Hal Yang Terlupakan Setelah Menghapus Postingan Blog

Social Media Sharing
Hari ini saya masih membicarakan seputar menghapus postingan pada blog. Beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya sudah saya share sebelumnya yang bisa Anda baca pada link di bawah ini.


Namun ternyata ada hal lain yang kadang-kadang kita lupakan setelah menghapus postingan di blog khususnya saya pribadi hehehe....

Pada postingan yang lalu saya mengatakan bahwa setelah menghapus postingan dan kemudian pengajukan removal urls di webmaster tool bisa dipastingan akan muncul error 404 dari link yang dihapus tersebut. Penyebab munculnya error 404 ini diantaranya masih adanya link postingan yang kita hapus yang masih terkait dengan web-web lainnya.

Ini bisa jadi dari link yang dijadikan sumber referensi di blog lain. Dan kemudian saya baru sadar, apakah ini disebabkan juga dari share artikel di beberapa sosial media seperti Facebook, Twitter, ataupun Google+ dan lainnya?

Secara logika, ketika kita sharing sebuah artikel di sosial media maka kita menaruh link yang menuju artikel tersebut. Nah secara otomatis ketika postingannya dihapus, maka link tersebut akan menjadi error 404. Setidaknya itu pemikiran saya, yang kemudian mau tidak mau postingan yang kita share di FB, Twitter, atau Google+ tersebut harus di hapus juga untuk menekan munculnya kembali error 404 setelah potingan dihapus. Dan ini sempat terlupakan juga oleh saya dan baru tersadar setelah error 404 di webmaster ini muncul terus meskipun sudah di removal urls.

Kenapa ini mesti dilakukan juga? Karena jika pada suatu blog terdapat banyak error 404, maka akan berdampak kurang baik pada blog tersebut di SERP. Memang secara langsung tidak akan terasa efeknya, namun kenyataannya kekuatan blog di SERP akan melemah dan semakin jauh dari halaman pertama hasil pencarian.

Semoga apa yang saya lakukan ini benar dan bisa menekan munculnya kembali error 404 setelah saya menghapus lumayan banyak artikel di blog ini. 

You Might Also Like:

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser
Disqus Comments