Matt Cutts Kembali Berbicara Tentang Komentar Pada Blog

Komentar Pada Blog
Sebenarnya ini sudah pernah saya bahas tentang pemilihan setting komentar di blog agar blog kita terhindar dari penyakit (spam heeheheeh....). Di situ saya lebih menekankan untuk menggunakan setting User with Google Account.

Dengan menggunakan setting User with Google Account maka orang yang hendak berkomentar tentunya harus memiliki akun Google dan yang akan tampil pada komentar adalah nama dari profil akun Google tersebut.

Tentunya ini memiliki alasan kenapa saya menekankan untuk menggunakan setting dengan akun Google ini, silahkan baca lagi postingannya pada link di bawah ini.


Dengan menggunakan akun Google pun kadang ini masih bisa menjadi dead link jika profil Google tersebut menggunakan akun Blogger (akun Blogger-nya tidak dihubungkan dengan profil G+) dan blognya telah dihapus oleh Google. Namun tentunya ini tidak akan berjumlah se-banyak seperti komentar yang menggunakan Anonymouse atau Open ID. 

Nah baru-baru ini Matt Cutts sebagai kepala tim webspam Google telah membuat sebuah video yang berbicara tentang komentar blog. Matt Cutts mengatakan jika Anda berkomentar pada sebuah blog hendaklah menggunakan nama Anda (Profil Google), jangan menggunakan nama dengan link atau url (anchor text) semisalnya url blog Anda bila tidak ingin dianggap SPAM. Dan ini tentunya akan berdampak buruk juga terhadap blog yang Anda komentari.

Jika terdapat sebuah blog dengan banyak outbound link yang datang dari komentar, ini akan berakibat buruk pada kesehatan blog. Dan lebih parahnya lagi blog akan disingkirkan dari SERP bahkan dibanned.

Nah salah satu cara untuk menghindari pemakaian anchor text dengan url ini yaitu dengan menggunakan setting komentar User with Google Account atau Anda bisa mengaktifkan fitur komentar Google+ pada blog Anda. 

Namun pertanyaan lain akan muncul, bagaiman jika linknya disimpan pada komentar bukan pada nama komentator? Semua Blogger tentunya telah sependapat bahwa komentar yang menggunakan link hidup pada komentar adalah komentar spam yang wajib dihapus. Kita bisa menghapus manual komentar spam ini melalui dashbord blog, namun jika ini terlalu banyak dan kita terlalu sibuk untuk menghapus satu per satu komentar spam ini kita bisa menggunakan script yang secara otomatis akan menghilangkan link hidup pada komentar. Script ini banyak bertebaran di Google, silahkan Anda cari yang sesuai dengan blog Anda.

Di bawah ini adalah video dari Matt Cutts yang menjelaskan tentang komentar spam. Silahkan Anda simak baik-baik...


Nah bagaimana dengan Anda? Apakah blog Anda masih mengaktifkan fitur Anonymouse atau OpenID? Atau sudah menggunakan setting User with Google Akun? Atau mungkin Anda sudah menggunakan komentar Google Plus?

Itu tentunya terserah masing-masing dari Anda sebagai pengelola blog dan tentunya memiliki argumen masing-masing untuk setting komentar blog Anda.

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments