Kenapa Dianjurkan Menggunakan Template Blog Responsive?

Kenapa Dianjurkan Menggunakan Template Blog Responsive?

Bola Hero Gawai

Kenapa Dianjurkan Menggunakan Template Blog Responsive?

Template Blog Responsive
Ketika pertama diperkenalkan template blog yang responsive, banyak juga yang mengatakan bahwa template jenis ini akan kurang baik untuk perkembangan blog. 

Karena untuk membuat template menjadi responsive diperlukan tambahan kode untuk mengatur tampilan blog agar sesuai dengan berbagai ukuran device seperti laptop, ipad, ataupun handphone dengan alasan akan menambah beban loading blog.

Namun setelah saya coba membuat responsive pada blog ini, ternyata loading blog normal-normal saja. Dan ternyata kemudian page view blog bertambah yang datangnya dari pengunjung yang menggunakan ipad dan handphone. Tentu saja ini adalah kabar yang cukup menggembirakan.

Dan ada satu hal yang saya sadari bahwa dengan menggunakan template blog yang responsive secara tidak langsung akan menekan atau mengurangi duplikat deskripsi pada blog. Dan sudah kita ketahui bahwa duplikat deskripsi sangat tidak disenangi oleh search engine khususnya Google seperti yang sudah saya sharing sebelumnya.
Kenapa saya katakan bahwa blog yang menggunakan template responsive dapat menekan munculnya duplikat deskripsi blog. Coba kita lihat, jika seorang pengunjung yang menggunakan handphone mengakses blog yang bukan responsive, maka otomatis mereka akan mengakses blog dengan versi mobile dengan mengakses URL dengan akhiran ?m=1 kemudian ditambah lagi dengan mengakses versi desktopnya dengan URL ?m=0.

Kita ketahui bahwa URL dengan akhiran ?m=1 dan ?m=0 ini bermasalah dengan menimbulkan duplikat title dan dekripsi pada blog.

Namun jika pengguna handphone ini mengakses blog dengan template yang responsive, maka mereka tidak perlu mengakses blog dengan versi mobile karena secara otomatis tampilan blog akan menyesuaikan dengan device yang mereka gunakan. Dengan begitu blog akan terhindar dari pengaksesan versi mobile yang dapat menyebabkan duplikat deskripsi.

Ini hanya pandangan saya saja tentang manfaat menggunakan template blog yang responsive yang sudah saya rasakan. Jika Anda mempunyai pendapat lain tentang manfaat template responsive ini, silahkan utarakan pada kolom komentar, dengan begitu argumen Anda bisa bermanfaat untuk pengunjung lainya.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

91 Comments Add Comment

PERTAMAXXX !! :D betul banget, setuju karena pengunjung tidak usah mengakses dengan akhiran ?m=1 :D

Balas

Gaagal nih dapet pertamaxxx

Balas

saya malah baru tau hal ini mas adhy, karena selama ini saya gak pernah pakai hp untuk akses internet. mungkin karena saya jarang pakai hp kali hehehe.. :)

yang menjadi sebuah kendala dengan menggunakan template responsite adalah pada editan, sedikit kesalahan saja dah berantakan.

Balas

Iya mas Ahmad sehingga bisa mengurangi pengaksesan url ?m=1 :D

Balas

Masih ada minyak, mau kang? hhhhehe :D

Balas

Betul sis perlu kerja tambahan untuk mengedit template responsive. :D

Balas

Keberapa ya hehe .. hebat si akang ieu update terussssss
tapi lieur kang ngurus responsive na

Balas

Maksakeun kang biar eksis hehehhehe...
Muuhun kang emang lieur ngurus responsive teh, jadi dua kali ngedit. Tah nyesuaikeunnaa hadeueuhhh :D

Balas

Pertamaxxnya saya :D hehehe

Balas

kodi responsif bikin botak mas...!, saya sudah coba dan saya cek di situs cek responsif hasilnya bagus, tapi kalau saya coba langsung di tablet atau smatphone hasilnya sangat mengecewakan, dan beberapa pengunjung blog saya banyak yang melaporkan tampilannya kacau kalau lewat mobile

Balas

dulu sempet iri sama WP karena enak diakses di HP nokia jadul, ternyata seudah responsive, blog jadi lebih nyaman di akses sama aja sama WP..pengalaman abdi kang :)

Balas

Yah memang begitu responsive, bila tidak cermat jadi berantakan, ga tahu juga blog ini kalau langsung diakses via ipad, saya cuma cek pakai BB :)

Balas

Muhun kang jadi lebih nyaman diakses pakai hp :D. Tapi eta tea, ngeditna lieurrrr :D

Balas

Untung saya sudah bikin template yang responsive...

Balas

kadang aneh, tool responsiv beda2, nu ieu pas.. itu ngaco keneh :D

Balas

Hahahaaha tah eta pisan nu matak ngalieurkeun teh :D

Balas

Iya mas hehhhehe :D sampai-sampai Johny Wusss dibikinin responsive juga hehehe :-bd

Balas

disimak dulu nih mas

Balas

kang ady saya udah pasang autobekling kompiajaib, tapi pas di klik baner kompiajaib ko blog saya gak muncul dihalaman static page auto bekling kompiajaib yaa..
silahkan dicek
http://yukitalomba.blogspot.com

Balas

Silahkan mbak Wita :D

Balas

Saya lihat udah ada tuh :D coba cek lagi :D

Balas
This comment has been removed by the author.

kalo manfaatnya sekarang kan sdh tau..... nah kalo cara bikin template responsif dari awal gmn mas? maksud saya kerangka template untuk pembuatan template responsif, pengen coba-coba bikin :D

Balas

Iya Mas, gimana yaa caranya ?

Balas

Saya malah rakus mas,, bikin responsive iya, bikin versi mobile iya jga,, ya ngasih pilihan lah buat pembaca blog saya... kalau mereka mau hemat paket dgn tampilan simple ya saya beri kemudahan dngn versi mobile,, ya smua saya serahkan kmbali kemereka2 aja deh hehehe :)

Balas

met malem kang,bener penadapat kang adhy ini pake template responsive akn mempermudah pengunjung akses via mobile bahkan opmin seprti ane.tp klo maslh duplicate pada ?m=0 dan ?m=1 ini menurut ane mash ada harus pake meta tag lagi untk menghindari duplictae coba akses via opera mini masih ada ?m=1.

Balas

Bener Kang Adhy yang saya rasakan sama seperti Kang Adhy tulis diatas
Dengan template yang Responsive keuntungan lebih banyak daripad template
Yang belum Responsive, dan itupun hanya argument saya entah kata sobat
Yang lain mah mungkin pendapatnya pasti beda terima kasih atas infonya :)

Balas

Minyak tanah gak apa-apa buat saya biar template
Responsuve Blog saya lebih Santer Kang Adhy :)

Balas

Pada intinya merubah satuan lebar dengan %, biasanya saya download salah satu template responsive untuk dipelajari susunan blognya :D

Balas

Iya akhirnya dikembalikan lagi pada pengelola blog untuk membuat kemudahan pada pembacanya :D

Balas

Iya tidak bisa dihindari kadang masih muncul juga ?m=1 makanya saya nonaktifkan juga versi mobile dari dashboard dan dicekal juga dengan robots.txt

Balas

Iya kang dengan responsive bisa bertambah variatif untuk tampilan mobilenya. :D

Balas

tapi template saya masih kurang lagi. menurut penilaian mas adhy apakah warna dan desainnya sudah pas?? kalau menurut mas adhy sudah pas, yang skrg mau saya lakukan adalah VALID html5... hehehe... mohon mas adhy beri sedikit masukan ya :)

Balas

kang ismet sama mas adhy kalau ngoment pakai bahasa indo dong.. mana tau ada masukan yang harus saya belajar lagi hehehe... :)

Balas

hahaha .. hadeuh leony lieurrr ngabandungan nu 2 eta nya ,,,

Balas

Templatenya udah keren sis :-bd

Balas

waduh.. sya udh terlanjur ngsih kabar kalo blog sya responsive menggunakan sistem ?m=0 kang, tpi akan sya coba perbaiki.. makasih kang..

Balas

Boleh Kang asal jangan minyak yang itu ajah.. Kapok :)

Balas

Bisa jadi ini yang menyebabkan lahirnya duplikat deskripsi di blog saya jadi banyak banget, berarti harus ganti template responsive nih kalau gitu, apa bisa diatasi dengan men disable tampilan untuk mobile sob...???

Balas

gk berani kang klo pake robot.txt pernah pake malah sebagian post ilang,ane pake meta tag dari templatenya mas sugeng fastest magz

Balas

Alhamdullilah Template saya responsive :D

Balas

waduh.. mas, blog anda kok share tutorial yang anda kopas semua dari tempat kang ismet dan tidak cantumkan sumber? kita membagikan sesuatu itu tentu boleh mas, namun ada baiknya kita berikan sumber inspirasi buatannya. dari sinilah kita harus belajar bagaimana hargai konten tersebut. dan dari sini pula kita belajar jadi bijak. semoga masukan saya ini bermanfaat buat anda mas :)

Balas

Memang benar kang dengan template responsive bisa meningkatkan pv begitu juga yang saya rasakan, namun setelah saya amati banyak sahabat-sahabat kita yang sudah menggunakan template responsive tapi masih menampilkan tampilan mobile bawaan blogger.
Alhasil ketika kita mau memberi komentar kita harus ke versi web..

Balas

Bisa juga, atau bisa juga pakai robots.txt untuk mencekal url ?m=1 atau ?m=0

Balas

em gt.... tinggal mneyesuaikan % pd device tertentu :)
okedeh, ntar saya pelajari sedikit-sedikit.. trims mas

Balas

Iya banyak juga yang tidak menonaktifkan versi mobilenya :D

Balas

hehe..untung w abdi mah ngartos

Balas

waduh sayamah nyimak waelah soalna rada lieur yeuh hehe soal teplate,,,duka Jang "Ruly Nakula " tuh ahli pisan jigana,,,,hehe

Balas

mas adhy, minta solusinya mas, kok beranda blogger saya tidak dapat masuk mas?? apakah ada gangguan atau apa ya?

http://2.bp.blogspot.com/-yb3fkM3Z7lA/Upg7qnA21-I/AAAAAAAACNw/J7ZUlmhx2No/s1600/screenshot.png

Balas

Saya pakai kode ini kang :

User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow:/view/*

User-agent:*
Allow: /
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow:/view/*

Sitemap: http://www.namablog.com/feeds/posts/default?orderby=updated


Apa udah benar atau ada yang lain kang...?

Balas

harus belajar bikin template responsif nie kayaknya,,

Balas

Saya engga gangguan, mungkin cache-nya sis, coba hapus dulu :D

Balas

wah ada yang ketauan nih, sikat mbak Leony :D

Balas

Iya seperti itu untuk robots.txt

Balas

Iya kang Ruly mah ahlinya tuh apalagi blognya blogazine :-bd

Balas

Iya ga ada ruginyaa banyak belajar :D

Balas

Fiuhhhh, lega nih udah dapat respon, ke khawatiran jadi sedikit ilang kang, matur suwun ya kang :)

Balas

Utk mengatasi duplikat pada versi mobile bsa jga menggunakan tag kondisional sob :)

Balas

hmmm, seperti apa sih template yg responsive sob? mf blm mudeng nih?

Balas

Saya Hanya Bisa Share Dan Memakai Responsive Buatan Orang :D BTW Tampilan Template Mas Adhy Okey Banget Nich

Balas

tapi masih ada ponsel yang tidak mendukung responsive mas .. ya tampilannya jadi acak2kan ..

Balas

wah ternyata template responsive mempunyai banyak manfaat ya mas, terutama dalam hal meningkatkan trafik blog. Saya malah bingung mau ganti template responsive atau nggak, soalnya kalau ganti template, nanti pusing lagi hehe :D

Balas

Yang kodenya @media screen ya mas adi? saya masih ribet untuk menerapkannya :D

Balas

Yang mendukung tampilan handphone gitu mas :D

Balas

Ya lumayan lah mas hehehee :D

Balas

Iya mbak lumayan pusing jika modif template yang udah ada jadi responsive :D

Balas

Iya yang itu, lumayan ribet harus bolak-balik ke responsive tester tool :D

Balas

Boro-boro ah malah ancur nu aya .. Gak blogazine kang .. cuma postingan aja mencoba dengan konsep blogazine !!
belum siap lieur tiap kali mau bikin artikel hehe ya itung-itung daripada jenuh kang itu-itu mulu !!

Balas

fans berat Kang Ismet kali :D

Balas

terserang virus mas hehehe :)

Balas

saya hanya sekedar menyadarkan dia saja mas, kasihan kan kalau hanya berkereaksi dan buang2 waktu dengan sia-sia tanpa penghasilan. ^_^

Balas

Cuma Bisa ....kagum.... ngapain bikin blog tutorial..kalau semuanya hasil N-J-C-P

Balas

ternyata ?m=1 dan ?m=0 itu mempengaruhi duplikat title blog kita ya,,,,,, kalo begini harus cepat dibenahi nich dengan template responsive ;-)

Balas

iya mas, itu penyumbang duplikat title dan deskripsi di blog, harus diatasi karena kalau tidak lumayan berbahaya buat blog. =D

Balas

Betul Kang :) teknologi kan udah maju...jadi template blogger juga harus ikutin arus .... salam RESPONSIVE..

Balas

Betul mas seperti itu :-d

Balas

sudah responsive yang punya saya mas :D

Balas

Mas ada tutorial edit template jadi responsive??? atau harus ganti template??

Balas

Karena struktur template blog berbeda-beda, maka agak susah juga bikin tutorialnya. Kalau mau mempelajarinya coba cari template responsive kemudian pelajari strukturnya. Tapi dari yang saya alami, merubah template jadi responsive sama saja efeknya dengan mengganti template.

Balas

efek yang dimaksud dari sisi mananya mas? saia nemu tutorial disini http://aikonmedia.blogspot.com/2013/09/cara-membuat-template-menjadi-responsive.html tapi masih ragu mencoba, karena bingung sebenernya... hehehe

Balas

oa soal m=1 & m=0 saia belum nggeh maksudnya.. harap maklum baru belajar... ada link artikel pejelasannya mas?

Balas

Maksudnya dengan merubah template menjadi responsive sama saja dengan mengganti template. Efek di sini adalah pengaruh terhadap alexa rank dan google pagerank, seperti kita ketahui bahwa ganti-ganti template akan berpengaruh kepada kedua hal tadi.

Balas

m=0 dan m=1 adalah link yang diakses menggunakan perangkat mobile dan ini bisa menyebabkan duplikat deskripsi.

Balas

kang apakah blog template blog sy dh responsif,
-Dek Blogger-

Balas
Add Comment

Komentar dengan link promo akan masuk spam.

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×