en/policies/terms/

Balas

Mencoba belajar konsisten pada apa yang kita kerjakan kang, sebenarnya ngeblog sekarang ini hanya sekear hoi untuk mengisi waktu luang kerja, tapi lumayan menarik untuk dilakukan :D

Balas

Iya mbak, pengalaman-pengalaman begitu yang mungkin bisa berguna bagi orang lain :D siapa tahu ada orang lain yang mengalami hal serupa dengan kita :) makasih sharing pengalmannya mbak :)

Balas

Memang betul mas jika terlalu dipikirin membuat stress juga, untuk itu hadapi dengan sabar dan telaten :D

Balas

Iya memang begitulah resiko menghapus postingan yang sudah diindex :D jadi double kerjanya hehehe :D

Balas

Hehehehe iya mas Adjie :D makasih cmunguuud nya :D

Balas

Muhun kang manawi we aya nu sanasib sareng abdi hehehe :D

Balas

Iya mas silahkan :D

Balas

saya pernah mencoba melakukan hal itu, tapi akhirnya cukup saya hapus dari blog saja, dan alhamdulillah ternyata tidak terlalu berpengaruh pada blog

Balas

Kalau boleh tau error 404 apakah ada pengaruh atau dampaknya baik untuk SERP atau jumlah visitor mas?

Balas

sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya.. terimakasih (hehhe.. klise tah komen kitu teh nya) bingung komen naon atuh da.. nais inpoh we lah :-d

Balas

Erorr 404 itu sering muncul di webmaster tools. Nggak tahu kenapa kok sulit banget di hilangkannya.

Saya izin follow blog nya ya mas. Untuk mengetahui update terbaru dari Blog Kompi Ajaib :)
Kalau nggak keberatan, follow back ya :D (saya sebenere malu kalau komentar ada embel-embel follow back seperti ini, tapi kalau nggak ada embe-embel ini, admin nya sering nggak tahu sih :D) Peace mas :D

Balas

Memang tidak bisa dirasakan, namun yang jelas pasti ada error 404 yang harus dibereskan agar tidak mengganggu kesehatan blog :D

Balas

Tentunya akan berdampak kurang baik untuk blog sehingga dapat melemahkan kekuatan blog di SERP yang otomatis jumlah kunjungan dari hasil pencarian akan semakin berkurang :D

Balas

Hehehehe sama-sama semoga bermanfaat :D

Balas

Siap mbak langsung ke tkp :D

Balas

saya dahulu pun pernah memilki pengalaman serupa dimana saya mengelola blog dengan tema download dan berniat untuk menghapusnya. Setelah dihapus ternyata muncul begitu banyak brokern link yang harus saya hapus melalui webmaster tool dan tentu saja penghapusannya harus dilakukan satu-persatu dan memakan waktu yang tidak sedikit. Namun, masih ada yang mengganjal dalam benak saya mengenai broken link, kira-kira bagaimana cara menghapus url tulisan yang sudah kita submit ke direktori blog semacam lintas berita dan infogue karena artikel kita tetap berada disana walaupun sudah menghapusnya dari webmaster tool. Mohon jawabannya. :)

Balas

Jika tidak terdapat fitur delete post pada direktori blog tersebut, jalan terakhirnya gunakan pencekalan url dengan robots.txt mas

Balas

Meski sudah ditandai perbaiki di webmaster, tetep aja membandel :D

Balas

Membaca Artikel "Setelah Removal URLs Kenapa Muncul Error 404? Mas Adhy ini mau gak mau tengok Web Master tool deh. beres-beres. Setelah URL-Removal, re-Submit Sitemap ya mas Adhy.
Terima kasih sudah membagi pencerahan pada Cara Baru Berbagi Online.

Oh ya mas, blog2 saya kenapa ya gak bisa Edit Widget pada Lay-Out ya??. Dosa apa ya mas , saya?. Hatur nuhun.

Balas

Iya mas, ada beberapa blog dammy saya juga ga bisa edit, loadingnya error terus. mungkin ada masalah di bloggernya.

Balas

saya juga ngalamin yang beginian mas, untuk solusi nya sama kaya mba INDRI LIDIAWATI :D

Balas

Terima kasih Kang Adhy atas info yang bermanfaat ini
akan saya perhatikan untuk blog saya lebih baik kedepanya :)

Balas

Saya juga Ikutan akh...eeeeh tapi blog saya sudah lama di follow Kang Adhy
Dan saya pun sudah lama Memfollow blog keren kompiajaib ini
Wah maaf Kang rada OOT heehehe :)

Balas

Blog baru saya "Clara Marlo" , baru 2kali melakukan beres-beres di Webmaster Tool. Sepertinya saya harus sering ke WMT nih. Pelajaran dari artikel-artikel "Kompi Ajaib" akan selalu saya jadikan pedoman untuk validasi HTML5 dan Tool webmaster blog-blog saya.
Terimakasih sudah mau berbagi pengalaman Mas Adhy, untuk saya. Penggemar "Kompi Ajaib".
Salam blogger, semoga tambah sukses dan sukses lagi Kompi Ajaib.

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×